Ikan Blackfin Pearl

blackfin pearl

Ikan Blackfin Pearl ( aquariumhias ) -Adalah ikan air tawar golongan killifish yang banyak ditemukan di amerika selatan terutama di sungai-sungai uruguay. Sebagian laporan juga mengatakan bahwa ikan juga ditemukan di perairan terbuka amerika sisi utara layaknya california. Nama lain ikan ini adalah drawf argentine pearlfish. Ikan blackfin pearl tergolong ikan mungil yang cantik dengan gabungan warna eksotis. Ikan jantan memiliki warna gelap kecoklatan dengan banyak pola biru sampai jingga berupa lingkaran pada tubuh serta nyaris seluruh siripnya terhitung ekor. Disamping itu, warna kebiruan juga ada di penutup insang serta ke-2 segi tubuhnya. namun ikan betina condong berwarna kecoklatan transparan dengan pola kehitaman pada siripnya. blackfin pearlfish berukuran mini dengan panjang optimal 3 hingga 5 cm. dengan ukurannya yang mini, ikan ini amat pas untuk aquascape.

Ikan blackfin pearl memiliki tabiat yang condong agresif, hingga didalam perawatan di aquarium bisa dijaga didalam sepasang atau tiga ekor ( dua betina ). Untuk diet, ikan ini berbentuk omnivora serta bisa terima type makanan dimulai dari live food serta frozen food ( terlebih infusoria, bloodworm, daphnia serta brine shrimpe ).

blackfin pearl

Tidak layaknya biasanya killifish, blackfin pearlfish memiliki habitat yang unik yakni dapat hidup di perairan terbatas layaknya kolam yang berbentuk sesaat. disamping itu, sebagai ikan subtropis blacfin pearlfish punya kebiasaan hidup dengan suhu rendah ( 20 derajat celc ). Untuk perawatan di aquarium, jaga suhu air pada level rendah yaitu pada suhu 15, 6 – 20 derajat celc dengan ph yang condong asam yaitu 3-7. Penjagaan suhu amat mutlak dikerjakan untuk melindungi kelangsungan hidup ikan dan ketekunan warna tubuh ikan. pasokan oksigen didalam air juga butuh di perhatikan dengan melindungi turbulensi hawa didalam aquarium.

Sistem breeding dulu dilaporkan bisa dikerjakan didalam aquarium. setting tangki breeding dengan susunan tabah gemuk/liat dengan ketebalan kurang lebih 2 inchi ( dibawah tanah liat diberi plastik ) serta sebagian area sembunyi ( batu atau kayu ) untuk ikan betina. Sistem bertelur serta area peletakkan telur berlangsung di susunan tanah liat tersebut. sesudah sistem bertelur selesai, pisahkan susunan tanah liat yang memiliki kandungan telur, press tanah liat untuk menyingkirkan air serta tempatkan pada plastik serta simpan sepanjang 2-4 bln. sebelum saat menyimpan kembali telur tersebut ke didalam air tawar berkesadahan rendah.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment