Ikan Discus

discus fish

Ikan Discus (aquariumhias) -Terhitung ikan yang memiliki corak yang cantik. Di antara ikan hias yang lain, ikan ini terhitung ikan yang pemalu dan tenang dan memiliki gerakan yang lambat. Ikan discus jantan makin lebih gesit di banding ikan discus betina. Ciri-ciri ikan discus ini khas dan unik, yaitu telur juga larvanya tidak bisa dipisahkan dari induknya. Oleh karena itu, telurnya tidak usah dipisahkan dari induknya dan biarkan ditinggalkan menetas di dalam wadah pemijahan. Telur-telur tersebut bisa menetas kurun waktu 2-3 hari. larva ini senantiasa menempel pada induknya hingga berumur 1 minggu. 

Walau ikan ini popular dengan ciri-cirinya melindungi telur dan anaknya, namun ada juga induk yang mau konsumsi telurnya sendiri. Sesaat larva yang sudah bisa berenang tidak lagi dimakan induknya. Oleh karena itu, biasanya peternak memberikan sekat untuk membatasi induk dengan telurnya. Sekat tersebut dapat terbuat dari sejenis kawat halus yang dilingkarkan ke sarang. ada sekat ini menyebabkan induk tidak dapat menggapai telurnya. 

Penentuan induk 
Penentuan induk harus cocok agar anak yang dihasilkan berkwalitas dan memiliki kualitas bagus harga jual tinggi. Induk yang baik harus tanpa cacat, sehat, tampak aktif, mempunyai wujud seimbang, ukurannya terbesar di antara grup umurnya, gemuk, mulutnya relatif besar, dan berumur semakin lebih 1 th.. Induk discus sangat sukar dipaksakan berpasangan sampai biasanya ditinggalkan memastikan pasangannya sendiri di dalam grup calon induk. jika sudah tampak berpasangan dengan terus berenang bersamaan maka pasangan induk tersebut dapat dipisahkan dari grupnya. 

Membedakan induk jantan dan betina 
Membedakan discus jantan dan betina bisa lebih gampang ditangani apabila kita dihadapkan dengan sekumpulan calon induk yang dibesarkan bersamaan dan datang dari wadah yang sama. di dalam sekumpulan itu, discus jantan umumnya memiliki postur tubuh yang makin besar dengan bentuk forehead lebih kekar atau kasar. sesaat itu, discus betina umumnya berukuran lebih kecil dengan bentuk forehead lebih halus. 

Membedakan kelamin discus dilihat dari betuk mulut dan hidung. pada discus dewasa, betina memiliki bibir yang lebih simetris, sama besar pada bibir atas dengan bibir bawahnya. tetapi discus jantan, bibir atasnya lebih menonjol. Apabila tengok hidungnya, maka jantan mempunyai bentuk agak bengkok, tidak sama dengan betina yang hidungnya berbentuk lurus. dilihat dari kurang lebih sirip dubur, pada discus jantan rata-rata lurus tetapi pada discus betina mempunyai wujud membulat. Tengok gerakannya, discus jantan mempunyai pergerakan yang lebih agresif dari discus betina. 

Langkah lain untuk membedakan jantan dan betina yakni dengan tengok alat kelamin genitalnya. discus betina memiliki organ genital yang berbentuk lonjong dengan ujung menumpul atau berbentuk elips. discus jantan berbentuk bulat dengan panjang kira kira 1, 5 mm. 



Previous
Next Post »
Thanks for your comment