Home » , » Cara membersihkan aquarium

Cara membersihkan aquarium

Written By harri akbar on Rabu, 10 April 2013 | 01.15


Cara membersihkan aquarium (aquariumhias) -Membersihkan aquarium butuh anda kerjakan dengan teratur untuk melindungi kesehatan ikan serta tumbuhan air yang ada didalamnya. terdengar sederhana memanglah, tetapi anda mesti tahu kapan waktu yang pas untuk bersihkan akuarium. bila anda telah lihat dinding akuarium beralih warna jadi hijau, itu bermakna alga telah mulai tumbuh didalamnya. ini yaitu waktu yang pas untuk bersihkan akuarium. tersebut disini tahap-tahap yang perlu anda lakuukan :

Step 1 : menyiapkan alat-alat
Ada sebagian perlengkapan yang dapat anda butuhkan layaknya, penyaring / penyedot air ( water siphon ), pembersih alga, keranjang sampah, baskom untuk muka ikan, jaring ikan, spons, serta kain. cukup sediakan alat-alat ini untuk bersihkan akuarium, tak perlu peralatan lain layaknya detergen atau semacamnya dikarenakan dapat beresiko untuk ikan.
Step 2 : Bersihkan ornamen serta kaca

Seluruh ornamen yang ada didalam akuarium mesti dipisahkan sesaat supaya anda dapat bersihkan akuarium dengan optimal. tak perlu alat bantu spesial untuk mengangkat ornamen-ornamen tersebut, cukup kerjakan dengan tangan. bila terlampau berat, anda dapat menghendaki pertolongan orang lain. sesudah mengeluarkannya maka bersihkan dulu ornamen-ornamen tersebut. pasir atau kerikil akuarium umumnya menaruh kotoran ikan yang cukup banyak. untuk membersihkannya cukup mudah, anda dapat menggunakan ayakan sembari menyirami batu serta kerikil tersebut dengan air mengalir. namun untuk hiasan lain, anda dapat gosok-gosok dengan kain sampai bersih. ini untuk singkirkan kotoran ikan atau alga yang melekat diatas ornamen. bila anda kesusahan untuk singkirkan alga, silahkan rendam didalam air panas sepanjang 10 menit untuk mematikannya.

Sesudah bersihkan ornamen, setelah itu bersihkan kaca dengan pembersih alga atau alat kerik spesial. anda dapat mengawalinya dari satu segi akuarium lantas dilanjutkan ke segi yang lain sampai seluruhnya terkena. ini juga untuk menghapus alga serta kotoran lain yang melekat di atasnya.

Step 3 : Ganti air
Sesudah bersihkan seluruh ornamen serta kaca, langkah selanjutnyaa yaitu mengganti air akuarium. air bersih amat dibutuhkan untuk melindungi kesehatan ikan. tempatkan ikan ke didalam baskom yang telah disiapkan pada mulanya. untuk mengambil air, anda dapat mengerjakannya dengan centong air atau supaya lebih praktis anda dapat menggunakan penyaring air spesial. untuk mempercepat sistem ini anda juga dapat menggunakan pompa air yang ada didalam akuarium. anda dapat ganti air dengan menyeluruh tetapi resikonya yaitu ikan dapat kaget, terlebih pada air yang tetap memiliki kandungan klorin yang tinggi. untuk mendapatkan air yang lebih sehat untuk ikan, anda dapat mengendapkan air sepanjang 1 hari sebelum saat memasukkannya ke didalam akuarium. anda juga dapat memasukkan water conditioner untuk menetralkan seluruh zat yang ada didalam air. jumlah yang perlu anda masukkan bergantung dari jumlah air yang diganti.
Step 4 : Teliti ph
Mengecek tingkat keasaman air butuh dikerjakan untuk hindari problem pada ikan. ph yang baik yaitu berkisar 7-7. 5. anda dapat mengecek keasaman dengan kertas indikator ph.
Step 5 : Masukkan seluruh ornamen serta ikan
Bila seluruh step di atas telah anda kerjakan, anda cuma butuh memasukkan seluruh ikan serta ornamen ke didalam akuarium.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Aquariumhias |
Copyright © 2013. Informasi Dunia Air - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Aquariumhias
Proudly powered by Blogger