Ciri -ciri Koi Sakit

ikan koi

1. Pergantian sekujur tubuh
Pergantian pada permukaan tubuh contohnya munculnya bercak-bercak merah seperti darah, mun-culnya lendir yang kelewat banyak, serta hadirnya binatang-binatang asing pada bagian-bagian atau sekujur badannya. Bila nampak serabut seperti cacing pada tubuhnya, bermakna ikan diserang lernaea, namun apabila ada binatang putih, bulat, itu tandanya terkena serangan kutu ikan ( argulus ).

2. Menyendiri
Koi yang sehat dapat berenang riang gembira me-ngelilingi kolam area hidupnya. apabila kita temu-kan koi yang menyendiri di sudut kolam serta tidak ingin berhimpun dengan grupnya, kita mesti mulai berprasangka buruk bahwa koi tersebut menderita sakit. Apabila cuma sesekali saja seekor koi meninggalkan grupnya lantas balik lagi berhimpun, maka perihal tersebut biasa serta tak perlu dicurigai sebagai ikan yang sakit. pada step yang lebih kronis, koi ini dapat mengambang serta saat deritanya telah me-muncak koi ini dapat menghantam dinding kolam.

3. Megap-megap
Umumnya koi yang sehat dapat bernapas dengan teratur, tenang serta selaras dengan gerakannya. koi yang sakit dapat bernapas dengan cepat serta mengesankan megap-megap. Gerakan mereka telah terlihat tidak cocok, serta kerap tampak di permukaan air. Koi tidaklah golongan ikan yang dilengkapi alat pernapasan tambahan yang perlu menyempat-kan menghirup oksigen dari hawa segera. Oleh sebab itu bila ada gerakan koi yang seperti itu kita telah mesti berprasangka buruk, terutama bila kita tengok saat bernapas mulutnya terbuka lebar.
fish koi
4. Diam di dasar serta strip dada terbuka
Koi yang sehat biasanya dapat aktif bergerak semakin kemari berbarengan grupnya. koi yang sakit dapat berdiam diri di dasar kolam dengan posisi ship dada terbuka lebar. Bagaimana membedakannya dengan koi yang tengah tidur ? koi yang tengah tidur dapat memilih area yang cocok, serta dapat diam dengan posisi sirip dada tertutup. namun koi yang sakit dapat tidur dimana saja, tidak hiraukan area itu datar, berbatu-batu, atau di sudut kolam yang menonjol. Lagipula koi sehat yang tengah tidur saat kita ganggu dapat sigap berenang beralih area, namun yang sakit cuma sebentar saja bereaksi, lantas dapat kembali pada posisi seluruh serta diam tidak bergerak. terlebih gerakannya mengesankan bila koi tersebut tidak memilih area baru, tetapi tenggelam.

5. Tidak bernafsu makan
Koi yang sehat dapat memburu dengan sigapmakanan yang disodorkan serta berebut sesama ka-wannya. tetapi koi yang sakit tak lagi ikut-ikut-an bereaksi. disamping itu, koi yang sakit umumnya di-tandai dengan cairan yang dikeluarkan dari dubur-nya. dikarenakan makanannya tidak teratur, maka kotoran yang dikeluarkannya lalu punya pengaruh. saat kotoran koi telah encer, itu satu indikasi bahwa penyakitnya telah amat serius.

6. Insangnya ada parasit
Bila permukaan tubuhnya tampak biasa-biasa saja, berarti tidak alami pergantian yangber-arti, namun dari aktifitasnya mereka tampak amat capek, maka bisa lantas koi tersebut diserang penya-kit. langkah yang harus dikerjakan yaitu melihat insangnya. Ikan yang napas serta aktifitasnya ter-ganggu, umumnya insangnya beralih putih atau ke-hitaman. Dapat juga wujud insangnya beralih. warna merah pada insang yang sehat tidak akan kita dapatkan lagi. serta apabila telah demikianlah koi mesti dikerjakan dengan serius, bila kita tidak maukan koi yang lain turut diserang. sering juga pada insang koi kita dapatkan binatang seperti cacing atau kutu yang melekat, dikarenakan kita ketahui serangan ke-2 parasit ini meliputi sekujur tubuh tanpa jika.

7. Berenang menyentak-nyentak

Koi yang sehat dapat berenang dengan mulusnya, terkadang cepat, kadang-kadang lambat serta ber-irama. tetapi, bila kita dapatkan koi yang berenang menyentak-nyentak dengan terus-terusan itu pertan-da koi tersebut tengah menderita sakit. sering koi yang berenang menyentak-nyentak ini menabrak temannya. serta kerap tingkah laku berenang menyentak-nyentak ini dikerjakan bersamaan dengan gerakan megap-megap dari mulut serta insang serta dikerjakan di permukaan air.

8. Gerakan salto
Satu kali barangkali dapat kita dapatkan koi yang bergulingan saat berenang, baik berguling ke sam-ping atau ke arah bawah. bila demikianlah kemungkin-an besar gelembung renangnya berperan tidak sempurna.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment