Mengenal Ikan Naga

Mengenal Ikan Naga

Mengenal Ikan Naga  (aquariumhias) -Ikan polypterus atau biasa dikatakan sebagai ikan naga merupakan ikan hias eksotis. Polypterus dengan kata lain ikan naga merupakan ikan yang aslinya banyak ditemukan hidup di habitat air tawar afrika serta tempat aliran sungai nil, terlebih di tempat rawa-rawa, lebung serta lebih kurang muara. Ikan naga polypterus yaitu genus ikan air tawar dalam keluarga bichir (famili polypteridae) dari ordo polypteriformes. 

Ikan dalam genus ini hidup di sebagian tempat di afrika. menurut etimologi, nama genus polypterus datang dari bahasa yunani, yakni gabungan kata poli (banyak) serta kata pteron (sayap atau sirip). Hingga dikatakan ikan polypterus yaitu ikan “bersirip banyak. Ikan naga dari tampilannya ikan polypterus memanglah tidak layaknya ikan hias yang lain. Biasanya ikan hias berikan daya tarik dari memiliki bentuk yang unik serta warna tubuhnya yang cerah serta indah, walau demikian tidak demikianlah halnya dengan ikan polypterus. 

Umumnya orang memelihara ikan polypterus dengan kata lain ikan naga bukan hanya karena daya tarik warna tubuhnya. ikan naga ikan naga, polypterus, mempunyai tubuh memanjang dengan satu susunan sirip punggung (finlet) yang unik serta terdiri dari bagian-bagian dengan yang jumlah beragam pada 7-18, di samping sirip punggung itu sendiri. tiap-tiap finlet di punggung mempunyai ujung-ujung bifida ( doubleedged ), serta sebagian sirip cuma dengan duri keras, serta selebihnya sirip dengan duri-duri lunak. 

Mengenal Ikan Naga
Tubuh ikan polypterus ditutupi oleh sisik-sisik ganoid layaknya tulang serta trapesium yang tidak tipis. ikan naga susunan rahang ikan naga, polypterus, lebih menyerupai ikan tetrapoda dari pada ikan teleostei. ikan naga juga mempunyai sebagian karakteristik primitif yang lain, layaknya sirip dada berbentuk daging yang sekilas serupa dengan ikan bersirip lobus. 

Ikan polypterus juga mempunyai sepasang spirakel menyerupai celah yang dipakai untuk menghembuskan udara, dua paru-paru dengan lempengan gular serta ventral ganda (paru-paru kiri lebih kecil dari sisi kanan), yang sangat mungkin ikan naga untuk mendapatkan oksigen dari udara saat ada di perairan dengan sedikit oksigen, lewat cara berenang cepat ke permukaan serta kembali ke bawah. Ikan polypterus aktif pada malam hari, serta makan sebagian vertebrata kecil, krustasea, serta serangga. ikan naga, polypterus, juga mempunyai empat pasang lengkung insang. Ikan naga tubuh ikan polypterus rata-rata mempunyai panjang lebih kurang 30 cm, namun bisa meraih panjang optimal 97 cm. 

Ikan naga hidup dengan maksimal pada kisaran suhu air 16 - 27°c serta pada kisaran PH 6, 5 - 7. Ikan naga (polypterus) yaitu ikan carnivora, mereka lebih suka makanan dalam kondisi hidup berbentuk ikan-ikan kecil, disamping itu juga akan mengonsumsi makanan berbentuk daging yang datang dari udang maupun ikan. ikan naga jika dilihat dari cara bergeraknya didalam air, ikan polypterus dengan kata lain ikan naga tidak sama dengan type ikan hias yang lain. ikan naga tidak berenang cepat dengan sirip serta ekornya, walau demikian ikan polypterus bergerak dengan jalan di basic air menggunakan siripnya. lewat cara bergerak layaknya itu, ikan naga memanglah lebih terlihat layaknya seekor ular naga yang jalan dibawah air, dari pada seekor ikan.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment