Membuat sendiri kolam koi



Membuat sendiri kolam koi (aquariumhias) -Perihal pertama yang butuh di perhatikan untuk penggemar koi pemula yaitu membuat kolam koi yang representatif untuk kelangsungan hidup serta kesehatan koi. Kualitas air didalam kolam koi adalah factor penentu keberhasilan memelihara koi. Keindahan serta kesehatan koi amat di pengaruhi oleh situasi air didalam kolam koi. kolam koi yang representatif meliputi syarat yang cukup untuk kehidupan koi serta keindahan bila dilihat. sebagian pengagum koi ada yang tidak terlampau menghiraukan segi ke-2 ini namun ada beberapa yang terlampau menghimpitkan segi keindahan namun melupakan syarat yang cukup kolam untuk koi. koi adalah ikan yang dapat terlihat indah bila dilihat dari sisi punggung tidak dari sisi samping, maka memelihara koi didalam aquarium tidak akan nikmati keindahan koi dengan optimal.

Kedalaman kolam koi
Beberapa orang berasumsi bahwa supaya bisa nikmati keindahan koi, mereka bikin kolam koi yang dangkal pada 30 cm hingga 50 cm saja, hingga koi mudah dilihat, sesungguhnya sah-sah saja asumsi ini, walau demikian kolam yang dangkal dapat bikin koi tidak dapat tumbuh didalam ukuran jumbo. apabila koi jumbo dipelihara pada kolam dangkal makin lama dapat bikin tubuh koi jadi bengkok hingga kurangi keindahan. jalan keluarnya yaitu membuat kolam koi dengan kedalaman yang cukup namun air senantiasa bersih serta jernih hingga walau kolam koi cukup didalam terus bisa lihat koi walau ada di basic kolam walaupun.
 
Bikin kolam koi yang representatif memanglah membutuhkan biaya yang tidak sedikit yang kadang-kadang berbenturan dengan biaya yang ada dikarenakan itu saat membuat kolam koi mesti sesuaikan dengan situasi. tambah baik kolam dengan ukuran kecil namun kualitasnya baik dari pada kolam yang besar namun kualitas airnya jelek. walau demikian prinsip basic kolam koi yang dapat dipegang yaitu mudah perawatan serta yang lebih mutlak bisa melindungi kesehatan serta kualitas koi.

Membangun kolam koi dengan pas dapat menambah keindahan
Disamping itu saat membuat kolam koi yang perlu dipertimbangkan yaitu berapakah jumlah koi yang dapat dipelihara serta berapakah ukuran koi yang dapat dicapai. ukuran kolam yang kecil serta dangkal tidak dapat beri dukungan perkembangan koi meraih ukuran jumbo. disamping itu bersamaan dengan perkembangan ikan koi didalam kolam dapat membuahkan kotoran serta kandungan amonia yang meningkat didalam kolam. perihal ini dapat punya pengaruh pada kesehatan serta kehidupan ikan koi.
Sumber oksigen mutlak saat membuat kolam koi
Agar bisa bikin kolam koi yang maksimal ada dua perihal yang butuh dipertimbangkan yang pertama yaitu sumber oksigen yang cukup serta sistem filter yang baik. sebagaimana hewan lain, ikan koi membutuhkan oksigen untuk bernafas serta cukup rawan dengan situasi kolam yang mimim oksigen. dikarenakan itu butuh supali oksigen yang cukup didalam kolam koi. oksigen dapat dihasilkan dari pergerakan air kolam koi, contohnya dibikin dengan air terjun atau dikerjakan menambahkan aerator pada kolam koi. sistem filter juga memegan fungsi yang mutlak untuk melindungi kualitas air didalam kolam.
 
Dikarenakan itu filter adalah equipment harus saat membuat kolam koi. sistem filter didalam kolam koi kurang cuma membuahkan air yang bersih serta jernih saja layaknya halnya kolam renang dengan memberikan chlorine contohnya. untuk koi chlorine adalah zat yang cukup beresiko untuk kelangsungan hidupnya. sistem filter didalam kolam koi juga mesti menanggung kolam koi bebas berbahan-bahan kimia beresiko. maka sistem filter biologis jadi pilihan didalam kolam koi.

