Budidaya Ikan Guppy


Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan Guppy | Akuarium Hias -Guppy awalannya hidup di rawa air payau. Ikan ini berkembang biak lewat cara beranak hingga pemijahannya tergolong gampang. Ikan Guppy tidak sama dengan ikan Cupang. 

1. Langkah membedakan induk jantan dengan induk betina 
Sesungguhnya induk jantan serta betina benar-benar gampang untuk dibedakan langkah membedakannya yaitu : 
a. Induk Jantan 
Memiliki warna yang cerah, badan yang ramping, sirip punggung yang lebih panjang, memiliki gondopodium (berbentuk benjolan memanjang di belakang sirip perut) yang disebut modifikasi sirip anal berbentuk sirip panjang.. 

b. Induk Betina 
Untuk indukan betina memiliki badan gemuk, warna yang kurang cerah, sirip punggung kecil, sirip perut berbentuk sirip yang halus. Tak hanya warna, wujud basic ekor ikan guppy juga beragam 
Budidaya Ikan Guppy

2. Type – type ikan Guppy 
Type ikan Guppy ini memiliki berbagai jenis, type ikan Guppy sendiri benar-benar memengaruhi nilai jual ikan itu. Serta baru – baru ini sangat banyak type ikan guppy yang baru, ini dikarenakan ada kawin silang pada guppy. Hingga menyebabkan beanekargaman ikan guppy. Biasanya type ikan Guppy bisa dibedakan dari wujud ekornya, diantaranya : 
-Wide tail (Ekor lebar) 
Ciri – ciri dari Ikan type ini yaitu mempunyai wujud ekor yang lebar 
-Sword tail (Ekor panjang) 
Ciri ikan type ini yaitu mempunyai wujud ekor yang panjang. tak melebar 
-Short tail (Ekor pendek) 
Sedang ciri spesial dari ikan ini yaitu mempunyai ekor pendek serta tak melebar 

Sedang pada waktu ini ikan Guppy yang termahal yaitu type albino serta Ribbon. Albino yaitu type guppy yang mempunyai mata yang berwarna merah, sedang type albino sendiri sangat banyak macamnya, umpamanya red albino, blue albino, cobra albino, dan lain-lain 

3. Langkah budidaya 
Guppy berkembang biak lewat cara beranak. Anak guppy yang baru lahir telah segera bisa berenang dengan baik. Hal semacam ini berlangsung lantaran sistem pembuahan guppy dengan cara internal yakni perkawinan berlangsung pada waktu organ gondopodium yang terdapat pada sirip anal dimasukkan ke dalam organ telur betina. Guppy jantan yang bakal menguber betina siap kawin. Jika si betina telah bakal melahirkan umumnya ditandai dengan perut betina yang bisar serta berwarna hitam. Baiknya si betina yang hamil di pisahkan dengan betina lain, karena saat bayi guppy lahir umumnya bakal segera dimangsa oleh betina lain serta tak lagi dimangsa oleh induknya sendiri. Walau demikian untuk induk albino saat si bayi telah lahir, baiknya si bayi dipisahkan dengan induknya. namun janganlah segera dipisahkan lantaran badan si bayi tetap, rapuh karenanya baiknya dipisahkannya berkisar pada 3 - 5 jam sesudah kelahiran, lantaran induk albino berbentuk kanibal, tersebut penyebab mengapa mesti di pisahkan. 

Budidaya Ikan Guppy
Setiap saat perkawinan bisa jadikan 3 kali kelahiran. Saat kelahiran berkisar 3 minggu serta seekor betina bisa membuahkan 60 ekor burayak. Untuk mencari guppy yang bagus umumnya bisa di cari dengan betina yang memiliki wujud ekor yang bagus. Sedang untuk jantan umumnya di cari warna yang paling cerah juga menguasai. Untuk guppy Ribbon, betina Ribbon benar-benar menguasai, sedang untuk jantan terus jantan normal, hingga untuk memperoleh guppy Ribbon jantan yang bagus tetap dibutuhkan jantan normal. Hingga untuk guppy ini dapat di jual per trio. 

4. Penyakit yang umum menyerang ikan guppy yaitu : 

• Saprolegnia. Tanda-tanda ikan yang diserang yaitu bercak-bercak putih pada kulit ikan. Perawatannya teteskan alkohol metapen dalam tempat sejumlah 2 tetes dalam satu galon air/4 1, 12) liter air. Tahap selanjutnya berikanlah garam serta biarlah sebagian waktu. Berikanlah hydrogen peroksida untuk membunuh bakteri yang menempel pada jaring ikan sepanjang 15 hingga 30 detik. Atau dapat pula dipakai malachite green atau methyline blue atau acriflavin untuk disinfektan. Langkah perawatan ikan yang terkena infeksi bakteri baiknya di beri penambahan area sebelum saat mengobati 

• Penyakit Bengkak atau Bloat Ikan terlihat gelisah, tubuh terlihat semakin besar lantaran kembung. Ini dikarenakan lantaran peradangan usus ikan. Isolasi ikan yang terkena, lalu masukkan ke dalam satu galon air yang sudah dibubuhi 2 sendok penuh garam Inggris. Biarlah sepanjang 4 atau 6 jam, lalu imbuhkan air sepanjang 12 jam. Sesudah pulih bisa dikembalikan ke tempat asal.

• Jamur Mulut. Ciri ikan yang terkena jamur mulut gampang dipandang dari warna putih yang terdapat di depan mulutnya. Jamur putih itu adalah koloni benar-benar besar yang melekat pada mulut ikan, hingga tutup mulut ikan hingga tak dapat bernapas serta makan bisa mengakibatkan ikan mati. Penyembuhan memakai aureomycin 25 mg untuk 1 galon air imbuhkan 1 tetes obat merah serta metopen 2 tetes di rendam sebagian waktu dengan cara berbarengan lalu kerjakan perawatan dengan memakai air garam serta berikan tempat yang semakin besar serta luas. 

• Penyakit Kembung. Tanda-tanda ikan yang terkena peradangan perut diantaranya ikan terlihat susah berenang ke basic. Langkah mengatasinya berikanlah 1 sendok teh garam Inggris setiap 1/2 liter air, serta rendam ikan sepanjang 3 hingga 4 jam, lalu pindahkan ikan ke dalam tempat yang ketinggian airnya 3 kali tinggi tubuh ikan. 

Saat ini anda telah bisa coba, keuntungan yang didapat dari ikan guppy ini lumayan juga. 1 ikan guppy albino bisa meraih 5 ribu hingga 100 ribu di market silakan coba.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment