Ikan Toman - Snakehead

Snakehead

Ikan Toman | Aquarium Hias - yaitu nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Mempunyai wujud badan yang serupa dengan ikan gabus, toman bisa tumbuh besar meraih panjang kian lebih satu mtr. serta jadi spesies yang paling besar dalam sukunya.

Ikan toman dalam bhs Inggris di kenal untuk red snakehead, redline snakehead mengacu pada warna badannya saat muda, atau Malabar snakehead. Nama snakehead merujuk pada wujud kepalanya yang mirip kepala ular. Sesaat nama ilmiahnya yaitu Channa micropeltes, Kalau di Indonesia,orang awam lebih mengenal dengan nama ikan gabus.

Ikan yang berkepala besar serta bermulut besar dan bergigi runcing tajam. Badan bulat panjang seperti torpedo dengan ekor agak membulat. Ikan dewasa berwarna hitam kebiruan, memiliki perut putih atau keputihan. Kebanyakan anaknya berwarna agak kemerahan, dengan garis hitam serta jingga di segi badannya. Ikan toman dewasa bisa tumbuh hingga mendekati 1, 5 m panjangnya.

Rutinitas serta penyebaran

Toman tergolong pada ikan buas, yaitu predator yang memangsa bermacam type ikan yang lain, dan hewan-hewan lain seperti serangga serta kodok yang ada di lingkungannya.
Ikan ini mempunyai rutinitas ‘mengasuh’ anak-anaknya. Induk ikan kerapkali dijumpai berenang di seputar grup anak-anak toman yang tetap kecil-kecil. Dilaporkan juga bahwasanya induk sejenis ini dapat tak segan-segan menyerang orang yang berenang terlampau dekat, yang di kuatirkan bakal mengganggu anak-anaknya.
Snakehead

Ikan toman menyebar luas di Indonesia sisi barat (Jawa, Sumatra,Kalimantan serta pulau-pulau sekitarnya), Laos, Malaysia, Thailand, India, Vietnam serta barangkali juga Myanmar. Keberadaannya di India barat daya (Tamilnadu serta Kerala) jadi janggal, lantaran terpisah seputar 2500 km dari lokasi sebarannya yang lain di Asia Tenggara. Ikan ini diprediksikan dibawa masuk ke India oleh peradaban manusia sebelum saat era ke-19.

Ikan toman adalah satu diantara type ikan air tawar yang disukai. Dagingnya yang putih lembut jadikan toman untuk satu diantara favorite untuk ikan bakar, digulai atau dimasak sup. Toman juga sering diasinkan serta di jual ke Jawa untuk ‘ikan gabus’ asin.

Di Singapura, toman dipelihara di kolam-kolam serta saluran untuk rekreasi memancing. Ikan ini disenangi pemancing lantaran ‘tarikannya’ yang kuat saat menyambar umpan di ujung kail. Ikan toman yang muda berwarna indah serta disenangi untuk ikan akuarium. Karena itu, ikan ini sering diekspor untuk ikan hias ke mancanegara, terhitung ke Amerika Serikat.

Terakhir ikan-ikan ini menyebabkan persoalan disana. Th. 2002 serta 2003 ditemukan empat ekor toman di perairan di Maryland serta Wisconsin. Disangka, ikan-ikan ini lepas atau dilepaskan dari akuarium. Kehadiran ikan-ikan ini sudah menggelisahkan pihak yang berwenang di negara itu lantaran di kuatirkan bakal berbiak, menginvasi serta mengganggu keseimbangan komune alami di perairan setempat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment