Tips Membuat Kolam Koi

Membuat kolam koi

Tips Membuat Kolam Koi | aquariumhias -Ikan koi memanglah ikan pajangan di kolam taman. Sekiranya koki bisa saja merajai akuarium, maka koi bisa saja raja ikan hias di dalam kolam taman. Seperti pohon raksasa, koi memanglah lebih layak me-nempati kolam taman yg luas dibanding kerabatnya koki yg ibarat pohon bonsai lebih layak di dalam akuarium. Mengenai hal semacam ini seorang entrepreneur ikan koi di daerah Jawa Barat dulu ber-komentar ; Sekiranya koi di tempatkan di dalam akuarium maka yg dapat di nikmati cuman tubuh sisi samping saja, sedang kecantikan koi yg justru tambah banyak pada bagian atas tubuhnya tambah tak nampak. Dng meletakkan mereka di dalam kolam taman, kita leluasa nikmati keelokan tubuhnya bukan hanya saja sisi atas namun juga total tubuhnya.

Untuk dapat nikmati koi di dalam kolam taman, perlu kita siapkan kolam yg betul-betul cocok dng keperluan koi. Berarti, kolam yg musti kita siapkan tak hanya mencukupi syarat tekhnis, juga dengan cara estetis dapat di nikmati.
Membuat kolam koi
Awal mulanya orang menganggap susah miliki kolam koi, sebab di dalam pikirannya terbayang ke-butuhan tempat yg hams cukup luas. Untuk kolam koi memanglah dengan cara tekhnis mengidamkan tempat yg luas, namun Sekiranya tempat tsb kemungkinan kecil diusaha-kan, sudah pasti tetap ada peluang buat kita yg lain utk mencukupi hasrat kita miliki kolam koi.

Di dalam kehidupan keluarga moderen keperluan rekreasi di tempatkan sejajar dng keperluan lain-nya seperti sandang, pangan serta papan. Kolam utk koi seringkali jadi sisi di dalam deko-rasi sbuah taman yg rekreatif. Berarti bahwasanya kolam utk koi bukan cuma ada utk area tinggal koi, tanpa memanjakan mata yg melihat-nya, namun hadirnya kolam koi di dalam sbuah taman perlu menyatu dng taman itu dengan cara keseluruh-an. Karena, tembok yg membatasi air bukan hanya jadi pembatas dng lingkungannya yang disebut tanaman, tetapi justru jadi pengikat pada ke dua media yg ada di dalam taman tsb. Menurut patokan tsb, ben-tuk kolam taman utk koi selanjutnya tak kaku serta resmi, tetapi elastis serta dpt lebur dng lingkungan kolam dengan cara total.

Lokasi

Waktu pilih lokasi kolam koi, kita dihadapkan beraneka pertimbangan. Dari sisi tekhnis dikehendaki lokasi kolam selanjutnya tak akan tergusur oleh ba-ngunan Sekiranya kita pingin mengembangkan tempat tinggal. Ini mengisyaratkan buat kita, Sekiranya kita tetap pingin mem-perlebar area tinggal kita, kolam koi tak bisa di bangun di dekat tempat tinggal. Sekiranya gagasan pengembang-an telah tercetak didalam blue print (cetak biru) kita dapat lebih leluasa memastikan letaknya. Sebaliknya Sekiranya kita telah merasa cocok dng tempat tinggal yg ada, kolam koi dapat di buat melekat tempat tinggal, di teras depan, serambi kanan atau kiri, lebih-lebih di halaman belakang. Sampai-sampai ada sebagian orang yg membangun kolam koi menembus beberapa tembok rumahnya, serta koi yg berkecipak kesana ke mari dapat jelas terlihat dari lantai kamar yg terbuat dari kaca tidak tipis.
Membuat kolam koi
Sekiranya kita pilih membangun kolam dekat tempat tinggal, atau di depan jendela kamar, kita perlu siap-siap dng risikonya. Risiko ini tak lain merupakan kelembaban yg akan diakibatkan oleh kolam koi ini. Oleh karenanya amat direkomendasi buat kolam koi minimal berjarak 4 mtr. dari tempat tinggal. Hal tsb semestinya tak amat mungkin buat yg miliki sepetak tempat tinggal bertipe 27/66 m2. Untuk mereka yg rejekinya pas-pasan ini (hingga tempat tinggal juga luasnya pas-pasan), dapat meniti risiko tsb, dng pertimbangan kolam yg di buat kecil saja, makanya kelembaban yg akan ditimbul-kannya juga tak seberapa banyak. Tidak serupa tentu-nya dng mereka yg mendambakan kolam yg luas, semestinya risiko kelembapannya juga dapat tambah besar.

Disamping itu lokasi yg dipilih semestinya bebas dari naungan pohon-pohonan. Untuk yg miliki pekarangan luas, tetapkan lokasi yg tidak ada dibawah pohon yg besar. Daun-daunan yg gugur tak hanya dapat mengotori kolam yg tidak enak dipandang, juga turunkan pH air kolam, makanya koi jadi tak sehat. Sekiranya tak ada tempat lagi yg terlepas dari tanaman, maka kita perlu memastikan pilihan, lebih sayang pada pohon atau konsisten dapat melaksanakan hasrat kita miliki kolam koi.

Sebetulnya pohon tidak usah dibabat habis, kurangi cabang serta dahan diatas lokasi kolam koi. Naungan dari kerindangan pohon konsisten diperlukan kolam koi utk menahan sengatan matahari biar kolam tak cepat berlumut. Sekiranya dapat, mengusahakan agar lokasi terdapat di sebelah timur tempat tinggal biar cuma cahaya matahari saja yg menerpa diatas kolam, tak matahari siang yg terik.

Untuk mereka yg pekarangannya cuma lebih dari satu mtr. persegi, serta itu juga telah kedahuluan pohon belimbing atau jambu air, memanglah tak ada pilihan lain jika mencabut pohon tsb.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment