Ikan Mas Komet

Ikan Mas Komet

Ikan Mas Komet (Carassius Auratus) | Aquarium Hias - punya kebiasaan di panggil ikan komet mempunyai ciri fisik yang sangatlah khas,ikan komet mirip ikan mas biasa hanya saja memiliki sirip dan ekor yang lebih panjang dengan bentuk tubuhnya agak pipih.

Nyaris semua badan ikan komet ditutupi oleh sisik terkecuali sebagian varietas yang mempunyai sebagian sisik. Sisik ikan komet merupakan juga sisik sikloid yang kecil. Sirip untuk punggung memanjang serta di bagian belakangnya berjari keras. Letak sirip punggung bersebrangan dengan sirip perut. Garis rusuk atau line literalis pada ikan mas komet termasuk komplit ada di pertengahan badan serta melentang dari tutup insang hingga ke ujung belakang pangkal ekor.

Ikan berpostur ramping ini pertama kali dibudidayakan oleh orang-orang Cina pada th. 1729. Awalannya bentuk ikan komet ini seperti ikan maskoki. Lantaran ke-2 type ikan mas ini masih tetap satu bangsa, yaitu dari keluarga Cyprinidae. Pada zaman Dinasti Ming (th. 1368-1644) popularitas ikan komet semakin menanjak. Waktu inilah bermunculan beragam jenis ikan mas koki dengan badan yang unik serta beragam. Kemudian, penyebaran ikan komet berkembang hingga ke Negeri Sakura.

Ikan komet di alam umumnya memijah sesudah musim hujan lantaran ketika musim hujan banyak daratan yang terendam air yang sudah kering pada sebagian bln.. Perihal ini pula yang merangsang ikan untuk memijah pada tempat yang tergenang itu. Hal semacam ini karena sebab daerah yang terendam itu keluarkan bau khas dari dalam tanah, hingga merangsang induk ikan memijah ditempat itu. Diluar itu, ikan komet betina umumnya bertelur di dekat tumbuhan di di air dangkal yang tertembus cahaya matahari, telur-telur itu lalu melekat pada akar tanaman air yang lembut.

Siklus hidup ikan yang mempunyai darah keturunan ikan maskoki ini diawali dari perubahan didalam gonad (ovarium pada ikan betina yang membuahkan telur serta testis pada ikan jantan yang membuahkan sperma), lalu telur bakal dibuahi oleh sperma serta menetas kurun waktu 2-3 hari. Kemudian jadi larva serta jadi ikan komet dewasa yang cantik.

Apakah anda tertarik untuk jadi hobiis ikan komet, ditanggung anda akan tidak kecewa dengan tampilan ikan yang dapat bikin akuarium atau kolam dirumah anda jadi ramai serta hidup lantaran lenggak-lenggok badannya yang ramping bak peragawati kelas atas dengan ekornya yang panjang menjuntai

Previous
Next Post »
Thanks for your comment