Indahnya Ikan Frontosa dalam Aquarium

Indahnya Ikan Frontosa dalam Aquarium

Indahnya Ikan Frontosa dalam Aquarium | Aquarium Hias -Frontosa Cichlid (Cyphotilapia frontosa) atau Humphead Cichlid adalah ikan dari keluarga Cichlide yang asli diketemukan di danau Tanganyika, Afrika Timur. Di alam aslinya, Frontosa bisa tumbuh sampai 35 cm sedang di aquarium cuma dapat memiliki ukuran 20 – 30 cm.
Indahnya Ikan Frontosa dalam Aquarium

Ikan ini berwarna jelas dengan pita hitam besar vertikal sejumlah 6 – 7 buah berwarna hitam kebiruan. Sirip, ekor serta kepala juga berwarna biru. Ikan ini memerlukan aquarium yang lebar untuk perawatan serta berbentuk tak terlampau agresif bila dalam grup. Frontosa berbentuk karnivora jadi janganlah dipelihara berbarengan ikan yang lebih kecil lantaran ikan ini bakal membuatnya santapan. Meskipun terlihat tak ada permasalahan dalam grup, sebenarnya ikan ini bakal berbentuk teritorial waktu telah temukan tempat yang pas.
Indahnya Ikan Frontosa dalam Aquarium
Tempat Hidup
Frontosa hidup di air dalam, bahkan juga lebih dalam di banding ikan yang umum menghuni rongga. Mereka hidup pada keadaan suhu 23 – 290C serta pH 7 – 8, 9 dengan kedalaman 10 – 50 m. Ikan ini berbentuk monomorfik yakni nyaris atau bahkan juga tak ada ketidaksamaan fisik pada jantan serta betina. Jantan umumnya memiliki “jenong” (punuk diatas kepala) di banding betina tetapi ini tidak selamanya. Frontosa adalah perenang lambat serta tak melepas banyak daya untuk berburu mangsa, hingga perburuan condong dikerjakan malam hari. Juga sebagai mouth-brooder, frontosa berbentuk polygamous atau jantan tak dalam cuma satu pasangan waktu bertelur. Tehnik breeding frontosa tak terlampau sulit di aquarium.
Indahnya Ikan Frontosa dalam Aquarium
Mencari Pasangan
Letakkan satu jantan serta sebagian betina dalam satu tangki. Waktu melakukan aktivitas seksual, jantan bakal beralih jadi lebih biru terlebih pada hidungnya. Sesudah memililih betina, jantan bakal memastikan tempat serta melaunching semen untuk mengisyaratkan di mana dia pergi. Tempat yang diambil umumnya berbatu untuk betina melepas telur. Betina bakal melepas telur serta mengulangnya sekian kali serta sebenarnya semen jantan cukup dapat membuahi seluruhnya telur betina sebagian menit sesudah telur dikeluarkan. Betina bakal letakkan 50 telur yang sudah dibuahi di mulutnya serta menahannya sepanjang 5 minggu. Anak ikan yang launching mesti selekasnya dipisahkan dari dewasa lantaran anak ikan yang memiliki ukuran kurang dari 3 inci bakal dikonsumsi oleh dewasa.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment