Jenis ikan cupang

Jenis ikan cupang (aquariumhias) -Yaitu ikan air tawar yang habitat asalnya yaitu sebagian negara di asia tenggara, diantaranya indonesia, thailand, malaysia, serta vietnam. ikan ini memiliki bentuk serta cii-ciri yang unik serta condong agresif saat mempertahankan wilayahnya. di kelompok umur pengagum, ikan cupang biasanya terbagi atas tiga golongan, yakni cupang hias, cupang aduan, serta cupang liar.

Ikan cupang yaitu di antara ikan yang kuat bertahan hidup kurun waktu lama hingga jika ikan tersebut diletakkan di wadah dengan volume air sedikit serta tanpa ada alat sirkulasi hawa ( aerator ), ikan ini tetap bisa bertahan hidup.
Ikan cupang hias

ikan cupang 
Cupang hias, type nya macam- jenis sesuai dengan bentuk-nya. ini yaitu cupang hias type serit. cirinya sirip bergerigi serta menjuntai panjang serupa sisir. cupang ini datang dari perairan indonesia. harga nya dapat meraih ratusan ribu rupiah, apabila kualitasnya ekspor. serta yang serupa burung merak ini, yaitu halfmoon, atau 1/2 bln.. sirip nya dapat mengembang hingga 1/2 lingkaran.

Crown tail
ikan cupang
Type ini mempunyai ciri husus berbentuk jeruji di ekornya. type cupang ini tetap terbagi jadi 4 sisi yakni serit berjeruji , serit 2 berjeruji 2, serit 3 berjeruji 3, serta serit 4 berjeruji 4.

Plakat

ikan cupang 
Plakat memiliki bentuk nyaris sama juga dengan jenis petarung. tetapi apabila amarahnya terusik, jenis plakat ini dapat mengembangkan siripnya sampai tegak melebihi 180 derajat. inilah yang membedakan dengan cupang petarung. type ini mempunyai ciri layaknya type bagan. tetapi corak warna nya yang membedakan. umumnya lebih indah serta bentuk ekornya tidak sehalus jenis bagan.
Double tail( ekor 2 )
Maksudnya type ikan cupang ini mempunyai ekor yang bercabang jadi 2 sisi.

ikan cupang

Halfmoon

ikan cupang 
Cupang type ini mempunyai ciri spesial yakni ekornya yang lebar layaknya kipas serta kibatannya meraih 180 derajat. sampai layaknya busur.
Cupang ini yang mendatangkan banyak rejeki. baik warna, sirip serta ekornya amat memikat. half moon yaitu cupang asal thailand. kurun waktu sepuluh th. ke belakang ikan ini merambah pasaran indonesia. harga nya dapat meraih jutaan rupiah. umumnya ikan type kerap jadi arena kontes.

Giant ( cupang raksasa )

ikan cupang
Cupang type ini merupakan hasil perkawinan silang pada cupang biasa dengan cupang alam, cupang type ini ukurannya dapat meraih 12 cm

Ikan cupang aduan

ikan cupang
Cupang aduan banyak varietasnya, style tarungnya lalu berbeda2, ada yg jenis fighter, dancer, slugher, dsb, bergantung anda senang jenis yg mana, setiap style tarung punya kelemahan tersendiri ( anda mesti pintar2 membaca/prediksi style tarung lawan ), rata2 type cupang adu berekor pendek, menurut pglmn saya, cupang adu tanpa dasi memiliki kelebihan nafas lebih panjang dari type lain, tak hanya sisiknya lebih tidak tipis, jika tidak salah cupang type ini banyak ada di sungai  Vietnam

Ikan cupang liar
ikan cupang
Ikan cupang pada prinsipnya yaitu ikan liar yang hidup di rawa-rawa apalagi di persawahan, dikarenakan keindahannya serta bisa di adu maka saat ini beberapa orang yang membudidayakannya. serta saat ini telah banyak persilangan dari beragam jenis cupang serta membuahkan type cupang baru.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment