Mengenal Ikan Hias Laut : Ikan Badut

Ikan Badut

Mengenal Ikan Hias Laut : Ikan Badut | Aquarium Hias -Artikel di bawah ini akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang clown fish atau dikenal juga sebagai ikan badut. Ikan badut yang ditemukan di laut dan terdiri dari sekitar 30 spesies yang berbeda. Ikan ini sangat berwarna-warni dengan pewarnaan yang berkisar dari kuning dan merah marun untuk warna oranye. Warna yang paling umum ditemukan adalah cerah oranye bercampur dengan garis-garis putih.

Ikan Badut

Ikan Badut biasanya ditemukan di perairan hangat. Samudera Pasifik, laut merah dan Samudera Hindia adalah beberapa tempat yang mana ikan badut berlimpah. Nama aneh ikan berasal dari pewarna yang ceria dan disposisi aktif. Banyak orang keliru percaya bahwa badut ikan adalah benar-benar bermain-main dengan semua kejenakaan. Tetapi, kenyataannya badut ikan adalah ikan agresif dan mereka sangat teritorial. Mereka berusaha keras untuk melindungi wilayah mereka.

Rumah yang paling umum untuk badut ikan adalah antara tentakel Anemon laut. Ini adalah rumah bermain yang unik dan ikan badut kecil yang mampu untuk hidup tanpa tersengat oleh tentakel Anemone. Ikan badut menggunakan Anemone untuk menyelamatkannya dari predator. Ikan terus diantara tentakel melambai Anemone dan bergerak di sepanjang waktu. Hal ini diyakini bahwa badut ikan mengembangkan semacam lendir khusus meliputi diseluruh tubuhnya yang membantu untuk menahan sengatan Anemone. 

Ikan badut bergantung pada Anemon laut untuk makan setiap hari. Setelah Anemone melumpuhkan dan makan ikan lain, ikan badut akan memoles dari sisa dimakan anemone. Sebagai imbalannya, badut ikan membantu untuk menjaga Anemone gratis tentakel mati dengan makan ini. Ikan badut juga membantu Anemone mendapatkan makanan dengan menggunakan warna yang cerah untuk memikat ikan yang tidak curiga yang ada di sekitar Anemone. Ini hubungan simbiotik antara Anemone dan ikan badut.

Ikan Badut
ikan badut dalam kelompok
Ikan badut membentuk ikatan yang sangat kuat dengan pasangan mereka. Mereka meletakkan telurnya dalam kelompok besar. Telur ini yang diletakkan di atas karang atau batu berdekatan Anemone. Kedua induk kemudian menjaga telur ini untuk rentang waktu 3-5 hari. Setelah telur menetas pejantan dapat menginap untuk mengurus muda sampai mereka mencapai kematangan seksual.

Ikan badut biasanya tidak dimakan oleh ikan lain karena mereka disimpan aman oleh tentakel menyengat Anemone. Karena mereka hidup dengan tenang diantara karang dan anemone, mereka tidak pernah diburu ikan lain. Tetapi baru-baru ini, ikan ini telah menjadi sangat populer penduduk akuarium air laut. Warna, kejenakaan, dan keindahan ikan ini telah mempesona banyak orang. Mereka secara khusus dicari setelah di Eropa dan Amerika Serikat. Banyak terumbu karang telah dihancurkan untuk mendapatkan ikan ini.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment