Budidaya Ikan Mas Koki

Mas Koki

Budidaya Ikan Mas Koki (aquariumhias) -Adalah type ikan hias yang tetap tergolong dengan ikan mas yang bertubuh bulat dengan kepala kecil serta berekor lebar. ikan hias koki ini datang dari cina serta saat ini ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia. 

Apabila anda pingin membudidayakan ikan hias koki itu amat gampang sekali, anda mesti memiliki dulu indukan ikan koki, yang dapat anda mencari sendiri. 

Penentuan indukan : 
Indukan ikan hias koki yang baik sebaiknya berusia kian lebih delapan bln. dengan besar sekurang-kurangnya sebesar telur itik, pastikan ikan koki dengan kepala kecil dengan tubuh bulat, sisik utuh serta rapi apa apabila bergerak ekor serta sirip dapat terlihat tegak. untuk memperoleh keturunan yang beragam atau berwarna maka calon indukan ikan koki sebaiknya yang berwarna putih yang jantan serta yang hitam betina atau dapat juga berkreasi dengan warna warna yang lain terserah anda. 

Cara menjaga ikan koki 
Pertama kali dapat memelihara ikan mas koki, baiknya air yang sudah dimasukkan didalam aquarium diendapkan terlebih dulu. 

Saat memasukkan ikan mas koki ke didalam aquarium, bila ikan mas koki tersebut ada didalam kantong plastik baiknya taruh kantong plastik yang diisi ikan mas koki tadi ke didalam permukaan air aquarium, untuk sesuaikan suhu didalam aquarium serta suhu ikan koki,, supaya ikan koki tidak stress serta mati. 

Bila dapat memelihara didalam aquarium yang besar, maka dibutuhkan aerotop peniup hawa di aquarium, filter, serta selang penyedot kotoran.. ketiga alat ini mutlak untuk menghindar kotoran serta sirkulasi hawa air didalam aquarium. 

Lokasi aquarium dipastikan mesti tidak terkena cahaya matahari segera supaya lumut serta alga tidak cepat berkemang biak. 

Beri pakan secukupnya..
Janganlah terus-terusan beri makan ikan mas koki dikarenakan ikan mas koki ini adalah ikan yang rakus, selalu mengonsumsi makanan yang ada,, serta bila kekenyangan maka ikan koki dapat cepat mati.. serta menurut penelitian pakar, tubuh yang ramping untuk ikan mas koki dapat memperpanjang umurnya. pakan ikan ini yang alami serta bagus untuk ikan mas koki yaitu cacing sutera dikarenakan memiliki kandungan protein yang tinggi.. namun untuk lebih praktisnya, pakan ikan mas koki yaitu wujud pellet yang banyak dijual di beberapa toko. 

Dikarenakan ikan mas koki adalah ikan yang cepat sistem pencernaannya,, sesudah dia makan maka dapat dikeluarkan didalam wujud feses ( memiliki kandungan amoniak ).. bakteri pengurai, aktif saat malam hari serta dapat menguraikan feses ikan mas koki yang dapat mengakibatkan kandungan amoniak didalam air aquarium tinggi serta tidak baik untuk ikan mas koki. 

Pada waktu kuras air aquarium baiknya air yang dapat dibuang janganlah seluruhnya dikarenakan bila seluruh air lama digantikan dengan air baru, maka ikan mas koki mesti beradaptasi lagi serta mengakibatkan stress yang menyebabkan kematian. 

Air aquarium yang baru diisi ( sesudah dikuras ) baiknya diberi garam grosok ( garam laut ) yang memiliki manfaat menghindar perkembangan jamur. 


Previous
Next Post »
Thanks for your comment