Panduan dasar memelihara ikan koi

memelihara ikan koi

Panduan dasar memelihara ikan koi (aquariumhias) -Memelihara koi merupakan hobi yang amat menyenangkan, dikarenakan keindahan ikan koi dapat menyejukkan pandangan serta menenteramkan pikiran. koi berukuran jumbo yang berenang-renang di lebih kurang tempat tinggal jadi hiburan tersendiri melepas kepenatan setelah seharian bekerja. Beberapa masyarakat jepang berkeyakinan bahwa memelihara koi bisa mendatangkan hoki untuk pemiliknya. Walau demikian beberapa orang tidak terlampau hiraukan dengan perihal tersebut. yang jelas sebagian penggemar koi mempunyai pengalaman memelihara koi dengan penuh ketekunan serta kesabaran, dikarenakan hobi tanpa disadari membuahkan koi dengan kualitas unggul serta menang dalam beragam kontes selanjutnya koinya di hargai dengan harga mahal, barangkali ini yang dimaksud dengan hoki saat memelihara koi. 

Lepas dari itu seluruh untuk penggemar koi pemula pasti banyak perihal yang perlu dipahami serta dipertimbangkan sebelum saat mengawali memelihara ikan koi. banyak penggemar koi pemula mesti stress dikarenakan koi yang dibeli dengan harga mahal mati sesudah dimasukkan ke dalam kolam, alih-alih pingin melacak hiburan dengan lihat keindahan koi berenang di kolam namun jadi pusing lihat ikan koi mengapung di kolam serta terus menerus mati. janganlah cemas, berikut ada sebagian panduan saat memelihara koi untuk pemula, walau tidak menanggung 100% kesuksesan saat memelihara koi namun sekurang-kurangnya meminimalkan efek kematian. 

Panduan dasar memelihara koi 

1. Persiapan kolam koi yang baik 
Kualitas air kolam koi merupakan penentu kesuksesan saat memelihara koi, pakar koi menyebutkan bahwa memelihara koi yaitu menjaga kualitas air kolam yang baik. Kolam koi mesti terbebas dari zat-zat kimia, umumnya kolam koi baru yang terbuat dari semen tetap tersisa bau yang beresiko. Hilangkan terlebih dulu dengan merendam dengan air sampai sekian hari, serta janganlah buru-buru memasukkan koi ke dalam kolam. sesudah direndam buang air serta isi dengan air bersih. 

2. Menentukan koi yang sehat 
Banyak type serta kualitas koi ada di pasaran serta koi farm, dari yang bernilai murah sampai bernilai mahal. tentukan yang sesuai kondisi keuangan serta selera, yang penting ikan koi dalam kondisi sehat. Beberapa penggemar koi merekomendasikan tambah baik memelihara koi dengan kualitas baik 3 ekor dari pada memelihara koi buruk dengan jumlah 100 ekor. 

3. Kepadatan ikan
Cocokkan ukuran kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. kolam padat bikin koi tidak tumbuh maksimal serta gampang diserang penyakit. 

memelihara ikan koi
4. Jumlah makanan
Makanan yang diberikan janganlah terlalu berlebih serta tentukan makanan yang berkwalitas baik. banyak makanan koi ada di pasaran dari yang bernilai murah sampai mahal. makanan koi yang baik umumnya mahal dikarenakan beberapa diimport dari jepang. tak hanya makanan bermutu baik juga sesuai dengan kualitas koi. jangan sempat koi bernilai 20 ribu diberi pakan seharga 150ribu per/kg, cuma dapat bikin kantong kering namun perkembangan koi tidak sepadan dengan dana. berikan makanan terlalu berlebih bikin kolam cepat keruh, berapapun makanan yang didapatkan koi dapat terus makan namun segera dikeluarkan jadi kotoran. 

5. Melindungi kualitas air kolam dalam kondisi bersih 
Kualitas air sebaiknya dijaga senantiasa stabil dalam kondisi bersih, jangan sempat ada pergantian suhu serta kondisi air yang amat mencolok. melindungi kualitas air kolam dikerjakan membuat sistem filter yang baik. tak hanya dengan sistem filter kolam yang baik, butuh penggantian air sejumlah 10% maksimum minggu sekali, bila dibutuhkan seringkali dari itu. factor penentu warna koi diantaranya kualitas koi/bloodline (70%), air ( 20%), serta factor yang lain (10%). 

6. Menambah ikan.
Bila menambah ikan baru sebaiknya dikarantina terlebih dulu, yakinkan tidak membawa penyakit. sesudah tentu tidak membawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam. 

7. Cermati tingkah laku ikan setiap waktu
Ikan sakit umumnya tunjukkan tingkah laku yang tidak biasa, segera dikarantina serta diobati. kekurangan oksigen juga jadi pemicu kematian ikan koi, cermati apakah koi senantiasa mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya, tingkah laku ini dapat lebih terlihat di waktu subuh, bila demikianlah imbuhkan aerator. 

8. Memelihara koi untuk pemula 
Baiknya dikerjakan dari ukuran kecil lebih kurang 10-20 cm supaya bisa belajar mengamati perubahan koi dari waktu kewaktu. pada ukuran tersebut umumnya telah cukup gampang untuk dipelihara serta harga tetap cukup murah. selamat memelihara koi.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment