Ikan Ganas : Wolfish (Hoplias Malabaricus)

Hoplias Malabaricus

Ikan Ganas : Wolfish   | Aquarium Hias -Hoplias malabaricus , juga dikenal sebagai Wolf Fish , Tiger Fish atau Trahira , adalah Central predator dan sinar air tawar Amerika Selatan bersirip ikan dari keluarga Characin Erythrinidae .Panjang maksimum untuk spesies ini adalah 55 cm dan berat maksimum adalah 7.97 kg .Jika diperhatikan ikan ini mirip ikan gabus di Indonesia karena gigi tajam dan mulutnya lebar.
ikan gabus
Seperti anggota lain dari genus Hoplias spesies ini memiliki bentuk tubuh silinder dengan mulut besar yang dilengkapi dengan gigi menonjol. Gigi seperti gigi anjing yang tajamnya seperti pisau . Warna ikan ini  sangat bervariasi tetapi biasanya abu-abu - coklat dengan strpes vertikal gelap atau garis horisontal tunggal .

Ikan ini banyak ditemukan di daerah Southern Amerika Tengah ke Argentina. Ditemukan di sebagian besar sistem aliran sungai dan di negara berikut ; Argentina, Bolivia , Brazil , Kolombia , Kosta Rika , Ekuador , Guyana Prancis, Guyana , Paraguay , Peru , Suriname , Trinidad dan Tobago , Uruguay dan Venezuela .

Ikan jenis ini berkembang biak di dalam berbagai habitat air tawar, yang airnya mengalir , sungai dataran tinggi , dataran rendah ke perairan keruh lambat, kanal, irigasi dan saluran drainase. Ikan ini menghabiskan siang hari beristirahat di vegetasi dan yang paling aktif pada malam hari . Ikan dewasa adalah predator pemakan  ikan lain ; sementara ikan belum dewasa  memangsa jenis dari krustasea dan mangsa invertebrata lainnya . Spesies ini memunculkan dalam lubang yang terletak di perairan dangkal dan laki-laki menjaga sarang bahkan setelah telur menetas .

Hoplias malabaricus yang populer dalam perdagangan akuarium tapi dilarang dan pemiliknya bisa ditahan di California karena ikan ini dikenal sebagai spesies yang berpotensi invasif .

Previous
Next Post »
Thanks for your comment