Udang Hias untuk Aquascape

Udang Hias untuk Aquascape

Udang Hias untuk Aquascape | Akuarium Hias - Saat ini udang bukan hanya dikonsumsi untuk buat jadi lauk saat kita makan, namun udang sudah jadi trend diantaranya pelengkap aquascaping. Hasrat udang hias diluar negeri sangatlah besar, tentang ini karena aquascaping lagi tren. terutama hasrat udang hias air tawar dari di dalam negeri kita. tak mengherankan jika volume ekspor udang hias di dalam negeri sangat tinggi

Udang hias ini banyak di ekspor ke negara jepang, thailand, singapura, jerman, denmark, perancis, swiss dan finlandia, serta skandinavia. hasrat udang hias bisa mencapai 13. 000 - 15. 000 ekor/bln., tentang ini lantaran tren aquascaping tengah tren. Tidak tahu untuk dipelihara ditempat tinggal, kantor, perusahaan, dan restoran-restoran. Bisa dimaklumi karena karena itu ada udang hias maka dapat menaikkan kesan elegan di dalam akuarium. tren pemakaian udang hias di mancanegara menular ke hobyis di dalam negeri. Walaupun hasratnya tak sekencang pasar ekspor, namun celah pasar lokal sekian terbuka. nah ini pastinya bisa membawa barokah untuk sebagian peternak di dalam negeri agar bisa penuhi hasrat pasar lokal maupun pasar internasional. benar-benar banyak beberapa macam udang hias air tawar yang di menawarkan dipasaran. Namun sebelum saat kita jadi diantara penghobi udang hias air tawar maka perlu sekali kita ketahui informasi dan macam-macamnya serta kondisi terbaik di dalam pemeliharaannya. karena keberhasilan beternak udang hias kuncinya yakni pada suhu dan kondisi air untuk habitat barunya.

Udang Hias untuk Aquascape

Biasanya tehnik serta tata cara pemeliharaan udang hias air tawar untuk masing-masing species, tak terlampau jauh tidak sama. Singkatnya, kita bakal mengulas beberapa hal apapun yang butuh di perhatikan untuk pelihara atau mengembangbiakan udang mungil ini.

Keadaan air

Udang hias air tawar bisa hidup dengan baik pada keadaan air dengan keasaman atau pH 6. 8 – 8. Untuk type udang yang datang dari asia, pH yang lebih rendah bisa mengakibatkan stres, bahan kematian. Terkecuali untuk type Macrobrachium shrimp yang datang dari Peru serta Brasil, bakal hidup tambah baik dengan pH yang lebih rendah. Kesadahan air yang bisa di terima berkisar pada 3 – 15 dkh. Suhu air dengan kisaran 14 – 30 °C.

Rekan didalam aquarium

Memadukan ikan dengan udang hias air tawar ini bakal jadi hal yang ckup susah. Sebagian type ikan bakal mengonsumsi udang yang memiliki ukuran badan lebih kecil, serta juga udang yang semakin besar terpaksa lari bersembunyi lantaran takut terserang. Bila anda betul-betul menginginkannya, maka hal yang paling barangkali yaitu memadukan udang hias air tawar anda dengan ikan type plati (Livebearer – Heterandra formosa), barb (Barbus jae), tetra serta semacamnya. Ikan-ikan yang dijelaskan tadi, mempunyai ukuran badan yg tidak jauh tidak sama dengan udang air tawar, serta tak mempunyai karakter pemasang. Untuk udang yang semakin besar seperti type Amano (Caridina japonica) serta yang lebih kecil yakni spesies Macrobrachium (seperti type biru asal vietnam), bisa digabung dengan ikan ekor pedang atau plati ukuran besar. Jauhi ikan pemangsa seperti type cichlid, cupang, catfish dsb. Di pastikan usia udang anda cuma hanya saat lapar ikan-ikan yang dimaksud terakhir. Idealnya, tempatkanlah udang-udang hias air tawar anda sendirian tiada digabung dengan ikan yang lain didalam aquarium.