Banyak hal mutlak sebagai catatan sebelum saat bikin kolam koi

1. Lokasi kolam koi
Tambah baik lokasi kolam koi yaitu di dekat tempat tinggal, supaya bisa nikmati keindahannya serta diberi makan sekurang-kurangnya 2 x didalam 1 hari. jauhi bikin kolam koi di bawah pohon dikarenakan daun-daun dapat mengotori kolam serta jauhi di tempat-tempat yang tidak aman dari hama serta orang tidak bertanggung jawab.

2. Bikin kolam koi tambah baik dibawah tanah, 
Dengan langkah menggali tanah. dikarenakan keindahan koi yaitu di bagian punggungnya. kolam koi layaknya akuarium kurang berikan panorama yang bagus untuk keindahan koi.

3. Sistem filter kolam koi yang baik
Sistem filter disini adalah mampu mensirkulasi kembali air yang kotor menjadi bersih.

4. Sumber oksigen untuk kolam koi
Sumber oksigen dapat diperoleh dari air yang diputarkan seperti air terjun yang berasal dari filter air, atau bisa juga pompa udara.

5. Ukuran kolam koi, 
Tempat yang ada janganlah dialokasikan seluruh untuk kolam koi namun sisakan 30% untuk area filter. cocokkan juga dengan jumlah ikan, ukuran ikan yang dapat dipelihara. pikirkan baik-baik apabila dapat membangun kolam koi dengan ukuran besar dikarenakan didalam operasional dapat membutuhkan daya pompa yang besar serta biaya perawatan yang semakin besar juga.

6. Kedalaman kolam koi, 
Idealnya kolam koi mempunyai kedalaman 2 mtr. atau bila tidak sangat mungkin lebih kurang mtr.. dengan kedalaman ini suhu pada kolam koi pada siang serta malam tidak alami perbedaan yang mencolok. pergantian suhu yang mencolok kuran baik untuk koi. koi mesti senantiasa beradaptasi dengan pergantian lingkungan. kolam yang didalam condong bikin perkembangan koi lebih cepat serta bikin koi aman serta nyaman.

7. Bentuk kolam
Pada prinsipnya bentuk kolam yaitu bebas sesuai selera, yang butuh jadi catatan bentuk kolam jangan sempat ada sisi yang mati ( death area ), yakinkan air senantiasa mengalir dari waterfall ke tiap-tiap penjuru kolam. sisi kolam yang mati dapat bikin bakteri serta gangang tumbuh serta berkembang di area tersebut.

8. Sudut serta basic kolam
Usahakan sisi pertemuan antar segi kolam melengkung serta hindari sudut 90 derajat, untuk menghindari dari area mati. sisi basic kolam janganlah dibikin rata, bikin sisi sangat sedang ( botom drain ) lebih didalam serta sisi pinggir ke arah sedang miring 20 hingga 40 derajat. kotoran ikan serta sisa-sisa makanan dapat mengendap di bagian basic kolam dengan jenis miring dapat bikin kotora terkumpul serta mudah dibersihkan.

9. Janganlah menyimpan material serta benda tajam pada kolam koi, 
Contohnya batuan sebagai hiasan, semen yang tidak halus pengaciannya. gerakan koi kadang-kadang sangt atraktif material ini dapat melukai serta membahayakan koi.

10. Pipa pralon untuk memberikan air. air terjun, 
Sistem filter, penguapan air dapat kurangi jumlah air didalam kolam, buat persiapan pipa pralon untuk memberikan air dengan mudah dari sumur atau pam.

11. Overflow, siapkan lubang pembuangan untuk mengantisipasi bila air meluap, contohnya dikarenakan hujan.

12. Bottom drain, lubang pembuangan di bagian basic kolam untuk bersihkan kolam.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment