Cara Jitu Aquaponik Kolam Ikan


Cara Jitu Aquaponik Kolam Ikan

Cara Jitu Aquaponik Kolam Ikan | Aquariumhias -Kesuksesan satu usaha akuakultur sangatlah erat hubungannya dengan keadaan lingkungan yang optimum untuk keberlangsungan hidup serta perkembangan ikan yang dipelihara. Disamping itu, dalam satu system tertutup seperti kolam ikan dengan cara kontinu ikan menghasilkan limbah nutrien yang dengan cara perlahan-lahan tetapi pasti meraih level yang beracun (toksik) untuk ikan tersebut.

Menurut Colt (1991) dari 1 kg pakan dengan mengkonsumsi oksigen 250 gr, ikan keluarkan 340 gr CO2 serta 30 gr amonia lewat insang, 500 gr feses padat serta 5. 5 gr PO4-P. Losordo et al. (1998) sudah mengkalkulasi seputar 250-300 gr limbah berbentuk solid (dari feses serta residu pakan) dihasilkan oleh tiap-tiap 1 kg ikan. Menurut Zonneveld et al. (1991) tiap-tiap 1 kg pelet pakan yang dikonsumsi ikan bisa membuahkan NH4+-N sebesar 30 gr. Limbah akuakultur berbentuk gas salah satunya yaitu karbon dioksida (CO2) dari hasil respirasi biota akuatik serta hasil perombakan bahan organik dengan cara aerobik ataupun anaerobik oleh bakteri heterotrof.

Oleh karenanya, untuk melindungi lingkungan akuakultur supaya senantiasa dalam keadaan optimum jadi air media ikan diresirkulasi dengan lewat mekanisme filtrasi. Menurut Van Rijn et al. (2005) bahwa system resirkulasi untuk menyingkirkan nitrat dari system akuakultur untuk sebagian argumen, seperti ; 
(1) regulasi proteksi lingkungan diasosiakan dengan level nitrat yang diperbolehkan 11. 3 ppm (European council directive, 1998). 
(2) hindari penambahan nitrit juga sebagai akibatnya karena reduksi nitrat yg tidak prima. 
(3) stabilisasi kemampuan penyangga. 
(4) mengeliminasi karbon organik, ortofosfat serta sulfid dari air budidaya sepanjang sistem denitrifikasi.

Dalam system filtrasi konvensional sesungguhnya tak mengeliminasi limbah nutrien dari system akuakultur lantaran nutrien itu cuma tertahan sebentar di media filter yang lalu kembali lagi ke wadah akuakultur sedang pembuangan (discharge) limbah dari media filter akan memengaruhi lingkungan akuatik dengan cara luas, hal semacam ini sudah pasti bertentangan dengan kebijakan proteksi lingkungan dalam good aquaculture practices untuk biosekuriti serta water scarcity. Dengan hal tersebut, butuh dikerjakan usaha eliminasi limbah nutrien ini dengan mengalihkannya ke tingkat trofik lain hingga jadi satu product yang lebih berguna.

Cara Jitu Aquaponik Kolam Ikan
aplikasi aquaponik pada bidang miring

Akuaponik yaitu satu kombinasi system budidaya pada sub system hidroponik dengan sub system akuakultur hingga jadi satu system produksi pangan terpadu (tanaman serta ikan). Saat ini, Akuaponik jadi suatu jenis produksi pangan berkepanjangan yang mengutamakan pada rencana aliran nutrien yang menggabungkan prinsip-prinsip ekologis hingga tehnologi ini lebih alami serta sangatlah ramah lingkungan, membuahkan product organik lantaran bebas dari kerancuan bahan kimia (umpamanya ; disinfektan, pestisida, antibiotik, dan lain-lain). Diluar itu, akuaponik adalah system akuakultur yang di kembangkan untuk tempat terbatas hingga sangatlah utama untuk pengembangan akuakultur di daerah perkotaan (urban aquaculture).

System akuaponik sebaiknya mengikuti kaidah berikut :
  • Product limbah dari satu system biologis perfungsi juga sebagai nutrient untuk sistem biologis selanjutnya.
  • Kombinasi ikan serta tanaman adalah usaha polikultur yang membuahkan product ganda (ikan serta sayuran).
  • Air bisa dipakai kembali lantaran sudah lewat resirkulasi serta filtrasi dengan cara biologis.
  • Produksi pangan lokal ini bakal sediakan akses untuk pangan sehat serta tingkatkan ekonomi lokal.
  •  
Cara Jitu Aquaponik Kolam Ikan
aplikasi sederhana aquaponik bidang datar

Dalam akuaponik, efluen yang kaya nutrien dari bak ikan dipakai juga sebagai pupuk untuk produksi tanaman hidroponik. Hal semacam ini baik untuk ikan, lantaran akar tanaman jadi media permukaan untuk tempat tumbuhnya Rhizobacteria yang bakal merombak limbah nutrien dari system akuakultur. Nutrien ini dihasikan dari kotoran ikan, alge, serta bekas pakan yang bisa terakumulasi sampai level toksik dalam bak ikan, namun demikian sebaliknya bisa berperan juga sebagai pupuk cair untuk perkembangan tanaman dalam hidroponik. Dengan hal tersebut, hidroponik berperan juga sebagai biofilter untuk menyerap amonia, nitrat, nitrit, serta fosfor, jadi air yang bersih lalu bisa dialirkan kembali ke bak ikan. Bakteri nitrifikasi yang hidup dalam media filter serta berasosiasi dengan akar tanaman memegang peran paling utama dalam siklus nutrient ; tanpa ada mikroorganisme ini keseluruhnya sistem bakal berhenti berperan.
Alasan banyak Petani dan Pehobiis memilih Aquaponik :
  • Petani lihat kotoran ikan juga sebagai sumber pupuk organic yang baik untuk perkembangan tanaman.
  • Pembudidaya ikan lihat hidroponik juga sebagai salah satu cara biofltrasi untuk memfasilitasi akuakultur resirkulasi intensif.
  • Petani lihat akuaponik juga sebagai langkah untuk mengenalkan product organik ke pasar lantaran cuma memakai pupuk dari kotoran ikan yang sudah lewat sistem biologis.
  • Membuahkan dua product sekalian dari satu unit produksi.
  • Akuaponik bisa membuahkan sayuran fresh serta ikan juga sebagai sumber protein pada beberapa daerah kering serta ketersediaan tempat terbatas.
  • Akuaponik yaitu jenis produksi pangan yang berkepanjangan dengan kombinasi tanaman serta ikan serta sikulus nutrien.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment