Ikan hias air laut dalam aquarium

aquarium air laut

Ikan hias air laut dalam aquarium (aquariumhias) -Memelihara ikan hias air laut sesungguhnya cukup gampang. Cuma diperlukan sedikit pengetahuan serta sistem sirkulasinya,untuk dapat betul-betul nikmati dunia bawah laut yang indah serta penuh warna-warni ini.Artikel ini hanya sebagian panduan sederhana agar akuarium laut anda dapat terus indah untuk periode waktu yang lama.
ikan hias air laut

1. Memasukan ikan ke Aquarium
Janganlah terburu buru memasukkan ikan hias ke dalam aquarium yang baru di setup.Supaya situasi aquarium mendekati aslinya maka mesti tercipta ”siklus nitrogen”. Air aquarium yang bersirkulasi dapat menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung kehidupan laut ( aerob serta anaerob ). Bakteri ini baru nampak lebih kurang 4 minggu.
Panduan : untuk awal anda dapat memasukkan sebagian ikan green/blue chromis (betok hijau) yang lumayan kuat dalam kualitas air yang belum baik. janganlah pakai betok lain (biru atau biru ekor kuning) dikarenakan ikan ini agresif.

2. Ikan dibatasi sedikit saja.
Ikan terlampau banyak bikin ikan gampang stress serta mati. pemberian makanan lalu mesti banyak serta kotoran cepat menumpuk. kualitas air dapat cepat turun, serta ikan laut lalu gampang mati. Ikan yang banyak, cuma untuk akuarium yang canggih serta akuaris yang memiliki pengalaman.
Panduan : tentukan saja sebagian ikan yang sangat cantik yang sangat anda sukai.

3. Ikan baru harus ”diaklimatisasi”.
Ikan yang baru dibeli dalam kantung plastik mesti sesuai dulu suhunya dengan suhu aquarium. Ambangkan ikan dalam plastiknya di aquarium 20 menit. sesudah itu buka plastiknya, masukkan sedikit air akurium ke plastik ikan baru, diamkan 10 menit. Sesudah itu, ikan bisa dimasukkan ke akuarium. matikan dulu lampunya supaya tidak stress.

4. Berikanlah makan cukup kali 1 hari saja. 
Untuk ikan laut, tambah baik kurang dari pada lebih. barangkali telah cukup. makanan yang berlebih dapat turunkan kualitas air laut.

5. Karang hidup
Inilah senjata utama beberapa aquaris memiliki pengalaman dunia. pakai “karang hidup” sebanyak-banyaknya untuk melindungi kualitas air dengan alami. karang hidup yaitu karang yang masih banyak bagiannya berwarna ungu. pakai minimal 1/3 dari volume akuariumnya. harga nya hanya Rp 30.000-an per batu. 

6.Tumbuhan, juga amat bagus untuk melindungi kualitas air.
Utamanya rumput asam (caulerpa sertularioides), rumput jarum (chaetomorpha) atau anggur hijau. Tumbuh-tumbuhan ini dapat kurangi kandungan nitrat dengan penting serta bikin air lebih menyenangkan bagi ikan.

7. Mengganti air
Gantilah airnya 20 persen setiap 2 minggu sekali.Separuh, 1 bln sekali. Air laut harga nya tidak mahal, cuma Rp 5. 000 per galon. Sempatkan waktu 1-2 jam per 2 minggu untuk menjaga aquarium anda.

8. Teliti ph serta kandungan garamnya.
Bila ph-nya rendah, pakai obat kalkwasser ( banyak dijual ).Mengecek ph gampang sekali, cuma masukkan air aquariumnya sedikit ke alat tesnya, lantas ditetesi cairan pengukurnya. lantas bandingkan warna airnya dengan kertas ukuran ph berwarnanya. harga nya alat test ph-nya lumayan mahal, ( Rp 100. 000 – 120.000), namun cuma digunakan sekali-sekali saja.
mengecek kandungan garam pakai hydrometer. harga nya hanya Rp 35.000. Kandungan garam yang normal ada penunjukknya di alatnya.

9. Aquarium laut harus mempunyai protein skimmer. 
Ini yaitu alat yang sangat penting saat menjaga kualitas air laut. harga nya lebih kurang Rp 350.000-an. Seluruh aquarium laut, baik di toko ikan hias (sumenep) ataupun di seaworld seluruh memakai protein skimmer.

10. Beli udang Pelet.
Masukan udang pelet 5 ekor ( lysmata amboinensis ). Udang pelet amat berguna dikarenakan suka mengonsumsi bakteri whitespot ( bintik putih ) yang terkadang nampak pada ikan.

11. Pelihara ikan jabing ekor kecil
Salah satu problem sangat merepotkan saat memelihara aquarium laut yaitu pasir yang umumnya dapat ditumbuhi lumut coklat. ini bikin aquarium tampak kotor, serta umumnya pembersihannya sedikit susah. Jalan keluarnya sederhana. Ikan jabing (lawnmower blenny) dapat bersihkan basic pasir dari lumut kecoklatan dikarenakan dia suka mengonsumsi lumut itu. Ikan ini saat ini popular di kelompok umur hobiis dikarenakan tingkahnya yang unik serta menarik. pilih yang kecil, dikarenakan bila besar dapat bikin pasir berantakan. harga nya lebih kurang Rp 25.000 per ekor.

12. suhu  
Suhu paling baik yaitu untuk ikan di bawah 28 derajat celcius, serta coral 25 celcius ( dengan chiller ).


Previous
Next Post »
Thanks for your comment