Bentuk Tubuh Koi yang Bagus

ikan koi

Bentuk Tubuh Koi yang Bagus (aquariumhias) -Wujud badannya dapat dipandang waktu koi berenang, dikarenakan wujud badan yang prima dapat punya pengaruh segera pada style berenangnya. Demikianlah juga sebaliknya. Meskipun seekor koi memiliki corak warna yang amat indah serta montok, namun bila sirip-nya tidak lengkap, koi tersebut dinilai buruk. meskipun tidak mutlak, baiknya ke-2 segi badannya simetris. serta mesti diingat, seekor induk betina yang tengah memiliki kandungan perutnya lebih buncit. ini janganlah disalahartikan bahwa ikan koi tersebut perutnya tidak normal. Mesti diingat juga, ada dua wujud badan yang abnormal yakni : cacat serta kurang makan. bila seekor koi tidak bersirip atau mata-nya hilang sebelah, jelas koi tersebut cacat serta janganlah sekali-kali dipilih meski dijual murah. tetapi bila ada koi berperut buncit di di antara segi badannya, atau ada sesuatu rongga kecil pada kepalanya, bila kita berminat koi seperti itu bisa di ambil, dengan harga miring pasti !

Dengan rinci, wujud badan yang perlu di perhatikan yaitu sebagai berikut :

1. Garis punggung lurus serta punggung melengkung wajar

Bila kita cermati dari atas, garis punggung koi mesti tampak lurus serta saat mereka bergerak meliuk punggungnya melengkung dengan lumrah. Bila dipandang dari samping, maka garis sebelah atas badannya serta bawah badannya membentuk lengkung yang lumrah. berarti, sebelah atas badannya tidak bisa terlampau melengkung, namun sebelah bawah juga jangan sempat membentuk garis lurus. koi yang saat berenang membentuk lengkungan yang tajam pada badannya sendiri tidak pantas untuk dipilih.

2. Sirip tumbuh prima serta cantik

Sirip yang cantik serta besarnya cocok dengan badannya, jadikan koi terlihat cantik. yang sangat mutlak diantara seluruh sirip yaitu sirip dada. sirip ini tidak bisa cacat dikarenakan penyakit atau cacat bawaan. sebagian koi yang dikarenakan keku-rangan makan umumnya memiliki sirip yang kerdil ( kecil ).
sirip ekor serta sirip punggung koi kerap ditemu-kan cacat. demikian juga halnya dengan sirip perut atau sirip anal. upayakan memilih koi yang memiliki wujud sirip prima.

3. Kepala berupa sempurna

Sebagian muka koi enak dipandang, namun sebagian lagi tidak. ada koi yang memiliki hidung bersan-dar ke depan, serta beberapa lagi ada yang mancung. wujud hidung koi ini, meski tidak sama, keduanya dikira kurang bagus. yang bagus yaitu koi dengan wujud hidung yang lumrah, tidak terlampau menonjol, namun juga tidak tenggelam didalam timbunan daging.

Cacat rahang sangat memastikan. bisa lantas cacat ini dikarenakan oleh penyakit gill root ( akar insang ) yang menyerang koi saat tetap kecil. cacat yang disebabkannya amat besar pengaruhnya pada penilaian koi. kepala koi jadi besar serta lebar, serta amat tidak enak dilihat. penyakit ini memanglah merubah wujud mulut serta insang. pada mata, mulut, serta rahang mesti sama bagusnya serta membentuk satu bangunan yang cocok serta prima.

4. Perbandingannya serasi

Perbandingan pada panjang, lebar, serta tinggi adalah kunci bagus tidaknya koi. yang dimaksudkan disini yaitu angka sangat besar pada perbandingan panjang badan serta tinggi yaitu satu. itu yang sangat bagus. tetapi biasanya angka rasio ini berkisar pada 1-2,6 sampai 1-3,0 serta umumnya angka ini telah cukup cukup.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment