Cara Mudah Memijahkan Ikan Komet

Cara Mudah Memijahkan Ikan Komet

Cara Mudah Memijahkan Ikan Komet | Akuarium Hias -Memijah atau mengawinkan Ikan Komet (Langkahssius Auratus) tak terlampau susah. Bila saat pagi hari Ikan Komet anda tampak menguber serta berupaya menggesekkan pipinya ke pipi Ikan Komet yang lain memberikan indikasi bahwa mereka siap dikawinkan. Beberapa langkah persiapan hadapi peristiwa itu mesti selekasnya dikerjakan agar perkawinan awal atau perkawian yg tidak di idamkan, tak berlangsung. Rencana yang masak bisa memudahkan untuk beberapa pengagum ikan hias air tawar ini, yang baru pertama kali coba mengkawinkannya, tak cemas hadapi perubahannya, serta mempertinggi tingkat kesuksesan sistem pemijahan itu.

Makanan Burayak
Hal pertama serta paling utama yang butuh dipikirkan yaitu ingin diberi makan apa anak-anak ikan (burayak) kelak sesudah menetas dari telurnya. Sebagian orang (yang sudah berhasil memijah Ikan Komet) memberi sebagian alternatif seperti kutu air, kuning telur rebus, pelet yang dihaluskan, cacing sutra, dan sebagainya. Anda harusnya dapat meyakinkan bahwa pakan itu ada ketika diperlukan. Pilihannya sudah pasti sesuai sama keadaan yang dihadapi. Baiknya (bila sangat mungkin) manfaatkanlah makanan hidup lantaran karena makanan seperti kuning telur atau pelet halus bisa menyumbang amonia bila tak habis termakan hingga bisa turunkan kwalitas air.

Cara Mudah Memijahkan Ikan Komet

Tempat Pemijahan
Lalu wadah yang dipakai bisa berbentuk apa pun asal cukup besar untuk Ikan Komet untuk berenang dengan cara leluasa. Wadah itu dapat berbentuk akuarium, ember atau pot yang mempunyai penampang yang cukup luas. Baiknya wadah itu bening atau berwarna jelas untuk mempermudah penilaian. " Kamar pengantin " itu di isi air bersih serta di beri aerasi yang baik untuk melindungi kesehatan induk ikan serta anak-anaknya kelak. Tempat itu juga di beri media untuk menempatkan telur-telurnya kelak seperti tanaman air, potongan kain, atau ijuk yang utama cukup lembut serta tak melukai induk ikan pada saat melakukan sistem perkawinan. Bila dapat wadah itu ditempatkan ditempat yang tenang serta tertutup (gelap) dengan " suhu kamar ".

Membedakan Pejantan dan Betina
Sesudah seluruhnya persiapan sudah lengkap, Induk Ikan Komet telah dapat dimasukkan ke kamar pengantin dengan perbandingan betina serta jantan yakni 1 : 2 pada sore harinya. Membedakan type kelamin jantan serta betina gampang-gampang sulit. Betina mempunyai badan lebih gempal dibanding jantannya. Tetapi, bila cuma itu indikatornya memanglah masih tetap cukup susah serta kita cuma dapat menduga-duga hingga sang jantan mulai melekat ketat betinanya saat bakal kawin. Waktu itu pipi induk jantan berbintik-bintik putih serta kasar seperti amplas (saksikan photo diatas). Sirip dadanya juga kasar meskipun tak sekasar pipinya. Kenapa perbandingannya semakin banyak type kelamin jantan? Lantaran pembuahannya berlangsung diluar, makin banyak sperma yang ikut serta jadi makin besar juga tingkat kesuksesan pembuahannya.

Umumnya esok paginya perkawinan itu sudah berjalan. Bila dilihat nyatanya telur-telur sudah dilepaskan jadi induk-induk ikan itu selekasnya dikeluarkan dari wadah agar mereka tak mengonsumsi telur-telur mereka sendiri. Di alam bebas telur-telur itu umumnya terbawa arus air serta menjauh dari induknya. Jadi butuh di ketahui bahwa Ikan Komet bukanlah type ikan yang mempersiapkan sarangnya sendiri seperti Ikan Cupang terlebih melindungi telur serta anak-anaknya kelak seperti juga keluarga ikan mas yang lain seperti koki serta koi. Bila belum bertelur ingin bersabar. Karenanya, ketika sistem pemijahan ini butuh di pastikan bahwa saat Anda betul-betul luang agar terus konsentrasi mengawal momen itu.

Dua atau tiga hari kemudian burayak telah dapat di beri makanan yang telah disediakan (Saksikan artikel tentang pelihara burayak ikan komet). Makanan itu sesuai dengan ukuran mulutnya. Makin bertambah umur burayak makin besar ukuran pakan yang didapatkan. Baiknya diberikan tak terlampau banyak agar habis termakan namun cukup kerap hingga tak turunkan kwalitas air. Setelah itu terserah Anda apakah mau disortir berdasar pada mutunya atau mau di besarkan seluruhnya.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment