Tips Memelihara Arwana dalam Aquarium

Tips Memelihara Arwana dalam Aquarium


Tips Memelihara Arwana dalam Aquarium | Akuarium Hias -Kelalaian yaitu sumber malapetaka untuk pengagum. Sekali saja lupa tak mengontrol aerator akuarium, bisa-bisa arwana mati. Terlebih asal-asalan, pasti lebih fatal mengakibatkan. Maka untuk pengagum yang sungguh-sungguh menyukai arwana, pastilah mencermati seluk-beluk di seputar perawatan. Harapannya, supaya arwana dalam akuarium dapat tampak anggun serta asri. Lalu apa yang perlu dikerjakan?

1. Cermati peralatan aquarium
Sukses tidaknya akuarium jadi tempat yang nyaman untuk ikan arwana, sungguh di pengaruhi oleh kelengkapan fasilitas pendukungnya.

Aerator
Manfaat aerator atau pompa hawa yaitu menyuplai hawa ke dalam air akuarium, serta sekalian menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pembakaran ke luar dari akuarium. Aerator disebutkan baik, bila arus listrik yang menggerakkannya kecil, namun hawa yang ditiupkannya relatif banyak.

Heater & Thermometer
Alat pemanas (heater) ini dibutuhkan terlebih pada saat suhu air akuarium turun mencolok. Sedang alat pengontrol suhu air atau termometer juga dipasang dalam akuarium. Di daerah dingin, heater serta termometer ini benar-benar diperlukan.

Filter
Manfaat filter atau penyaring untuk menyaring air dalam akuarium. Kerja filter meliputi ini untuk menyedot air akuarium, menyaring, serta mengembalikannya lagi ke dalam akuarium dalam keadaan bersih.

Lampu TL
Kehadiran lampu TL, tak hanya menyinarkan sinar, juga mampu membuat cantik tampilan akuarium. Namun, jangan sempat cahaya lampu TL malah menyebabkan panas yang melebihi keperluan. Idealnya untuk akuarium seluas 80×40 cm membutuhkan lampu TL berdaya 20 watt.

Tips Memelihara Arwana dalam Aquarium

2. Rajin lakukan perawatan akuarium
Harus bila Anda terlanjur menyukai ikan arwana dalam akuarium, cukuplah rajin lakukan perawatan. Karena déngan sekian itu, tampilan arwana dalam akuarium terlihat sehat, fresh, serta mengasyikkan.

Pemberian makanan
Menu utama arwana dalam akuarium yaitu kelabang. Namun janganlah terus- menerus di beri kelabang, baiknya divariasi déngan makanan lain. Misalnya : udang, kecoa, katak, lipan, kadal, ataupun jangkrik.

Pengontrolan & perubahan air
Tiap-tiap hari harus mengontrol suhu serta pH air. Adapun suhu air ideal untuk ikan arwana seputar 25-27 derajat Celcius. Apabila suhu air dingin, selekasnya nyalakan heater sampai suhu air sesuai sama keperluan. Sedang pH yang dikehendaki seputar 6-8, 5. Apabila pH terlampau rendah, maka imbuhkan kapur ke dalam akuarium. Diluar itu, sanitasi air butuh di perhatikan juga, silahkan menyembuhkan air akuarium déngan Malachite green, déngan frekuensi 3 minggu sekali.

Serta janganlah lupa, air akuarium juga ditukar. Tetapi perubahan air dipilahkan jadi dua, yaitu : (a) perubahan air dengan cara reguler tiap-tiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari semua volume air akuarium, serta (b) keseluruhan perubahan air dikerjakan tiap-tiap 3 bln. sekali. Bila Anda memakai air PAM, baiknya dilewatkan 24 jam terlebih dulu supaya kandungan khlor mengendap, serta kemudian dapat dimasukkan ke dalam akuarium.

3. Penataan interior akuarium
Kehidupan didalam akuarium yaitu tiruan lingkungan hidup di alam bebas. Oleh karenanya, butuh capekaan interior dalam akuarium. Ini bermakna menuntut animo estetika, hingga kombinasi pada keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana mampu menghadirkan nuansa kesejukan yang serasi.

Tanaman air
Mengingat asal-muasal ikan arwana yang sukai bersembunyi dibawah tanaman air, maka kita juga siap sediakan tanaman disebut. Terdapat banyak type tanaman air yang bisa diambil diantaranya : Vallisneria spiralis, Hidrilla verticillata, Riccia fluiutana, Higrophila polisperma, Pistia stratiotes, Najas indica, dsb.

Pasir batuan
Pasir dipakai untuk landasan peletakan batuan. Baiknya dipakai pasir sungai, yang tetap bercampur dengan humus. Di samping itu, di beri juga batuan serta terhitung karang-karangan. Ukuran batu idéal berdia mtr. 3 mm. Batuan itu mempunyai beragam corak serta warna yang bermacam tetapi terus indah.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment