Mengatasi Air Kolam Koi Berwarna Hijau

Mengatasi Air Kolam Koi Berwarna Hijau

Mengatasi Air Kolam Koi Berwarna Hijau | Aquarium Hias -Air hijau dalam kolam koi yaitu momok untuk pengemar Koi, air yang berwarna hijau bukan sekedar bikin panorama di kolam tak indah juga bikin Koi tak dapat di nikmati keindahannya. Masalah air kolam berwarna hijau atau Green water sangatlah umum berlangsung serta dihadapi beberapa pengagum koi. Air kolam koi yang berwarna hijau dikarenakan oleh ledakan populasi ganggang (algae) didalam kolam atau umum dimaksud Algae Booming. Ganggang adalah fitoplankton yang memiliki ukuran sangatlah kecil dalam orde mikron yang hidup di di air kolam koi. Seperti tumbuhan yang lain ganggang konsumsi Ammonia untuk tumbuh serta berkembang, hingga ganggang bakal tumbuh dengan sangatlah subur bila ada Ammonia yang cukup di di air. Makin tinggi kandungan amonia di kolam koi bakal bikin kolam jadi cepat berwarna hijau. 

Ammonia didalam kolam koi dihasilkan dari kotoran ikan koi, bekas makanan, hewan mati serta tumbuh-tumbuhan mati yang membusuk didalam kolam. Umumnya perkembangan ganggang bakal berjalan dengan cepat ketika suhu didalam kolam mulai bertambah terlebih pada musim panas serta kemarau. Masalah air hijau di kolam koi tak dapat diatasi dengan memakai filter mekanis lantaran ukuran ganggang yang sangatlah kecil yg tidak sangat mungkin disaring. 

Untuk menangani permasalahan air hijau pada kolam koi butuh di cari karena intinya. Terdapat banyak keadaan ideal yang sangat mungkin algae tumbuh serta berkembang dengan baik. Karenanya jalan keluar untuk mengatasinya yaitu kurangi atau menyingkirkan kondisi-kondisi ideal ganggang tumbuh serta berkembang. Keadaan ideal untuk algae tumbuh cepat jumlahnya yaitu :  
  • Suhu air didalam Kolam yang hangat, Algae tumbuh dengan baik di suhu air yang hangat. Pada musim kemarau atau musim panas suhu air didalam kolam condong bertambah hingga sangat mungkin ganggang tumbuh dengan baik. 
  • Cahaya Matahari yang penuh didalam kolam, Seperti perihal tumbuhan lain di, algae membutuhkan cahaya matahari untuk lakukan fotosintesis. Pada kolam outdoor cahaya matahari bakal dengan cara penuh masuk ke kolam hingga Algae bisa tumbuh dengan baik. 
  • Bekas Makanan Koi yang berlebihan, bekas makanan ikan yang berlebihan bakal membusuk serta membuahkan ammonia. Amonia adalah nutrisi yang baik untuk perkembangan ganggang. 
  • Kotoran Koi membuahkan Amonia. Kotorabn Koi yang memiliki kandungan ammonia bakal bikin algae tumbuh dengan subur. 


Bila beberapa atau keseluruhnya prasyarat itu tercukupi, ganggang di kolam koi bakal tumbuh dengan baik serta air bakal jadi berwarna hijau (booming algae). Karenanya Kunci untuk bersihkan air hijau yaitu dengan menyingkirkan atau meminimalisir keadaan ideal untuk perkembangan mereka. 

Untuk mengatur perkembangan Algae di kolam ikan koi bisa dikerjakann dengan cara-cara. Dapat diambil langkah yang pas atau gabungan cara-cara yang paling mungkin saja serta efektif adalah sebagai berikut :

Menaungi Kolam Koi

Kehangatan air serta ketersediaan sinar untuk fotosintesis di pengaruhi oleh cahaya matahari yang masuk ke kolam koi. Menaungi kolam bakal kurangi sinar matahari di kolam. Bila sinar yang masuk menyusut jadi perkembangan ganggang bakal terhalang Menaungi kolam bisa dikerjakan dengan menempatkan atap atau mungkin dengan menanam pohon di seputar kolam. Menanam pohon di seputar kolam dapat bikin kolam kotor oleh daun-daunan yang terjatuh. 

Membuang Kotoran 

Menyingkirkan kotoran baik yang berbentuk fisik ataupun kimia. Pembuangan ini dikerjakan dengan menempatkan system filter kolam koi yang baik serta pas. System Filter fisik menyingkirkan beberapa besar bahan organik yang membusuk di kolam. Filter kolam koi mesti mempunyai kemampuan tak kurang dari 10% dari volume kolam koi, idealnya yaitu 30% Volume kolam. Air yang telah masuk ke filter dikembalikan lagi ke kolam berbentuk yang telah bersih memakai pompa. Pompa ini mesti dapat mengalirkan semua volume air kolam dalam satu jam/satu siklus putaran dalam satu jam. Umpamanya volume kolam yaitu 6000 liter, jadi kekuatan pompa sebaiknya 6000 liter/jam serta volume filter 1800 liter. 

Filter kolam koi umumnya mempunyai sebagian chamber, filter mekanis, filter biologis serta kimia. Material yg tidak dapat di berbagi dengan filter mekanis difilter dengan filter biologi serta kimia. Pada ruangan filter biologis bakteri spesifik merubah amonia jadi nitrit ini, yang setelah itu dikonversi oleh bakteri lain ke nitrat. Nitrat kurang beresiko dari pada ke-2, namun mereka kuat pupuk untuk seluruhnya tanaman didalam kolam, termasuk juga ganggang. 

Menambahkan Tanaman pada Filter

Tanaman bakal konsumsi amonia untuk keberlangsungan hidupnya. Dengan memberi tanaman air pada ruangan filter bakal kurangi makanan untuk algae hingga tidak bisa tumbuh dengan baik. 

Memberikan Water Cleaner

Water Cleaner memakai cara kimia untuk mengatur algae, Water cleaner bakal membunuh algae atau menghalangi seluruhnya type ganggang yang ada pada air. Lantaran water cleaner adalah zat toksin, jadi butuh waspada dalam memakainya. Dalam dosis yang terlalu berlebih akan meracuni ikan koi. 

Menambahkan Carbon Aktif

Karbon aktif bisa menyerap beberapa zat kimia beresiko didalam kolam koi demikian juga dengan Batu zeolite. 

Menambahkan Lampu Ultraviolet

System lampu ultraviolet yang didesain untuk membunuh alga serta bikin mereka menggumpal, setelah itu algae yang telah mati bisa disaring dengan filter mekanis. Lampu UV dengan cara efisien bisa menyingkirkan air hijau di kolam koi kurun waktu singkat. 

Mengganti Sebagian Air secara Periodik

Ganti air dengan cara periodik 10-30% dari volume air kolam bakal menolong kurangi kandungan amonia di air, bila dibutuhkan bisa dikerjakan sehari-hari. Bila tak, Anda dapat dikerjakan pergantian air kolam beberapa tiap-tiap minggu. Janganlah ganti air kolam keseluruhnya, lantaran keadaan air yang telah mature bakal kembali dari 0. Ikan butuh menyesuaikan lagi serta system filter biologis tak bekerja dengan cara prima. 

Beberapa cara itu adalah sebagian alternatif yang dapat diambil supaya bisa kurangi serta menyingkirkan air hijau di kolam. Pada intinya air hijau didalam kolam koi bisa diatasi dengan system filter kolam yang baik serta mumpuni. Karenanya bila kolam koi berwarna hijau check system filternya, mulai dari rancangannya, volumenya, kemampuan pompa dan sebagainya.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment