Ikan Blackghost

Ikan Blackghost


Ikan Blackghost | Aquarium Hias - Nama yang menyeramkan. Si hantu hitam ini sesungguhnya jadi tampak lucu, terlebih gerakannya benar-benar aneh, naik turun seperti mainan anak-anak. Ikan ini sesungguhnya ikan nocturnal atau aktif pada malam harisehingga memerlukan tempat bersembunyi supaya tambah nyaman.

Ikan yang memiliki nama ilmiah Apteronotus Albifrons ini datang dari nyaris separuh dari daratan Amerika Selatan, yakni di Ecuador, Columbia, Guyana, Suriname, French Guiana, Venezuela, Peru, Bolivia, Brazil, serta Paraguay.

Black ghost adalah satu diantara ikan hias impor yang cukup popular di Indonesia. Warna tubuhnya hitam polos serta ada sedikit warna putih dibagian ekor serta kepalanya. Warna tubuhnya yang hitam pekat inilah yang membuatnya dijuluki black ghost. Walau namanya seram, ikan ini tidaklah menakutkan. Malah wujud tubuhnya yang mirip umbul-umbul atau daun yang pipih ke samping serta memanjang tampak benar-benar menarik.

Sirip perutnya memanjang dengan jari-jari sirip ama halus serta bisa menyatu dengan tubuh. Tetapi, ikan ini tak memiliki sirip punggung. Gerakan tubuhnya saat berenang sangan menarik, yaitu saat sirip sisi bawahnya berkibar-kibar hingga terlihat seperti bendera atau umbul-umbul yang tertiup angin.

Ikan Blackghost

Ikan black ghost di kenal suka melekat pada substrat serta sering bersembunyi didalam lubang. Oleh karenanya, baiknya pada tempat pemeliharaan di beri tempat persembunyian. Black ghost terhitung type ikan yang cukup toleransi pada keadaan air hingga pergantian air tak mesti kerap dikerjakan. Tetapi, keadaan air tempat pemeliharaan terus mesti dijaga lantaran apabila keadaan air tak baik warna hitam pada kulitnya jadi tak mulus serta tampak seperti bulukan.

Ikan bisa tumbuh sampai 50 cm, namun bila dipeliharan dalam aquarium umumnya cuma tumbuh sampai seputar 20 cm. makanannya yaitu hewan-hewan kecil yang masuk dalam bukaan mulutnya seperti udang, ikan kecil, serta cacing sutera.

Ikan ini tak agresif pada ikan lain yang sekiranya masuk dalam mulutnya. Ikan malah bakal jadi agresif waktu masak kelamin pada sesama type terlebih yang jantan hingga cuma bisa dipelihara satu ikan dalam satu aquarium.

Awalannya ikan blackghost yang di jualbelikan di pasar ikan hias dunia yaitu hasil tangkapan alam, hingga pada akhirnya beberapa peternak Indonesia sukses memijahkannya. Waktu ini, sebagian Negara sukses membudidayakan si hantu hitam ini.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment