Budidaya Ikan Guppy

ikan guppy


Budidaya Ikan Guppy (aquariumhias) -Untuk anda yang pingin memelihara ikan hias, tidak ada salahnya memilih guppy, type ikan hias sangat popular didunia. memiliki bentuk yang mungil tetapi dengan sirip ekor yang lebar membuatnya sebagai pilihan utama memelihara ikan hias didalam akuarium. dibanding ikan koki, ikan hias guppy lebih gampang didalam pemeliharan serta juga lebih tahan hidup. 

Asal ikan hias guppy 

Ikan guppy datang dari ikan rawa dengan nama poecilia reticulata guppy. ikan yang berkembang biak dengan langkah beranak ini tidak terlampau menuntut lingkungan air yang amat bersih dengan ukuran ph spesifik untuk hidupnya. asal cukup oksigen serta makan, ikan guppy dapat hidup serta berkembang dengan baik. harga nya lalu relatif murah, yakni pada 2 sampai 3 ribu rupiah perekor anakan. 

Ikan hias guppy yang juga dikenal dengan nama ‘millionfish’ memiliki warna ekor yang berbagai macam. apabila dikumpulkan didalam satu area, gerombolan ikan hias guppy itu layaknya balon berwarna pelangi. indah sekali. terlebih difoto dengan pencahayaan yang baik serta diperbesar, maka guppy dapat terlihat layaknya ikan yang demikian bersinar serta berbinar-binar menebarkan pesona yang tidak dapat hentinya dilihat. 

Ikan hias guppy ikan awalannya kerap dikira sebagi ikan got dikarenakan barangkali asalnya yang dari rawa. ikan ini memanglah memiliki ketahanan tubuh yang hebat hingga disamakan dengan ikan lele yang dulunya dikira sebagai ikan penghuni septik tank hingga ada sebagian orang tidak pingin mengonsumsi ikan lele. tetapi, lihat keindahan yang demikian nyata dari ekor si guppy, terasa si upik abu ini sudah menjelma jadi seorang putri yang cantik jelita. 

Harga nya yang murah bukan hanya dikarenakan ikan ini yaitu type ikan murahan serta tidak ada nilai jual. harga nya murah dikarenakan perawatan serta langkah mengembangbiakannya cukup gampang. oleh oleh karena itu, ikan ini dijual dengan harga yang amat terjangkau. apabila lihat wujud muka ikan hias guppy, keindahan itu memanglah tidak terlihat. nikmati ikan satu ini memanglah mesti memusatkan pandangan ke arah ekornya yang mengembang seperti selendang mayang terbuat dari sutera yang tertiup angin. melambai-lambai bergerak kesana ke mari dengan lincahnya. 

guppy fish

Siapa lalu dapat amat tertegun lihat ikan yang indah ini. matanya yang kecil bulat berbinar-binar juga demikian menggoda. seolah ia berkata pada yang memandangnya supaya terus menatapnya supaya stres serta beban hidup merasa mudah. begitulah di antara perihal yang dapat dikerjakan saat memelihara ikan cantik ini. 

Tanda-tanda ikan hias guppy 

Type ikan hias guppy cukup banyak, umumnya dikelompokkan menurut wujud ekornya. ada type ekor pendek atau short tail, ekor panjang atau sword tail, serta ekor lebar atau wide tail. dari beberapa jenis inilah kemuan dikerjakan pembiakan untuk memperoleh varietas yang semakin bagus serta warna lebih indah. di antara akhirnya yaitu ribbon atau swallow. 

Guppy jantan, lebih gampang dikenali dari wujud tubuhnya yang lebih ramping serta warna yang cerah, namun guppy betina condong lebih gemuk dengan warna yang redup atau kurang cerah. ikan betina yang sudah dibuahi bisa membuahkan sampai 60 ekor anakan. 

Untuk membuahkan hasil yang bagus, pembuahan bisa dikerjakan dengan menyilangkan bebetapa type varietas. contohnya, apabila inginkan benih guppy ekor lebar dengan warna yang menarik, dapat dikerjakan dengan menyilangkan guppy jantan yang memiliki warna spesifik dengan guppy betina ekor lebar. 

Hasil penyilangan itu dapat membuahkan ikan guppy yang memiliki ekor yang lebih beragam. janganlah cemas bahwa hasil penyilangan ini dapat mengakibatkan si guppy gampang mati. si canti guppy ini nyatanya memiliki daya tahan hidup yang cukup hebat. henis ikan layaknya inilah yang dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah. tahan banting, cantik, gampang dipelihara, gampang dikembangbiakan, gampang disilangkan, serta murah harga nya. 

Apabila pingin berikan pengalaman memiliki akuarium pada anak-anak, memelihara si guppy cantik dapat jadi pilihan. cukup bermodalkan area beling atau yang terbuat dari kaca layaknya bekas toples selai atau gelas biasa. masukan si cantik guppy satu ekor. biarlah anak memelihara si ikan cantik dengan acara memberinya makan serta bersihkan area dan ganti airnya. 