Udang Hias untuk Aquascape
Mencampurkan sebagian species

Mencampurkan sebagian species udang hias adalam satu aquarium juga tak bisa sembarangan. Tak semua species bisa dipadukan dengan species yang lain. Karakter serta ukuran badan lagi-lagi jadi aspek yang butuh anda pikirkan. Dengan cara umum, memadukan udang dengan ukuran yang sama tak lagi jadi hambatan. Species udang berlengan panjang (Macrobrachium spp.), terhitung ke dalam kelompok udang yang galak. Ia bakal memangsa species yang lebih kacil atau juga udang sejenis.

Untuk anda yang mau pelihara udang hias air tawar untuk maksud komersial, kemurnian species jadi hal yang pantas dijaga. Terkecuali anda memanglah punya maksud bakal menyilangkan serta memperoleh strain baru. Taksonomi udang hias air tawar belum bisa didefinisikan dengan baik. Udang yang mempunyai ciri fisik tidak sama, barangkali saja datang dari species yang sama. Untuk misal, udang Red Cherry dengan udang pale blue asal taiwan yaitu satu species (masing-masing yaitu Neocaridina denticulata sinensis var. red and Neocaridina denticulata sinensis). Bila digabung maka bakal berlangsung perkawinan sejenis (interbreeding). Sama perihal dengan udang Bee shrimp serta udang Crystal Red (Neocardina serrata and Neocardina serrata var. crystal red), mereka yaitu species yang sama. Serta bukan hanya tutup kemungkinan hal semacam ini berlangsung pada sebagian species yang lain.

Aquascaping

Seperti sudah diterangkan diatas, bahwasanya hal yang terbaik yaitu pelihara satu species saja dalam aquarium. Untuk pelihara satu species dengan koloni 10 – 20 udang, tak memerlukan aquarum yang luas, namun cukup hanya aquarium memiliki ukuran 2, 5 galon. Sedang untuk species atau jumlah yang semakin besar, anda memerlukan aquarium yang lebih luas. Berapapun ukuran aquarium yang bakal anda pakai untuk pelihara udang hias air tawar, hal yang perlu anda perhatikan
yaitu rancangan awal isi aquarium. Anda bakal memerlukan pasir halus untuk substrat. Baiknya anda tak memakai krikil yang besar. Kayu serta juga batu karang bagus untuk tempat persembunyian serta bermain udang. Anda juga butuh menanam tanaman air di basic aquarium, terlebih java moss (lumut jawa).

Makanan

Type makanan yang perlu anda berikanlah pada udang anda, tergantung pada type species yang anda memelihara. Meskipun udang hias air tawar terhitung kedalam type hewan pemakan daging serta tumbuhan (omnivora), terdapat banyak hal yang butuh anda cermati dalam pemberian pakan. Grup udang Caridina/Neocaridina suka pada pakan hijauan (alga, slada beku, daun kubis, spirulina tablet dsb). Sekian juga untuk kenis Halocaridina Rubra. Udang pearl (macrobrachium Luzifugum) yang suka bermain di pasir, mesti banyak di beri pakan memiliki bahan basic daging. Dapat dalam wujud tablet, maupun makanan dengan bentul serpihan dapat juga diberikan. Species Macrobrachium yang semakin besar bisa di beri pakan dengan udang renik beku, cacing darah beku serta cacing rambut. Mereka dapat juga menangkap serta memangsa ikan yang lebih kecil. Udang Atya biasanya yaitu udang pembersih, ia mengonsumsi partikel yang terdapat dalam air. Makanan type flake yang telah diperkaya dengan artemia, baik diberikan untuk dia. Silakan cobalah variasi makanan yang lain. Semakin banyak variasi makanan yang didapatkan, makin baik untuk udang anda.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment