Home » , , » Membuat filter kolam ikan koi sederhana

Membuat filter kolam ikan koi sederhana

Written By Harri Akbar on Jumat, 07 Juni 2013 | 19.43

kumpulan koi

Membuat filter kolam ikan koi sederhana (aquariumhias) - Filter kolam bisa dibikin sendiri dengan barang-barang bekas atau memakai barang yang ada. perihal ini dapat dikerjakan bila memanglah tidak sangat mungkin menambah area untuk filter pada kolam koi atau pingin filter kolam koi yang murah meriah. disamping itu kolam dengan bak terpal atau bak fiber sebagai penampungan sesaat cukup menyusahkan untuk menambah sistem filter. dengan sedikit ketelatenan filter kolam sederhana bisa dibikin sendiri.

Barang-barang yang butuh disiapkan sebelum saat bikin filter kolam sederhana diantaranya : drum/tong dapat juga memakai ember yang berukuran cukup besar, pipa pralon, shock drat, l pralon, t pralon, lem pralon, gergaji besi serta peranngkat pendukung yang lain.

Berikut sebagian langkah yang dapat dikerjakan untuk bikin filter kolam sederhana.
1. Bikin lubang di bagian bawah/dasar drum dengan ukuran sesuai dengan ukuran pipa/shock drat, lubang ini digunakan sebagai lubang pembuangan waktu filter dibersihkan.
filter koi
bikin lubang di bagian bawah samping cocokkan juga dengan ukuran pipa/shock drat. lubang ini digunakan sebagai inlet filter dari air kolam.


Bikin lubang di bagian samping atas drum, ini digunakan sebagai outlet air masuk kembali ke kolam atau ke tong/drum yang selanjutnya bila akan di cascade.

Setelah itu pasang shock drat, yakinkan tak ada kebocoran.

2. Pasangkan pipa paralon pada inlet filter dengan bentuk layaknya pada gambar. Bentuk pipa gukanan t serta l layaknya itu diinginkan bikin kotoran dari kolam dapat mengendap di basic filter, hingga tidak kembali lagi ke kolam serta gampang dibersihkan.


membuat filter
pemasangan pipa pralon di bagian inlet filter



3. Imbuhkan media filter dapat menggunakan apa saja, sangat sederhana menggunakan kassa untuk menyaring supaya kotoran tidak naik.
membuat filter koi

media filter pada filter sederhana



4. pasang pipa untuk outlet, pipa outlet filter juga diberikan l menghadap ke atas. perihal ini ditujukan untuk menangkap udara masuk berbarengan air kembali ke kolam hingga menambah kandungan oksigen pada air kolam. disamping itu kotoran yang lolos ke atas tidak masuk ke kolam namun kembali mengendap ke basic filter.
membuat filter

pipa outlet masuk kembali ke kolam atau chamber lain

5. instalasi pipa untuk bottom drain, diberikan kran buka tutup. dapat dikerjakan sebelum saat langkah berikan media filter supaya lebih gampang.

membuat filter
bottom drain untuk pembuangan kotoran filter


membuat filter
Sesudah seluruh instalasi selesai dikerjakan. filter sederhana buatan sendiri siap diterapkan pada kolam, bak fiber atau kolam terpal. tak hanya dengan langkah ini filter sederhana dapat dibikin dengan jenis cascade dengan media filter yang dapat beragam. hasil akhir dari filter sederhana buatan sendiri layaknya gambar di bawah. selamat berkreasi. 

sumber : centralkoi

-->
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

27 Februari 2014 19.15

mau tanya pak, itu inlet dari pompa posisinya dibawah ya?
kalo misalkan listrik mati mendadak, kira2 kotoran yang mengendap didasar ember kembali kekolam apa ngga?
maaf kalo pertanyaanya membingungkan, masih awal belajar miara koi..hehehe

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Aquariumhias |
Copyright © 2013. Informasi Dunia Air - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Aquariumhias
Proudly powered by Blogger