Tanggung jawab ini tentu tidaklah berat untuk seorang anak. dari pengalaman ini, anak dapat studi banyak. pertama, anak studi bagaimana tahu type ikan serta bagaimana memilih ikan guppy yang baik. setelah itu, anak studi memperlakukan mahluk lain dengan baik. perlakuan yang baik pada mahluk lain ini dapat menumbuhkan rasa cinta pada sesama mahluk ciptaan tuhan. anak juga studi berikan perhatian pada mahluk lain hingga ia akan sensitif pada lingkungannya. ia tidak jadi hidup sendirian didunia ini. ada mahluk lain yang perlu dikasihi serta disayangi dan diberi perhatian. 

Bila lalu si cantik ini mati dikarenakan satu serta lain perihal, anak juga dapat studi arti kehilangan. bahwa didunia ini ada pertemuan, ada juga perpisahan. anak studi memproses perasaan serta emosinya. hingga saat satu waktu ia kehilangan suatu hal yang semakin besar, anak tak lagi terlampau kecewa serta tahu bagaimana mengelola perasaannya. ajaklah sang anak menguburkan ikan peliharaannya. terangkanlah bahwa si ikan juga memiliki nyawa serta nayawa itu mesti dihargai dengan langkah menguburkannya dengan baik. 

Perihal tersebut tidaklah tampak terlalu berlebih. seluruh itu yaitu sistem studi serta bagaimana menghormati kehidupan yang lain. disamping itu, anak juga studi fotografi dengan langkah mengambil gambar si ikan hias guppy dari semua arah. anak juga dapat bikin bingkai atau gambar si cantik guppy dapat jadi kartu ucapan selamat lagi th. atau kartu ucapan yang lain. kreativitas anak mulai dikembangkan dengan cuma bereksperimen berbarengan si guppy. 

Pmeliharaan ikan hias guppy 

Pemeliharan serta perawatan ikan hias guppy relatif gampang. dikarenakan kemudahan tersebut, maka anak-anak lalu dapat dilibatkan saat memelihara si cantik satu ini. tersebut sebagian panduan perawatan ikan guppy yang bisa dikerjakan. 

Pertama, air didalam akuarium baiknya diganti 2 atau 3 minggu sekali atau bergantung kekeruhan air. jaga situasi suhu didalam air stabil pada 15 – 27 derajat celcius. kebersihan air ini tak hanya baik untuk si guppy, juga baik untuk mata memandang si cantik. pikirkan bila air akuarium keruh, bagaimana akan nikmati kecantikan ekor si guppy. lantas tingkat kekeruhan dapat merubah penglihatan mata memandang kecantikan serta akan mengganggu perkembanagn ikan. 

Ke-2, akuarium baiknya cukup oksigen. baiknya siapkan air pump atau alat untuk menyemburkan gelembung air supaya oksigen didalam akuarium terjaga. karenanya ada oksigen yang baik, si cantik guppy dapat makin kerap menari. saat si cantik menari, waktu tersebut dapat tampak begitu indahnya ekor ikan kecil satu ini. waktu ia menari atau berenang itu juga yaitu waktu yang sangat pas mengabadikan keindahan si ikan. 

Ketiga, untuk makanan, baiknya diberikan 2 x 1 hari serta janganlah terus-terusan. makanan dapat dari type makanan alami layaknya jentik-jentik, cacing maupun lumut. tetapi potong atau wujud makanan itu jadi kecil-kecil supaya dapat masuk ke mulut guppy yang kecil. bila tidak akan repot, makanan juga dapat dibeli di toko ikan hias. 

Jumlah makanan sesuai dengan jumlah ikan didalam satu wadah. bila terus-terusan atau terlampau banyak berikan makan, air akuarium dapat cepat kotor serta keruh. namun bila terlampau sedikit, si guppy dapat kelaparan. yang sednag-sedang saja. umumnya sang pemilik ikan dapat memperkirakan berapakah jumlah makanan yang cocok untuk ikan-ikannya. perihal ini umumnya menurut pengalaman. 

Keempat, untuk lakukan pemijahan, cukup tampung didalam area terpisah pada indukan jantan dengan indukan betina yang siap kawin. cirinya tampak ada bercak noda hitam di bagian perut belakang guppy betina. untuk memperoleh hasil varietas yang bagus, tentukan indukan yang bagus juga, baik warna ataupun wujud ekornya. pemijahan dapat berjalan 3 bln. dengan 1 bulan sekali kelahiran. 

Bila telah cukup mahir didalam perihal pemijahan ini, awalilah berpikir untuk jual ikan hias guppy pada anak-anak sekolah dasar. mereka tentu dapat suka sekali beli ikan hias indah yang harga nya amat murah. cukup masukan ke didalam plastik serta mintalah seseorang yang diakui untuk memperdagangkannya. lantas, si cantik ikan hias guppy ini bukan sekedar berikan ketenangan batin waktu memandangnya tetapi akan berikan keuntungan


Previous
Next Post »
Thanks for your comment