Mengenal Ikan Dwarf Pufferfish

Mengenal Ikan Dwarf Pufferfish

Mengenal Ikan Dwarf Pufferfish  | Akuarium Hias -Ikan Dwarf Pufferfish biasa dikenal dengan nama ikan buntal atau salah satu spesiesnya adalah ikan hias yang sangatlah lucu dan cantik. Ikan ini banyak menyebar di sungai pamba yaitu suatu sungai di daerah India yang disebut daerah endemik untuk ikan ini. Ikan ini bisa menghuni atau hidup di air tawar serta air payau, Ikan ini kerap di dapatkan dalam kelompok kecil kadang juga sendirian. 

Ikan Dwarf Pufferfish bisa tumbuh serta mencapai ukuran pada 2, 5 hingga 3, 5 cm. Ikan Dwarf Pufferfish mempunyai nama ilmiah yakni Carinotetraodon travancoricus, Ikan ini datang dari keluarga Tetraodontidae (Tetraodontiformes), tetapi ikan ini mempunyai sebagian nama lain salah satunya pygmy pufferfish,malabar pufferfish  dan pea pufferfish. Spesies Ikan Buntel ini adalah type spesies paling kecil dari semua spesies ikan buntel yang ada didunia. 

Mengenal Ikan Dwarf Pufferfish

Dengan mempunyai warna yang biru, ikan ini bakal makin tampak indah. Pada saat hidupnya terasa terancam lantaran ikan ini bisa menggembungkan dianya. Anda mesti terus siaga waktu ikan ini mnggembung, lantaran duri duri nya bakal keluar juga sebagai alat pertahanan diri. terkecuali duri, ikan ini dapat menebarkan zat beracun yang bisa melumpuhkan predatornya. 

Mengenal Ikan Dwarf Pufferfish

Meskipun memiliki ukuran kecil, tetapi ikan ini adalah ikan karnovora, atau pemakan hewan kecil lainnya yang hidup. Dan lantaran ukurannya yang kecil itu, pakan nya juga mesti kecil serta sesuaikan bentuk perutnya. Anda bisa memberi pakan berbentuk  cacing darah, encuk dan siput kecil. Pakan siput kecil ini berperan untuk mengikis gigi giginya yang tumbuh selalu memanjang. 

Mengenal Ikan Dwarf Pufferfish

Untuk keperluan akuarium, anda mesti pintar mendekorasi akuarium anda supaya ikan ini tak terasa bosan. Berikanlah tumbuhan - tumbuhan air serta gua buatan atau tempat tempat persembunyian lantaran basic ikan ini yaitu ikan teritorial. Anda juga mesti  mengkondisikan air, lantaran ikan ini tak mempunyai filter insang, hingga rawan pada penyakit serta pergantian air. Berikanlah air dengan  tingkat keasamaan PH 7, 5-8, 3 dan temperatur 22-28°C. Berikan filtrasi air yang baik, supaya kebersihan serta kejernihan air terus terjaga.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment