Axolotl (Ambystoma mexicanum)

 axolatl
Axolotl (Ambystoma mexicanum) | aquariumhias -Axolotl adalah salamander neotenic, terkait erat dengan Tiger Salamander. Larva spesies ini tidak mengalami metamorfosis, sehingga yang dewasa tetap bisa hidup di air dan memiliki insang. Hal ini juga disebut Ajolote (yang juga merupakan nama umum untuk beberapa spesies salamander). Spesies ini berasal dari sejumlah besar danau, termasuk Danau Xochimilco mendasari Kota Meksiko. Axolotl digunakan secara ekstensif dalam penelitian ilmiah karena kemampuan mereka untuk regenerasi anggota badan. 
 
axolatl
 Axolotl sering disebut "ikan berjalan Meksiko," tetapi mereka bukan  ikan. Mereka termasuk kelompok amfibi disebut salamander. Salamander adalah amfibi yang sedikit seperti kadal, kecuali bahwa mereka ditutupi dengan kulit lembut, lembab, bukan sisik. Axolotl memiliki fitur khas larva salamander, termasuk insang eksternal dan sirip ekor yang memanjang dari belakang kepala untuk ventilasi. Kepala mereka yang luas dan mata mereka lidless. Kaki mereka terbelakang dan memiliki panjang. 

axolatl

Pada jenis pejantan dikenali dapat dikenali melalui cloacae bengkak mereka dilapisi dengan papilla, sementara betina terlihat lebih luas untuk tubuh mereka penuh dengan telur. Tiga pasang insang eksternal mencuri (rami) berasal belakang kepala mereka dan digunakan untuk memindahkan air beroksigen. Eksternal insang rami dilapisi dengan filamen (fimbriae) untuk meningkatkan luas permukaan untuk pertukaran gas. Empat celah insang dilapisi dengan Gill Rakers yang tersembunyi di bawah insang eksternal. Axolotl memiliki gigi vestigial nyaris tak terlihat yang akan dikembangkan selama metamorfosis.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment