Four Eyed Fish


Four Eyed Fish


Four Eyed Fish (Anableps anableps)  | Akuarium Hias -Adalah ikan dari keluarga Anableps yang memiliki mata unik. Mereka menyebar di bumi Amerika tengah serta selatan dari Venezuela melalui Guyana, Suriname, French Guiana serta selesai di delta Amazon Brazil. Ikan kelompok livebarrier ini memiliki tampilan mata yg tidak umum.

Meskipun dijuluki bermata empat tetapi sesungguhnya mereka cuma mempunyai dua mata. Dua mata itu menyesuaikan yang mengagumkan untuk sarana mendukung kelangsungan hidupnya. Mata ikan dilengkapi dengan jaringan pigmen pita yang membagi mata dengan cara horisontal jadi dua sisi. Hal semacam ini bikin ikan waktu mengapung di permukaan air bisa lihat dua arah sekalian yaitu sisi bawah mata bisa lihat didalam air serta sisi atas mata bisa lihat diatas permukaan air. Jaringan pita ini dapat membagi pupil mata jadi dua yakni pupil dalam air serta pupil atas air, hal inilah yang bikin ikan ini dujuluki bermata empat. Ke-2 pupil dikaitkan dengan sisi yang bernama iris. Dengan kekuatan ini ikan menyesuaikan untuk lihat di hawa serta didalam air dengan cara berbarengan. Lensa mata bakal merubah ketebalannya dari atas ke bawah waktu lihat objek di hawa serta air. Tersebut gambar penampang mata Anableps anableps.

Four Eyed Fish

Untuk penghuni permukaan air, four eyed fish adalah ikan yang benar-benar lincah. Ikan ini dapat kerap ditemukan di perairan payau dengan adanya banyak tetumbuhan bakau. Badan ikan berwarna emas keperakan dengan garis putih di dalam badannya, sedang sisi perut berwarna putih polos. Badan ikan dewasa bisa meraih kian lebih 20 cm di mana ukuran badan betina umumnya semakin besar rata-rata seputar 26 cm sedang jantan seputar 20 cm. Four eyed fish berbentuk karnivora dengan makanan utama yaitu serangga yang ada di permukaan air serta kepiting kecil. Tak hanya serangga, mereka juga mengonsumsi invertebrata serta ikan-ikan kecil. Untuk makanan komersil, ikan ini bisa di beri makanan kering atau beku seperti brineshrimpe, artemia, cacing tanah serta bloodworm. Hal yang butuh diingat yaitu jangan sempat makanan ikan terbenam ke dalam air lantaran ikan ini tak lagi memburunya.

Four eyed fish punya kebiasaan hidup berkelompok di alam bebas dengan anggota di atas enam ekor. Pemeliharaan dibawah enam ekor bikin ikan gampang stress serta gugup. Dalam grup, ikan jantan serta betina sulit dibedakan waktu tetap muda tetapi sesudah dewasa umumnya ikan betina memiliki ukuran jauh semakin besar di banding jantan. Ikan ini bereproduksi dengan cara vivipar serta umumnya sedikit persoalan nampak apabila banyak grup dikumpulkan waktu breeding. Ikan jantan memiliki alat kelamin gonopodium yang menonjol serta ini tidak sama dengan yang ada pada keluarga livebarrier yang lain. sedang alat genital betina ditutupi dengan sisi kulit yang dimaksud foricula. Gonopodium ikan jantan memiliki tujuan yang tidak sama untuk setiap individu begitupun foricula betina. 

Hal semacam ini bermakna, jantan yang memiliki tujuan ke kanan pas untuk berkompulasi dengan betina yang bertujuan ke kiri serta sebaliknya. Tetapi sebagian sumber mengatakan bahwasanya gonopodium jantan cukup fleksibel sebagian derajat hingga kemungkinan jantan bisa berkompulasi dengan tiap-tiap betina. Sistem pembuahan berlangsung dengan cara internal dengan gonopodium untuk alat penetrasi untuk betina. Betina bakal hamil sepanjang seputar 12 minggu diiringi dengan nafsu makan yang meningkat mencolok. Pada waktu bakal melahirkan betina bakal jadi lebih agresif serta menyerang tankmate yang lain. Ikan betina lalu bakal berupaya mencari tempat yang pas untuk melahirkan bayi-bayinya. Jumlah janin bayi yang dilahirkan berkisar 13 sanpai 20 ekor tak sejumlah keluarga livebarrier yang lain. Bayi ikan umumnya memiliki ukuran seputar 4-5cm panjangnya serta segera dapat mengonsumsi pellet atau butiran. Untuk masalah kelahiran prematur umumnya bayi ikan bakal alami infeksi serta untuk menghindarnya bisa dikerjakan dengan memindahkan mereka ke tangki terpisah yang diisi air steril.

Four Eyed Fish

Untuk pemeliharaan di aquarium tidaklah terlampau sulit. Satu hal yang utama yaitu kebersihan air mesti terjaga, sistem filtrasi mesti cukup kuat untuk keluarkan amonia hasil bekas makanan yg tidak termakan. Ukuran tangki 120cm x 45cm x 30cm yaitu cukup ideal lantaran ikan tak demikian nyaman dengan tangki yang memiliki ukuran besar. Untuk ikan yang menempati permukaan air, tinggi air cukup 80% tinggi tangki lantaran di kuatirkan ikan bakal melompat bila tangki terisi penuh. Dekorasi tangki dengan substrat pasir yang cukup tidak tipis dengan cabang kayu atau akar bakau. Substrat dangkal atau bebatuan dapat disiapkan untuk rumah ikan muda atau untuk ikan dewasa yang mau istirahat serta makan. Tanaman air tak demikian dibutuhkan tetapi bila mau coba bisa dipakai tanaman berdaun keras seperti Microsorum pteropus atau Anubias spp. Untuk ikan tropis maka temperatur air butuh dijaga pada level 25-31 oC dengan pH 7, 5-9 serta kesadahan 15-35 oH. Four eyed fish berbentuk pendamai tetapi tak pas apabila digabung dengan ikan yang memiliki ukuran kecil lantaran bakal dikira untuk makanan. Tankmate yang pas seperti sebagian type livebarrier serta type ikan basic seperti spesies gobi Stigmatogobius sadanundio. Sebagian ikan permukaan yang lain seperti Toxotes spp serta Scatophagus bukannlah kompetitor alami di habitat aslinya. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment