Mengenal Ikan gurame mini

gurame mini
Ikan gurame mini (aquariumhias) -Dengan kata lain gurami kerdil ( dwarf gourami, colisa lalia ) yaitu spesies ikan air tawar berbentuk bentik pelagis. merupakan ikan asli dari tempat Bangladesh, India serta Pakistan. Apalagi ditemukan juga di myanmar serta nepal. ikan gurame mini dengan kata lain gurami kerdil (dwarf gourami) sudah banyak diintroduksi ke sebagian negara yang lain layaknya Singapura, kolombia serta amerika serikat, terhitung juga indonesia.

Habitat ikan gurame mini (dwarf gourami) habitat asli ikan gurame mini yaitu danau atau sungai berarus tenang serta anak-anak sungai. Habitat ikan gurame kerdil biasanya padat ditumbuhi oleh tanaman air serta pada habitat tersebut bisa didapati beragam type ikan gurame mini dari genus colisa hidup berbarengan. Ikan gurame mini dwarf gourami media pemeliharaan ikan gurame mini/gurami kerdil (dwarf gourami) ikan gurame mini kerapkali dipelihara di aquarium berukuran kecil, namun ukuran minimum aquarium yang dianjurkan yaitu 60 cm ( 24 inci ). 

gurame mini

Letakkan aquarium di area yang cukup tenang di tempat tinggal, dikarenakan ikan gurame kerdil ini kadang-kadang jadi amat gelisah apabila mendapatkan kondisi banyak nada. Didalam aquarium, ikan gurame mini menempati tempat sedang bagian atas dari aquarium. Aquarium area pemeliharaan ikan gurame mini mesti dibikin sedemikian rupa sepert habitat alami dari ikan gurame mini yang inginkan banyak tumbuhan air. Amat dianjurkan menggunakan tanaman air yang mengambang untuk menutupi beberapa dari permukaan aquarium. Ikan gurami mini tidaklah type ikan yang agresif pada type ikan yang lain serta dikarenakan itu kerapkali dipelihara dalam aquarium berbarengan dengan spesies ikan non-agresif yang lain. 

Bila sebagian ikan gurame mini jantan diletakkan berbarengan dalam satu aquarium, mereka dapat berbentuk amat teritorial. namun perihal ini bisa diatasi dengan meletakkan mereka dalam aquarium yang semakin besar dengan banyak tanaman air yang berperan sebagai pembatas alami. amat tidak dianjurkan untuk mencampurkan ikan gurame kerdil ini dengan ikan yang jauh semakin besar atau berbentuk agresif, dikarenakan kemungkinan dapat mengganggu ikan gurame mini. ikan gurame mini kerapkali dipelihara berbarengan dengan ikan-ikan type tetra, guppy, atau ikan platy pedang ( xiphophorus helleri ). 

Memelihara ikan gurame mini tidaklah terlampau sukar, karenakan itu spesies ikan hias ini amat dianjurkan untuk pencinta ikan hias pemula. Cara memelihara kualitas air aquarium ikan gurame kerdil ini yaitu dengan melindungi supaya ph air lebih kurang 7, serta upayakan supaya tidak turun dibawah 6 atau naik diatas 8. kisaran kesadahan (hardness) air yang dianjurkan yaitu 5 - 19. Suhu air yang dianjurkan yaitu 25 - 28 ° derajat celcius. Bila ikan gurame mini dirawat dengan baik sepanjang pemeliharaan, ikan hias ini bisa hidup sepanjang 3-4 tahun didalam aquarium. 

Gurame mini yaitu type ikan omnivora yang mengonsumsi makanan berbentuk daging dan tanaman serta atau alga. Di alam, ikan hias ini mengonsumsi serangga serta larva dari permukaan air dan alga yang tumbuh di bebatuan yang ada di perairam. dalam penangkaran, ikan gurame mini dapat mengonsumsi nyaris seluruh type makanan yang didapatkan, terhitung makanan berupa serpihan (flake), pakan beku, pakan beku kering ( freeze dried food ) serta pakan hidup. 

Memberikan ikan hias ini makanan cuma berbentuk pakan flake, bisa mengakibatkan ikan gurame mini kehilangan warna cemerlang pada tubuhnya. dianjurkan menggunakan pakan flake tropis berkwalitas tinggi sebagai makanan pokok, tetapi amat disarankan juga untuk berikan ikan gurami kerdil pakan berbentuk plankton serta pakan hidup yang lain, contohnya artemia. cacing darah beku kering juga diketahui bisa menolong menumbuhkan warna tubuh pada ikan gurame mini. imbuhkan juga sedikit tanaman ganggang pada permukaan aquarium untuk tambahan makanan, tak hanya bisa juga sebagai area berlindung ikan gurami mini.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment