Karakter Ikan Koi Sanke

koi sanke


Karakter Ikan Koi Sanke (aquariumhias) - Adalah koi dengan komposisi tiga warna di tubuhnya yakni merah ( hi ), putih serta hitam ( sumi ). Seperti telah banyak diketahui banyak macam type koi yang dikelompokkan didalam sebagian klasifikasi ikan koi. Sanke adalah koi yang masuk didalam yang didalam klasifikasi gosanke ( kohaku, sanke serta showa ). Didalam bhs jepang sanke dikenal juga dengan nama taishio sansoku. koi type sanke adalah koi yang kerap dimasukkan didalam kelompok utama pada kejuaraan kontes koi. tidak heran bila banyak pengagum yang suka koi type ini.

Seperti halnya koi kohaku ketajaman warna merah serta putih jadi persyaratan mutu koi sanke. pola hitam juga mesti mempunyai warna yang tegas serta hitam pekat. warna putih juga mesti putih seperti salju. Dengan genetik sanke adalah hasil persilangan pada kohaku dengan shiro bekko ( koi putih dengan spot hitam di atasnya ). Koi type sanke pertama kali ditemukan di ojiya city, di nigata diantara burayak kohaku, yang mempunyai warna tidak sama serta selanjutnya dikembangkan jadi type sanke ini.
Untuk membedakan dengan showa yang keduanya sama mempunyai tiga warna merah, putih serta hitam, koi type sanke lebih condong mempunyai corak hitam didalam persentase yang lebih sedikit. dasar sanke yang baik adalah pola kohaku yang baik ditambah dengan pola warna hitam di atasnya. Komposisi warna pada sanke 70% warna merah, 10% warna hitam serta sisanya warna putih. pola warna hitam mesti legam serta tegas, tak ada bayangan. Warna hitam pada koi sanke kadang-kadang dapat nampak serta dapat hilang didalam periode hidupnya. Warna hitam tak lagi nampak lagi sesudah koi sanke meraih umur spesifik serta telah finish. factor air dapat amat punya pengaruh didalam pembentukan pola warna hitam ini. Hingga factor air mesti betul-betul di perhatikan. ada arti yang kerap digunakan untuk mendeskripsikan sumi pada sanke. sumi( hitam ) pada sanke yang ada diatas warna putih dimaksud tsubo sumi namun sumi yang nampak diatas warna merah dimaksud dengan kasane sumi.

koi sanke

Dengan umum penilaian mutu sanke yaitu sama juga dengan kohaku. di bagian kepala idealnya tidak ada warna hitam( sumi ), serta mempunyai pola warna mnerah di kepala seperti halnya kohaku yakni berupa u besar serta tidak hingga turun ke sisi bawah berwajah. Disamping itu komposisi warna juga mesti mempunyai keseimbangan, sanke tak lagi mempunyai keindahan bila komposisi warna tidak seimbang. contohnya merah dibagian depan seluruh, lantas warna hitam dibagian belakang. seimbang wana pada sisi samping kanan serta kiri, seimbang pada sisi depan serta belakang. idealnya pola warna sanke yaitu pola kohaku yang baik di beri spot hitam berimbang di bagian-bagian.

Warna hitam pada sanke umumnya dapat berkembang di masa datang bersamaan dengan perubahan koi. di waktu umur muda kadang-kadang ada sisi warna hitam yang belum nampak, namun makin lama dapat nampak warna hitam di bagian tubuh sanke. dikarenakan itu pada waktu umur koi sanke tetap muda janganlah memilih sanke yang terlampau banyak warna hitam. sisi sirip sanke juga jadi penilaian mutu sanke, koi sanke yang baik mempunyai sirip berwarna putih atau putih dengan stripe hitam, namun mesti waspada janganlah memilih terlampau banyak warna hitam di bagian sirip, ada kemungkinan warna hitam pada sirip dapat berkembang.

Ringkasan panduan memilih koi sanke

1. Seluruh syarat yang ada pada koi kohaku
2. Hitam tidak pada kepala namun pada punggung ikan koi.
3. Hitam diawali pas dibelakang kepala koi.
4. Pola hitam seimbang serta tambah baik di bagian warna putih dibanding di atas warna merah. warna hitam diatas wana merah dapat diakomodasi.
5. Bintik-bintik hitam tambah baik bila tidak semakin besar dari seperempat serta tidak bisa mengalihkan perhatian dari pola merah.
6. Prosentase warna pada koi sanke yaitu merah 70%, hitam 10% serta sisanya putih.
7. Sirip berwarna putih. bisa ada strip hitam namun janganlah terlampau banyak. bersamaan dengan pertumbuhaan koi sanke, strip dapat berkembang.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment