Penyakit Jamur Pada Ikan Hias


ikan koi berjamur

Penyakit Jamur Pada Ikan Hias (aquariumhias) -Infeksi jamur adalah di antara momok untuk pembudidaya ikan. nyaris seluruh ikan budidaya seperti gurami, nila, arwana serta juga ikan hias semisal koki, guppy, discuss, koi bisa terkena infeksi jamur. apa kiranya penyebab infeksi jamur pada ikan ini ?

Ada sebagian type jamur yang umumnya menyerang ikan. pertama, jamur yang sangat ‘tenar’ menyerang ikan yaitu jamur spaprolegnia serta achyla.

Infeksi jamur ini biasa nampak di bagian tubuh ikan yang luka. setelah itu infeksi jamur dapat menjalar ke sisi tubuh ikan yang lain.
Tak hanya luka, penyebab timbulnya jamur ikan type ini yaitu mutu air kolam yang jelek dan suhu air kolam yang tidak ideal untuk ikan.
jamur pada ikan

Ciri ikan yang terkena infeksi jamur spaprolegnia serta achyla yaitu timbulnya benang menyerupai kapas berwarna putih atau krem pada kulit, sirip, mata atau insang. tak hanya sisi tubuh ikan, jamur ini juga dapat menginfeksi telur ikan.

Ciri lain dari ikan yang terinfeksi jamur spaprolegnia serta achyla dapat dilihat dari gerakan serta nafsu makannya. ikan yang jamuran umumnya lantas malas makan serta gerakannya tidak lincah.

Type jamur lain yang biasa menyerang ikan yaitu branchiomyces. jamur ini yaitu biang penyebab penyakit busuk ingsang. jamur branchiomyces ‘mengincar’ ikan yang stres disebabkan mutu air kolam yang jelek.

Ciri ikan yang sakit busuk ingsang disebabkan jamur branchiomyces salah satunya gerakan lemah, ogah makan serta nafas tersengal-sengal di permukaan air.

Setelah itu bila di buka, insang dapat terlihat pucat serta sedikit mengeras di bagian yang terinfeksi jamur.

Cara menghindarkan jamur

Usaha untuk menghindar infeksi jamur ikan bisa dikerjakan dengan melindungi mutu air supaya terus ideal untuk ikan. yakinkan ph, kandungan oksigen dan suhu air terus ideal untuk perubahan ikan.

Disamping itu cermati juga perihal kepadatan ikan yang dipelihara. situasi pemeliharaan ikan dengan kepadatan tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya infeksi jamur.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment