Penyakit Pada Ikan Mas Koki

Penyakit Pada Ikan Mas Koki


Penyakit Pada Ikan Mas Koki | Aquarium Hias - Maskoki tak dianugerahi system kekebalan badan yang bagus. Sebagian penyakit selalu mengincar seperti yang dihadapi peternak ikan hias dan pehobiis di tanah air. Pemicunya pergantian lingkungan serta berkurangnya kwalitas air.

1. White spot
Pemicunya protozoa Ichyophirius multifilis. Gejalanya, badan ikan terlihat ada bintik-bintik putih. Karena gatal, ikan kerap mengosok-gosokan tubuh ke basic kolam. Serangan itu makin hebat ketika berlangsung pergantian suhu ekstrim. Di Indonesia, penyakit itu ditanggulangi dengan menggunakan garam dapur. Dosis penggunaan satu sendok per kubik air.

2. Cacing anchor
Nematoda itu kerap menyerang sirip dada serta di bawah sirip punggung. Biang keladi penyakit ini yaitu Learnaea sp. Parasit yang sukai membenamkan kepalanya itu mengakibatkan perkembangan ikan terganggu karena mengisap sari-sari makanan. Disini, ia diatasi dengan formalin 25 ppm atau larutan Sumithion 50EC serta Dipterex 50 EC. Dosis 1 gr per kubik air

Penyakit Pada Ikan Mas Koki
mas koki sehat, siap kirim

3. Kutu air
Kutu berupa bulat pipih, Argulus sp, suka mengisap darah ikan. Ikan yang diserang menanggung derita anemia, lantas mati. Langkah perlakuan sama dengan menangani cacing anhcor

4. Infeksi sporozoa
Ada 3 type sporozoa yang kerap menyerang, Myxobolus, Myxosoma, serta Thelohanellus. Ketiganya menyerang insang sampai bengkak. Ia juga menghalangi pertukaran oksigen serta karbondioksida dalam darah. Penyakit itu bisa ditanggulangi dengan menyebar 200 gr per mtr. persegi kapur waktu kolam dikeringkan.

5. Cacing kulit

Seperti infeksi sporozoa, penyakit ini menyerang insang. Pemicunya trematoda Dactylogyrus serta Gyrodactylus. Gejalanya, ikan yang diserang tunjukkan tanda-tanda berenang tersentak-sentak serta corak badan memudar. Bila didiamkan menyebabkan kematian ikan. Penyakit ini diatasi dengan larutan formalin sejumlah 20 tetes per 5 liter air.

Terima kasih sudah berkunjung, Sumber didapat dari rangkuman pehobiis ikan dan googling.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment