Home » » Budidaya ikan pada kolam beton

Budidaya ikan pada kolam beton

Written By Harri Akbar on Senin, 06 Mei 2013 | 01.25


kolam ikan

Budidaya ikan pada kolam beton (aquariumhias) -Wadah budidaya ikan yang lain yaitu bak tembok atau bak beton, bak yang dapat dipakai untuk budidaya ikan mesti dikerjakan persiapan wadah sebelum saat dipergunakan untuk lakukan aktivitas budidaya. persiapan wadah bak budidaya ikan mempunyai tujuan untuk mengkondisikan wadah supaya bisa dipakai dengan efesien serta mencukupi kriteria lingkungan yang maksimal, hingga ikan bisa hidup dengan laju perkembangan yang optimum. persiapan bak budidaya ikan meliputi :

1. Sanitasi wadah bak budidaya ikan

Wadah yang dapat dipakai untuk budidaya ikan ( bak ) sebelum saat dipakai dibersihkan dari kotoran yang melekat, supaya tidak ada sisa-sisa kotoran yang bisa mengakibatkan pembawa penyakit.

Bahan yang dipakai untuk bersihkan wadah bak budidaya ikan serta merupakan desinfektan diantaranya lain yaitu chlorin 200 ppm, malachite green 100 ppm, formalin 25 ppm serta alkohol 70%. wadah yang dapat dipergunakan sesudah disikat, dibersihkan serta diberi desinfektan lantas dibersihkan kembali serta wadah tersebut dilewatkan kering hawa supaya bahan beracun tersebut sudah hilang menguap. sesudah dikerjakan sanitasi berisi air untuk memeriksa kebocoran bak.


2. Perbaikan wadah bak budidaya ikan

Sebelum saat wadah dipakai dikerjakan kontrol apakah bak tersebut siap untuk dipakai untuk budidaya ikan. kontrol mempunyai tujuan untuk tahu apakah bak budidaya ikan yang dapat dipakai alami rusaknya baik dikarenakan kebocoran basic serta dinding bak ataupun dikarenakan ada kebocoran pada pipa pengeluaran serta pemasukan. oleh dikarenakan itu rusaknya tersebut mesti diperbaiki dahulu sebelum saat dipakai.
kolam ikan

Bahan untuk melakukan perbaikan kebocoran bak bisa berbentuk resin serat kaca untuk bak yang terbuat dari serat fiber, semen atau lem spesial untuk beton untuk bak yang terbuat dari beton, apabila bak budidaya ikan yang dapat dipakai terbuat dari plastik maka bisa dipakai selotip tahan air untuk menutupi kebocoran wadah budidaya. sesudah rusaknya diperbaiki maka bak mesti dilewatkan sekian hari supaya bahan tersebut sudah kering serta tidak membahayakan ikan yang dapat dibudidayakan.

3. Perbaikan instalasi hawa bak budidaya ikan

Pada wadah budidaya ikan yang memakai bak umumnya memakai alat bantu untuk menambah kelarutan oksigen di dalam wadah budidaya gunakan aerator maupun blower. oleh dikarenakan itu mesti dikerjakan kontrol pada peralatan tersebut. instalasi perawatab bak budidaya ikan hawa terdiri dari pompa hawa, penyaring hawa, pipa penyalur, batu aerasi serta alat pengatur banyaknya aliran hawa ( kran ).
Peralatan ini kerap alami kebocoran pada pipa serta penyumbatan pada batu aerasi. ubah atau perbaiki peralatan yang rusak serta tidak berperan lagi. pompa hawa merupakan alat yang sangat penting pada sistem budidaya ikan di bak dikarenakan banyaknya pengudaraan pada air media bergantung dari kemampuan pompa yang ada. oleh dikarenakan itu pompa yang yang sudah lemah mesti segera diperbaiki, dikarenakan bisa menyebabkan fatal untuk ikan apabila terhentinya aliran hawa kurun waktu lama.

4. Perbaikan instalasi air bak budidaya ikan

Pada budidaya ikan memakai wadah bak umumnya tidak memiliki pipa pemasukan air layaknya dikolam, pada bak pintu pemasukkan air merupakan kran air yang dimasukkan kedalam bak budidaya ikan. sumber air yang dipakai bisa datang dari mata air atau dari sumur yang dipompakan ke bak-bak melewati pipa pengaturan.

Kebocoran kerap berlangsung pada pipa penyaluran serta kran pengatur aliran. air mesti terus ada dikarenakan untuk kepentingan perubahan air pada media pemeliharaan ikan pada bak budidaya. namun pintu pengeluarannya berbentuk pipa yang terbuat dari pipa pvc didalam bentuk l atau lurus. pintu pengeluaran air ini mesti di check apakah berlangsung penyumbatan pada saluran pembuangannya.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Aquariumhias |
Copyright © 2013. Informasi Dunia Air - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Aquariumhias
Proudly powered by Blogger