Ikan Hujeta Gar


hujeta gar

Ikan Hujeta Gar ( aquariumhias ) -Dikenal dengan barracuda air tawar serta pike characin merupakan ikan yang memiliki tubuh ramping memanjang serta moncong yang panjang. Hujeta gar yang memiliki warna tubuh cokelat keemasan atau kebiruan ( bergantung pencahayaan ) serta sirip transparan ini datang dari Amerika selatan dari Columbia, Panama serta Venezuela. Ekor berwarna transparan, bercabang serta memiliki bintik hitam pada pangkalnya. 

Ikan Hujeta gar merupakan predator yang memiliki rahang atas sedikit lebih panjang di banding rahang bawahnya, dengan makanannya diantaranya ikan kecil, udang, remis, cacing, makanan beku ( larva nyamuk, cacing darah, tubifex ) serta makanan komersil yang lain. sebagai predator, ikan ini dapar meraih panjang tubuh 25 cm di aquarium serta 35 cm di alam bebas. Lingkungan hidup yang pas yaitu suhu 24 – 30 derajat celcius dengan PH berkisar  5,5 – 7,5. 

hujeta gar

Meskipun predator, ikan hujeta gar biasanya tidak terlampau aggresif, dia dapat memburu mangsa yang cukup untuk ukuran mulutnya serta perburuan umumnya dikerjakan berkelompok. Hujeta gar merupakan pelompat yang pintar, serta lebih suka aquarium dengan sebagian tanaman tetapi tetap sediakan area untuk berenang, Meskipun ikan ini banyak menggunakan waktunya di dekat permukaan air. Dalam aquarium, ikan ini memerlukan sistem filtrasi yang baik untuk mensirkulasi kotoran yang dihasilkan. Hujeta gar hidup dengan berkelompok serta bisa digabung dengan ikan lain yang berukuran semakin besar. 

Ikan betina dewasa memiliki tubuh yang sedikit semakin besar serta perut lebih bulat di banding jantan, disamping itu sirip anal jantan berjumpai serta namun betina berupa rata. Breeding ikan barangkali dikerjakan di aquarium meskipun condong sukar. breeding dikerjakan dengan menyimpan pasangan tunggal atau grup di mana perkawinan diawali dengan jantan yang dapat memburu betina. Sistem bertelur berlangsung di lebih kurang permukaan air serta berlangsung sepanjang 3 jam. jumlah telur yang dihasilkan dapat meraih kian lebih seribu butir serta dapat menetas sesudah 20 jam. Anakan ikan dapat berenang bebas sesudah 60 jam serta bisa diberi makan artemia, rotifers serta kutu air.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment