Cara Mengatasi Air Kolam Koi Berbusa


Cara Mengatasi Air Kolam Koi Berbusa

Cara Mengatasi Air Kolam Koi Berbusa | Aquarium Hias -Salah satu hal yang sangatlah mengganggu kesenangan untuk lihat koi yaitu ada busa (foam) pada permukaan kolam. Sebenarnya busa ini tak memberi dampak negatif segera pada kesehatan koi, cuma saja keindahan kolam keseluruhannya bakal terganggu dengan kehadiran busa itu. 

Busa / foam itu secara umum terjadi sebagai akibatnya karena tingginya kandungan organik terlarut di air. bahan organik ini terutama yaitu berbentuk protein, yaitu dihasilkan dari bekas kotoran koi yang tak selekasnya terurai dalam system filtasi kolam (baca juga : Cara Menjaga Air Kolam Koi Jernih )

Hal ini juga bisa terjadi karena  protein tinggi  sisa makanan ikan yang mengendap ke dasar kolam koi. Tingginya bahan organik terlarut/protein di air bakal menyebabkan busa ketika air alami desakan baik dari system aerasi ataupun dari outlet pompa aliran kedalam kolam paling utama. Baigaimna menangani permasalahan busa ini ?

Cara Mengatasi Air Kolam Koi Berbusa

Berikut adalah cara untuk mengatasi air kolam koi tidak berbusa :
  • Lakukan pembersihan dengan cara manual berbentuk pengambilan busa dipermukaan dengan serokan yang mempunyai jaring halus dengan cara berkala.

  • Lakukan perubahan / mengganti air dengan cara regular sebesar 10-20 persen / hari perlahan-lahan tempat sampai keadaan air lebih baik darn tampak condong tak berlendir / berbuih lagi.

  • Kurangi frekwensi pemberian pakan serta menguarangi pemberian pakan protein tinggi.

  • Membuat / memasang skimmer protein yang lebih baik untuk kolam koi, untuk menolong relokasi kotoran di permukaan termasuk juga busa ke chamber settlement
Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Air Kolam Koi Berbusa, semoga bermanfaat untuk anda.

    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment