Ikan mas koki

mas koki


Ikan mas koki (aquariumhias) -Ikan hias air tawar yang poluler di dalam masyarakat. sebagai hobi maupun sebagai sesuatu usaha keduanya butuh dikerjakan dengan serius serta perawatan yang baik. sebagai ikan yang terhitung didalam kelompok ikan hias, untuk membuahkan ikan mas koki berkualitas baik mesti dipelihara didalam lingkungan yang baik serta makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk ikan. Nutrisi makanan yang baik dapat beri dukungan warna, kesehatan serta kualitas anakan yang baik. dengan perawatan yang baik serta serius sebagian penghobi dapat mendulang “emas” dari usaha ikan mas koki.

Menjaga larva ikan mas koki

Menjaga ikan mas koki sejak menetas sampai dewasa merupakan sistem yang membutuhkan kehati-hatian serta ketelatenan. tak hanya factor lingkungan air yang baik ada banyak hal yang butuh di perhatikan.

Pada waktu awal ikan mas koki menetas, ia tetap mempunyai cadangan makanan yang awal mulanya dari telur ikan. sampai 2-3 hari cadangan makanan ini tetap cukup untuk mensuplai keperluan anakan ikan mas koki, hingga tak perlu diberi makan. Sesudah itu pada hari ketiga atau keempat mulai diberikan makanan berbentuk kutu air yang disaring. tak hanya kutu air dapat juga diberikan makanan berbentuk kuning telur rebus. Lebih kurang umur 1 minggu sampai 10 hari anakan ikan mas koki diberi makan kutu air serta cacing sutra, sesudah umur dua minggu anakan ikan mas koki diberi makan dengan cacing sutra saja. Pada umur ini yang ika mas koki amat rawan pada air hujan, maka alangkah sebaiknya untuk hindari dari hujan yang deras.
mas koki 
Panen ikan mas koki dapat dikerjakan mulai umur 22 hari atau 1bulan bergantung hasrat kita. pada umur lebih kurang 22 hari harga ikan mas koki sudah meraih 150 sampai 200 rupiah. panen pada umur ini bila kita pingin memasarkannya sebagai bibit ikan mas koki.

Membesarkan ikan mas koki

Sesudah umur 1bulan ikan mas koki butuh dipindahkan didalam kolam yang semakin besar, atau dengan kolam yang berukuran sama namun kepadatannya dikurangi. bila tempat sangat mungkin dapat dikerjakan pembesaran pada kolam lumpur atau sawah. Pembesaran di sawah dengan sinar matahari yang cukup dapat mempercepat perkembangan ikan mas koki. makanan yang didapatkan dapat makanan alami atau makanan pelet. pada sistem pembesaran dibutuhkan waktu 4 sampai 6 minggu, sampai ikan mas koki berukuran sebesar jari jempol orang dewasa. pada ukuran ini harga ikan mas koki telah meraih 2 sampai 5 ribu rupiah.

Ikan mas koki meraih umur dewasa sesudah berusia 4 bln. Pada umur ini ikan mas koki dapat dijual ke penghobi atau peternak lain. Bila pingin jadikan indukan ikan mas koki mesti dipelihara lagi sampai umur 8 bln.. pada umur 8 bln. ikan koki telah siap untuk jadikan indukan. umumnya mulai 4 bln. calon indukan jantan serta betina dipelihara dengan terpisah.

Memijahkan ikan mas koki

Untuk membuahkan anakan ikan mas koki yang baik dibutuhkan penentuan indukan ikan mas koki yang baik juga. indukan paing tidak telah berumur 8 bln. Serta telah masak gonad. Indukan yang dipilih yaitu ikan mas koki yang mempunyai kepala kecil dengan tubuh bulat, sisik utuh serta tersusun rapi. bila ikan tengah bergerak, ekor serta sirip dapat terlihat tegak.

Perbedaan jantan serta betina induk jantan induk betina pada sirip dada ada bintik-bintik bulat menonjol serta bila diraba merasa kasar. pada sirip dada ada bintik-bintik serta merasa halus bila diraba. Induk yang sudah masak bila diurut pelan kerarah lubang genital dapat keluar cairan berwarna putih bila diurut, keluar cairan kuning bening. pada induk yang sudah masak, perut merasa lembek serta lubang genital kemerah-merahan.

Pemijahan ikan mas koki dapat dikerjakan di akuarium, kolam semen atau bak fiber. pertama kali kolam pemijahan berisi air serta diendapkan lebih kurang sepanjang 24 jam. masukkan media untuk bertelur berbentuk tanaman enceng gondok. Setelah itu masukkan indukan ikan mas koki yang telah dipilih pada sore hari. sistem pemijahan ikan mas koki dapat berjalan saat malam hari. saat pagi hari tengok pada akar tanaman enceng gondokm serta cermati pergantian perut ikan mas koki betina. Bila pada enceng gondok telah ada telur maka segera angkat indukan ikan mas koki untuk dipindahkan ke kolam/akuarium lain. tunggulah 2-3 hari untuk telur ikan mas koki menetas dengan sendirinya. sesudah menetas kerjakan pemeliharaan layaknya langkah diatas.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment