Penyakit Busuk Mulut pada Ikan


Penyakit Busuk Mulut pada Ikan | aquariumhias -Busuk mulut adalah penyakit inveksi yg disebabkan oleh bakteri. Hadirnya penyakit ini ditandai dengan timbulnya memar putih di lebih kurang kepala, sirip, insang serta rongga mulut. Memar ini lalu bakal berkembang jadi bentukan berbentuk kapas berwarna putih ke abu - abuan, terutama di lebih kurang mulut, hingga mulut pada ikan kerap jadi tak dapat terkatup. Hadirnya penyakit ini sering susah dibedakan dengan serangan jamur. Oleh karenanya untuk meyakinkan dengan jelas dibutuhkan pengamatan dibawah mikroskop.

Pada serangan mudah, seperti diperlihatkan oleh ada memar putih saja, kematian bisa berlangsung sesudah munculnya rusaknya fisik yg artinya. Sedang dalam serangan akut serta cepat, yg umumnya berlangsung di daerah dengan suhu hawa hangat seperti Indonesia, penyakit itu bisa berinkubasi kurang dari 24 jam serta kematian berlangsung kurun waktu 2 - 3 hari, salah satunya dibarengi dengan rontoknya mulut. Walau demikianlah sebagian masalah dapat berlangsung tiada dibarengi tanda-tanda fisik apa pun, hingga jika didapati kematian mendadak pada ikan, satu diantara yg butuh dicurigai yaitu disebabkan serangan penyakit ini.

Penyebabnya

Busuk mulut adalah penyakit yg dikarenakan oleh bakteri flexibacter columnaris. Bakteri ini adalah bakteri gram negatif berupa benang. Dengan cara alamiah bakteri ini hidup didalam air pada jasad - jasad organik mati, benda - benda padat, serta juga pada kulit ikan sehat.

Busuk mulut umumnya bakal berlangsung pada suhu di atas 20 derajat Celcius, umumnya menyusul peristiwa seperti itu, terluka disebabkan penanganan ikan yg kurang cukup atau berkelahi serta luka yang lain, kekurangan vit. yg mengakibatkan kulit jadi tak sehat hingga gampang terinfeksi, serta keadaan mutu air yg jelek, seperti kandungan amoniak tinggi, demikian juga dengan nitrit serta nitrat, pH tak pas serta kandungan oksigen terlarut rendah.

Pencegahan serta pengobatan
Penyembuhan pada busuk mulut kerap dikerjakan sekalian dengan penyembuhan pada serangan jamur. Hal semacam ini dikerjakan untuk lebih amannya saja, lantaran serangan busuk mulut kerap memiliki tanda-tanda sama juga dengan serangan jamur. Oleh karenanya penyakit ini kerap diobati baik dengan bakterisida ataupun fungisida sekalian. Perendaman dengan memakai phenoxyethanol di ketahui efisien dalam menangani serangan busuk mulut. Sedang apabila serangan sudah meraih sisi dalam ikan, butuh dikerjakan penyembuhan dengan memakai antibiotik.

Flexibater columnaris suka pada air dengan kesadahan tinggi dengan pH air di atas 6. Oleh karenanya kerap disarankan untuk menghindar serangannya dikerjakan koreksi pada parameter terlebih untuk akuarium - akuarium yg mensyaratkan parameter kesadahan serta pH sama juga dengan bakteri itu. Koreksi pada hadirnya amoniak, nitrit serta nitrat, serta factor yang lain bakal benar-benar kurangi efek serangan busuk mulut itu.

Catatan : Sebagian laporan tunjukkan bahwasanya ikan yg diserang penyakit ini namun lalu selamat, tunjukkan tanda-tanda timbulnya kekebalan. Ikan yg demikianlah bakal kebal pada serangan busuk mulut masa datang.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment