Membuat kolam ikan budidaya

kolam ikan beton

Membuat kolam ikan budidaya (aquariumhias) -Konstruksi kolam yang dapat dipakai untuk budidaya ikan amat di pengaruhi oleh penentuan lokasi yang pas. untuk bikin kolam maka tanah yang dapat jadikan kolam mesti dapat menaruh air atau kedap air hingga kolam yang dapat di bikin tidak bocor. bentuk kolam yang dapat dipakai untuk membudidayakan ikan ada sebagian jenis diantaranya yaitu kolam berupa segi empat/empat persegipanjang, berupa bujur sangkar, berupa lingkaran atau berupa segitiga. dari beragam bentuk kolam ini yang perlu di perhatikan yaitu perihal kriteria tehnis konstruksi kolam.

Kriteria tehnis konstruksi satu kolam yang dapat dipakai untuk membudidayakan ikan baiknya memiliki :


a. Pematang kolam budidaya ikan.

Pematang kolam dibikin untuk menahan massa air di dalam kolam supaya tidak keluar dari didalam kolam. oleh dikarenakan itu type tanah yang dapat dipakai untuk bikin pematang kolam mesti kompak serta kedap air dan tidak gampang bocor.

Type tanah yang baik untuk pematang kolam yaitu tanah liat atau simak berpasir. ke-2 type tanah ini bisa diidentifikasi memperhatikan tanah yang ciricirinya diantaranya mempunyai karakter lengket, tidak poros, tidak gampang pecah serta dapat menahan air. ukuran pematang sesuai dengan ukuran kolam. tinggi pematang ditentukan oleh kedalaman air kolam, baiknya basic pematang kolam ini ditanam sedalam 20 cm dari permukaan basic kolam.
Bentuk pematang yang biasa dibikin didalam kolam budidaya ikan ada dua bentuk yakni berupa trapesium sama kaki serta bentuk trapesium berbeda kaki. bentuk pematang trapesium sama kaki berarti perbandingan pada kemiringan pematang :


membuat kolam budidaya
Bentuk pematang trapesium sama kaki

Namun bentuk pematang trapesium berbeda kaki berarti perbandingan pada kemiringan pematang : 
membuat kolam budidaya

Bentuk pematang trapesium berbeda kaki

Sebagai acuan saat membuat pematang kolam untuk kolam yang berukuran 200 m2 lebar pematang di bagian atas yaitu m maka lebar pematang di bagian bawahnya yaitu 3 m untuk pematang bentuk trapesium sama kaki pada kedalaman kolam 1m, bila kolam tersebut dibikin dengan pematang trapesium berbeda kaki maka lebar pematang di bagian atas yaitu m maka lebar pematang di bagian bawahnya yaitu 4, 5 m pada kedalaman kolam m.


b. Basic kolam serta saluran budidaya ikan

Basic kolam untuk budidaya ikan ini dibikin miring ke arah pembuangan air, kemiringan basic kolam berkisar pada 1-2% yang berarti didalam tiap-tiap seratus mtr. panjang basic kolam ada perbedaan tinggi selama 1-2 mtr..
membuat kolam budidaya
Kemiringan basic kolam

Langkah pengukuran yang gampang untuk tahu kemiringan basic kolam yaitu gunakan selang air yang kecil. pada tiap-tiap ujung pintu pemasukan serta pintu pengeluaran air diletakkan sebatang kayu atau bambu yang telah diberi ukuran, yang sangat bagus meteran, lantas selang kecil yang sudah diisi air direntangkan serta diletakkan pada bambu, kayu atau meteran. perbedaan tinggi air pada ujungujung selang itu tunjukkan perbedaan tinggi tanah/ kemiringan basic kolam.

Saluran di dalam kolam budidaya ada dua jenis yakni saluran keliling atau caren serta saluran sedang atau kemalir. saluran di dalam kolam ini dibikin miring ke arah pintu pengeluaran air. perihal ini untuk meringankan didalam pengeringan kolam serta pemanenan ikan.
membuat kolam budidaya
Saluran sedang atau kemalir

c. Pintu air kolam budidaya ikan
Kolam yang baik mesti mempunyai pintu pemasukan air serta pintu pengeluaran air dengan terpisah. letak pintu pemasukkan serta pengeluaran air baiknya ada di dalam-tengah segi kolam terpendek supaya air didalam kolam bisa bertukar semuanya ( gambar 2. 20 ).


membuat kolam budidaya
Pintu pemasukkan air serta pengeluaran air ditengah

Ada juga letak pintu pengeluaran serta pemasukan air ada disudut dengan diagonal
membuat kolam budidaya
Pintu pengeluaran serta pemasukanair ada disudut

Letak pintu air tersebut ada kelemahannya yakni air dikedua sudut yang lain tidak bertukar serta memperpanjang saluran pengeringan hingga penangkapan ikan relatif berjalan agak lama.

Pada kolam tanah pintu pemasukan serta pengeluaran air dibikin dari bambu atau pipa paralon. bentuk pintu pemasukan ditempatkan sejajar dengan permukaan tanggul namun pintu pengeluaran bisa dibikin dua jenis yakni pertama sama juga dengan pintu pemasukkan dengan ketinggian sesuai dengan tinggi air kolam serta ke-2 dibikin dengan jenis huruf .

membuat kolam budidaya


Pintu pemasukan serta pengeluaran air bentuk l


pada kolam beton pintu pemasukan serta pengeluaran air memakai sistem monik. pada pintu air sistem monik ini ada celah penyekatnya serta bisa dibikin kian lebih satu. celah penyekat ini berperan untuk meletakkan papan-papan kayu yang disusun bertumpuk. papanpapan kayu ini bisa di buka serta diatur yang pengaturannya sesuai dengan keperluan. pada pintu air ini papan penyekatnya bisa diganti dengan saringan.

membuat kolam budidaya
Pintu pemasukan serta pengeluaran air memakai sistem monik

Kriteria konstruksi tehnik saat membuat bak yang dapat dipakai untuk budidaya ikan dengan prinsip nyaris sama juga dengan kolam di mana mesti memiliki pintu pemasukan serta pengeluaran air namun basic bak biasanya yaitu rata. konstruksi pintu serta pemasukan air pada bak bisa dibikin dengan jenis pembuatan instalasi air untuk pemasukan air serta pengeluaran airnya memakai pipa paralon( pvc ) dengan bentuk huruf l .
membuat kolam budidaya

Pemasukan serta pengeluaran air pipaparalon ( pvc )


Demikianlah artikel konstruksi serta pembuatan kolam budidaya ikan ini saya susun rekan kawan semoga apa yang sudah kita pelajari sebagian waktu yang lantas bisa berguna untuk kita seluruh, terlebih untuk rekan kawan yang pingin pelajari pembuatan kolam budidaya lebih didalam lagi.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment