Ikan arwana

arwana

Ikan arwana atau arwana asia ( scleropages formosus ) yaitu di antara ikan sangat favorit didunia. dengan ketahanan fisik yang kuat, harga yang mahal serta penggemar yang tersebar dimana-mana, jadikan arwana jadi ikan legenda.

Arwana terhitung famili ikan karuhun, yakni osteoglasidae atau famili ikan bony-tongue ( lidah bertulang ), dikarenakan sisi basic mulutnya berbentuk tulang yang berperan sebagai gigi.

Arwana memiki beragam julukan, layaknya : ikan naga ( dragon fish ), barramundi, saratoga, platapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese, aruwana, atau arowana, bergantung dari tempatnya.

Ikan arwana juga tidak luput dari komoditi bisnis. banyak penggemar arwana yang berinvestasi dengan langkah beli arwana saat tetap kecil serta menjualnya saat telah besar dengan keuntungan sampai 10x lipat cuma kurun waktu 1 th..

Terlebih pada prinsipnya arwana yaitu ikan yang kuat. ia tidak mempunyai problem bila tidak diberi makan sepanjang minggu. apalagi barangkali ikan ini dapat kuat puasa sampai 2 minggu.

Berikut tips pemeliharaan ikan arwana :


1. Bila anda beli arwana di mana area pembelian jauh dari tokonya, maka janganlah segera memasukkan Arwana segera pada akuarium. taruh arwana berbarengan plastiknya ( plastik janganlah di buka dulu ) pada aquarium anda. ini untuk mengadaptasikan arwana sesudah perjalanan jauh.

2. Saat membuka bungkus plastik ikan arwana, 
Janganlah memaksanya keluar dari plastik. namun biarlah ia keluar dengan sendirinya dari plastik. baru bila ikan telah keluar, anda bisa mengambil plastik tersebut. perihal ini supaya arwana dapat beradaptasi dengan sendirinya dengan lingkungan barunya.

3. Janganlah berikan batu atau karang didalam aquarium. 
Karena, karang bisa bikin sisik ikan arwana jadi luka tergores. namun batu bisa bikin arwana kesusahan saat anda berikan makan ikan kecil. ikan kecil bisa lari serta bersembunyi di bawah batu-batu tersebut.

4. Beri variasi makanan.
Menu utama ikan arwana didalam akuarium yaitu kelabang. namun, janganlah terus- menerus diberi kelabang, baiknya divariasi déngan makanan lain. perumpamaannya : udang, kecoa, katak, lipan, kadal, ataupun jangkrik. jangkrik untuk berikan gizi pada arwana.
Bila arwana tetap kecil, maka ambillah kaki jangkrik agar tidak melukai. kelabang bisa berikan kecerahan warna merah. serta udang juga direkomendasikan dikarenakan berikan protein untuk arwana.

5. Cermati peralatan akuarium
Sukses tidaknya akuarium jadi area yang nyaman untuk ikan arwana, sungguh di pengaruhi oleh kelengkapan fasilitas pendukungnya. bila anda terlanjur menyukai arwana didalam akuarium, cukuplah rajin lakukan perawatan. hingga, tampilan arwana didalam akuarium terlihat sehat, fresh, serta menyenangkan.

Pengontrolan serta perubahan air
Tiap-tiap hari harus mengontrol suhu serta ph air. adapun suhu air ideal untuk ikan arwana lebih kurang 25-27 derajat celcius. bila suhu air dingin, segera nyalakan heater sampai suhu air sesuai keperluan. namun Ph yang dikehendaki lebih kurang 6-8, 5.
Apabila Ph terlampau rendah, maka imbuhkan kapur ke didalam akuarium. disamping itu, sanitasi air butuh di perhatikan juga, silahkan menyembuhkan air akuarium déngan malachite green, déngan frekuensi 3 minggu sekali. air akuarium juga butuh diganti, dengan langkah :
  • Perubahan air dengan reguler tiap-tiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari seluruh volume air akuarium,
  • Keseluruhan perubahan air dikerjakan tiap-tiap 3 bln. sekali. bila anda memakai air pam, baiknya dilewatkan 24 jam terlebih dulu supaya kandungan khlor mengendap, serta sesudah itu dapat dimasukkan ke didalam akuarium.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment