Orinoco Peacock Bass (Cichla Orinocensis)


Orinoco Peacock Bass

Orinoco Peacock Bass (Cichla Orinocensis) | Aquarium Hias - Adalah ikan family Cichlid yang menyebar dimulai dari bantaran sungai Amazon, Rio Negro, Rio Orinoco serta Rio branco. Sungai-sungai itu ada di Venezuela, Columbia serta Brazil. Dalam bhs lokal ikan ini kerap di kenal dengan nama Borboleto, Taua serta Pavon. Borboleto sendiri dalam bhs Portugis bermakna “Kupu-kupu”, hal semacam ini banyak membingungkan orang pada spesies ikan ini dengan Butterfly Peacock Bass (Cichla Ocellaris). UICN tak sempat lakukan investigasi pada seluruhnya spesies peacock bass, oleh karenanya ikan ini tak ada dalam daftar merah serta hingga saat ini tak ada laporan yang menyampaikan bahwasanya ikan dalam keadaan terancam.
Orinoco Peacock Bass

Orinoco peacock bass terhitung satu diantara dari lima belas spesies peacock bass yang sudah ditemukan. Seperti ikan peacock bass yang lain, ikan ini memiliki range warna badan dari kuning keemasan hingga hijau keemasan yang menyebar di semua sisi badan. Diluar itu, sisi bawah badan (perut) berwarna kemerahan serta sisi atas badan (punggung) berwarna kebiruan. Ciri khas dari Orinoco peacock bass adalah ada tiga pola yang benar-benar terang yang tersusun vertical di ke-2 segi badannya. Pola berupa cincin dengan sisi dalam berwarna hitam mencolok serta berwarna keperakan di bagian garis tepinya. Kadang-kadang dalam pola itu ada pola-pola cincin keemasan yang lebih kecil. Di bagian kepala (pipi) tak ada marking gelap seperti yang ada pada sepupunya Cichla temansis. Orinoco peacock bass menyesuaikan dengan lingkungan berarus cepat dengan meningkatkan badan yang licin dan sirip dada serta anal yang benar-benar kuat. Ikan yang memiliki persamaan kata nama latin Cichla argus ini adalah ikan yang populer untuk beberapa pemancing, lantaran ikan ini memiliki kemampuan yang cukup besar waktu menangkap umpan. Ikan dewasa bisa memiliki panjang badan seputar 60 cm. Rekor ikan yang sempat di bisa memiliki berat badan 6, 22 Kg serta berlangsung di Venezuela. Belakangan ini, Orinoco peacock bass juga mulai popular untuk ikan aquarium lantaran keindahan warna badannya. Saat hidup ikan ini bervariatif yaitu seputar 8-12 th..

Orinoco peacock bass ditemukan hidup pada beragam keadaan di habitat aslinya, mereka condong menempati perairan yang dangkal serta berarus tengah. Tetapi bila lihat keadaan habitat aslinya, ikan ini dapat punya kebiasaan dengan perairan berarus cepat. Lokasi yang umum disenangi ikan ini yaitu di seputar garis pantai, kolam atau bendungan serta danau di tepi laut. Satu hal yang menarik adalah ikan ini umumnya ada apabila di perairan itu ditemukan Cichla Temansis.

Orinoco Peacock Bass

Untuk perawatan di aquarium, satu orinoco peacock bass kecil saja memerlukan tangki yang cukup besar. Satu ikan dewasa sekurang-kurangnya memerlukan tangki dengan ukuran 8’x3’x3’. Tangki yang lebih kecil bakal bikin ikan kekurangan area untuk bergerak serta mengakibatkan ikan tak bertahan lama. Lantaran ikan memerlukan banyak area, maka set up yang bagus hanya dengan menempatkan sedikit ornament. Satu batang kayu besar atau tanaman air yang rindang direferensikan untuk ornament tangki. Ikan ini memerlukan air berkwalitas baik yaitu dengan sedikit polutan serta kaya bakal kandungan oksigen. System filtrasi baik dengan cara mekanis, kimiawi serta biologi sebaiknya kuat hingga membuat arus air yang cukup untuk bikin ikan tambah nyaman. Diluar itu, filtrasi yang kuat juga mempunyai tujuan untuk bersihkan bekas makanan serta kotoran yang ada pada tangki. Setting air pada tangki dengan suhu 27-290C, pH 5, 5-6, 5 serta kesadahan 5-150H.

Orinoco peacock bass memiliki ciri-ciri yang agresif serta teritorial. Oleh karenanya, benar-benar tambah baik bila ikan ini dipelihara sendiri dalam tangki. Bila ikan ini dipelihara dengan ikan lain maka ukuran tankmate yaitu hal yang utama untuk di perhatikan. Tankmate sebaiknya ikan besar seperti cichlid, catfish, stingray serta arowana. Tankmate yang memiliki ukuran lebih kecil bakal dimakan lantaran bakal dikira untuk makanan. Orinoco peacock bass dapat pula digabung dengan type peacock bass lain baik yang satu spesies ataupun lain spesies.

Orinoco peacock bass berbentuk karnivora (predator), di alam bebas dia bakal mengonsumsi beragam makanan yang ada di ekosistem mereka. Makanannya condong binatang hidup seperti ikan kecil, cacing, crustacea, serangga, kerang (remis) serta amfibi. Untuk pemeliharaan didalam aquarium, penyediaan makanan mesti dikondisikan seperti di alam bebas yaitu berbentuk makanan hidup. Penyediaan makanan hidup sebaiknya hati-hati mengingat makanan hidup lebih condong gampang membawa bibit penyakit. Tak hanya makanan hidup, sebagian makanan komersial juga pas untuk ikan ini seperti pellet, bloodworm, makanan beku serta yang lain. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment