Panduan membuat kolam ikan koi

kolam ikan koi

Panduan membuat kolam ikan koi (aquariumhias) -Bikin kolam ikan koi memerlukan tehnik spesial supaya ikan dapat berkemabang dengan sehat terlebih bila harga ikan koinya tergolong mahal. dikarenakan itu artikel ini amat menolong untuk anda yang hobi pemelihara ikan koi ataupun peternak ikan koi.

Sebelum saat menjelaskan beberapa langkah dalam langkah bikin kolam ikan koi, baiknya pehatikan dulu beberapa cara panduan saat membuat kolam ikan koi di bawah ini :

Penentuan lokasi kolam
Dalam tehnik langkah bikin kolam ikan koi amat mentukan terlebih untuk seorang hobies ikan koi yang pingin nikmati keindahan ikannya tiap-tiap hari. oleh dikarenakan itu pastikan penempatan kolam ikan di area yang tidak terlampau rindang serta tidak juga terlampau panas karna bila terlampau rindang tidak baik untuk perubahan warna koi serta kualitas air yang cepat kotor karna daun yang berjatuhan serta apabila tempatnya terlampau terbuka akan mengakibatkan air kolam cepat berlumut.

Baiknya ikan koi minimal 3 jam cahaya matahari dalam 1 hari. disamping itu pastikan posisi kolam yang terbenam di tanah serta janganlah yang di permukaan dikarenakan ikan koi di nikmati dengan lihat dari atas atau sisi punggungnya tidak dari samping.

Ukuran kolam

Baiknya sesuai pada area yang ada, luas area filter, kekuatan mesin pompa, ketersediaan air serta jumlah ikan yang dapat disimpan dalam kolam ikan koi tersebut. bila anda dapat memikirkan dengan masak ke empat perihal tersebut tentu tak lagi salah dalam langkah bikin kolam ikan koi karena jangan sempat terlampau luas namun pompa air anda dayanya kecil, air sulit diperoleh atau isi ikannya cuma sedikit yang dapat bikin anda menyesal kedepannya.

kolam ikan koi

Bentuk segi samping kolam

Dalam tehnik langkah bikin kolam ikan koi baiknya kurangi terlampau banyak lekukan keluar serta kasar pada segi kolam karna tak hanya dapat merubah perkembangan bakteri dalam kolam akan menyusahkan kita saat membersihkan segi kolom dan tidak baik bikin badan ikan koi apabila digesekkan.

Serta umumnya juga ada arti death area, yakni area mati yang mengakibatkan air yang ada di segi kolam tersebut tidak berputar serta tidak bersirkulasi pada filter hingga mengakibatkan perkembangan bakteri yang cepat pada area tersebut.

Bentuk basic kolam
Dalam tehnik langkah bikin kolam ikan koi baiknya janganlah terlampau datar, buat kemiringan pada 20% sampai 40% kesamping atau ke sudut kolam supaya kotoran ikan koi pada kolam gampang terkumpul serta meringankan saat dibersihkan. atau dapat juga membuat bottom drain atau sisi yang lebih dalam dibagian sedang supaya kotoran ikan koi terkumpul di tempat tersebut serta meringankan saat disedot.

Lubang control ketinggian air atau overflow

Siapkan lubang control ketinggian air atau overflow pada segi sisi atas lebih kurang satu jengkal dari atas permukaan kolam. tehnik langkah bikin kolam ikan koi ini untuk menyempurnakan manfaat serta design kolam anda karna tanpa mesti mengontrol volume airnya pada saat hujan. namun, baiknya cocokkan pada besar lubangnya serta besar ikan dalam kolam karna mungkin ikan koi dapat keluar melalui lubang tersebut.

Pembuangan
Janganlah lupa pada waktu bikin kolam ikan koi untuk mempersiapkan pembuangan dibagian sudut bawah untuk kuras airnya. perihal ini dapat searah pada design basic kolam yang dibikin miring kesudut.

Cermati kedalaman kolam pada waktu bikin kolam ikan koi karna air yang kurang dalam dapat mengakibatkan ikan koi sulit beradaptasi saat pergantian suhu berlangsung. lantas, baiknya isi air pada kolam minimal 2 mtr. karna suhu air dibagian atas serta sisi bawah dapat tidak sama saat malam hari serta pada siang hari.

Umumnya bila akan bikin kolam ikan koi dengan jenis yang bagus dapat menggunakan dana yang lumayan besar di banding dengan kolam ikan koi terpal. setahu saya biayanya lebih kurang 600. 000/m2.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
17 Oktober 2013 pukul 20.47 ×

Pak admin, kalau kolam ikan koi itu dibuat diatas tanah bagus gak ya, karena kalau harus di dam butuh biaya juga tuh.
sarjoni

Congrats bro Nagaya Technologies Pte Ltd. you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment