Mengatasi Kolam Koi Berbusa

kolam koi berbusa


Mengatasi Kolam Koi Berbusa (aquariumhias) - Di antara perihal yang amat mengganggu kesenangan untuk melihat ikan koi yaitu ada busa ( foam ) pada permukaan kolam. sebenarnya busa ini tidak memberikan dampak negatif segera pada kesehatan koi, cuma saja keindahan kolam dengan total dapat terganggu dengan keberadaan busa tersebut. 

Bagaimana busa tersebut bisa berlangsung ? busa tersebut berlangsung yaitu sebagai disebabkan dari tingginya kandungan organik terlarut didalam air. Bahan organik ini terutama yaitu berbentuk protein, yaitu dihasilkan dari sisa kotoran koi yang tidak segera terurai didalam sistem filtasi kolam, bisa juga  dikarenakan protein yang terlampau banyak larut ke kedalam kolam yang berasal dari makanan koi yang mengandung protein tinggi. Tingginya bahan organik terlarut / protein didalam air dapat menyebabkan busa pada waktu air alami tekanan baik dari sistem aerasi ataupun dari outlet pompa sirkulasi kedalam kolam utama. 

Lalu bagaimana menangani masalah busa ini ?, berikut tips nya : 
  1. Lakukan pembersihan dengan manual berbentuk pengambilan busa dipermukaan dengan serokan yang mempunyai jaring halus dengan berkala. 
  2. Lakukan perubahan/ganti air dengan regular sebesar 10-20 persen /hari perlahan tempat sampai kondisi air membaik darn tampak condong tidak berlendir / berbuih lagi. 
  3. Kurangi frekuensi pemberian pakan serta juga mengurangi pemberian pakan protein tinggi untuk sesaat. 
  4. Membuat surface skimmer yang baik, untuk menolong relokasi kotoran di permukaan terhitung busa ke chamber settlement. 
  5. Menginstall protein skimmer bila sangat mungkin dari sisi dana serta area.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment