Bumblebee Goby (Brachygobius Xanthozona)

Bumbleebee Goby | Akuarium Hias -yaitu ikan yg tidak terlampau memerlukan tempat yang luas. Ikan ini bisa diletakkan dalam tangki yang memiliki ukuran kecil apabila dipelihara dengan cara berpasangan. Akuarium yang dipakai untuk ikan ini memiliki ukuran minimum cukup 30x20x20 cm atau berkapasitas 12, 5 liter saja. Ukuran akuarium yang semakin besar lagi dibutuhkan apabila memeliharanya dengan cara berkelompok. Ikan ini bisa hidup di air tawar sepanjang sebagian sebelum pada akhirnya kondisinya memburuk atau jatuh sakit lalu lalu mati. 

Bumblebee Goby

Memanglah lantaran sesungguhnya habitat asli ikan ini ada di perairan payau hingga tak demikian pas apabila diletakkan di air tawar, walau di alam liar kadang-kadang ikan ini ditemukan di air tawar. Karenanya keadaan air dalam akuarium mesti sedikit payau lewat cara memberikan air laut kurang lebih seputar seperempat dari volume akuarium. Sebisa-bisanya, siapkan banyak tempat persembunyian seperti pipa, tabung plastik panjang, kayu (bogwood), pot bunga kecil atau bebatuan lantaran ikan ini benar-benar teritorial. Substrat yang terbaik untuk ikan ini yaitu pasir. Gerakan air juga di buat minimal lantaran ikan ini suka pada keadaan air yang tenang.

Bumbleebee goby umumnya menampik di beri pakan kering, hingga pakan terbaik untuk ikan ini yaitu pakan hidup seperti bloodworm, daphnia, atau brine shrimp.

Meskipun ikan ini berperangai pendamai tetapi ikan ini yaitu ikan yang teritorial. Tambah baik dipelihara dengan cara berkelompok. Ikan ini dapat pula dipelihara berbarengan ikan air payau yang lain yang kecil dan pendamai seperti halfbeaks, glassfish, molly, atau spesies goby yang lain, tetapi tambah baik ikan ini dipelihara dalam akuarium spesies dengan cara berkelompok. Minimum ada 6 ekor goby dalam satu akuarium spesies. Apabila menempatkannya dalam akuarium komune janganlah memeliharannya berbarengan ikan yang memiliki ukuran jauh semakin besar atau lebih agresif supaya goby ini tak jadi mangsa untuk ikan itu.
Bumblebee Goby
Badannya berupa memanjang dengan warna kuning serta hitam yang berselang-seling hingga ikan ini dinamai " bumblebee " atau ikan tawon. Ikan ini umumnya berenang dengan cara perlahan-lahan di basic akuarium. Sesungguhnya ada sembilan spesies dalam genus Brachygobius yang sudah ditemukan. Sebagian salah satunya kerap diimpor untuk ikan hias serta di jual dengan nama " Bumblebee goby ". Spesies B. xanthozona yaitu yang paling populer, type ini bisa dikenali dengan cara jeli lewat cara mengkalkulasi tulang sirip anal. Tulang sirip anal pada type ini sejumlah delapan. Tetapi sayangnya, umumnya ikan-ikan dalam genus Brachygobius ini di jual dengan nama yang sama hingga kita tak bisa tahu dengan cara persis terhitung type apa ikan itu. Ikan ini di jual dengan harga seputar Rp. 5000, -.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment