Kendala dan Pemecahan pada Kolam Ikan

Kendala dan Pemecahan pada Kolam Ikan | Aquarium Hias -Hambatan mempunyai kolam semen cukup banyak, serta umumnya orang tak tahu langkah pemecahannya, hingga bakal memikirkan 2 x untuk membuatnya,


kolam ikan ideal

Hambatan yang kerap dihadapi :
  • Air yang menghijau dengan kata lain tak jernih.
  • Umumnya kolam sesudah satu tahun lebih atau mungkin bahkan juga sebagian bln. saja telah mulai bocor.
  • Ikan senantiasa di permukaan karena oksigen di air yang kurang
  • Penyakit/pH air
  • Ada jentik-jentik nyamuk juga adalah satu diantara pertimbangan tidak untuk bikin kolam semen di dekat rumah
  • Kodok
Pemecahan Masalah 

kolam ikan ideal
air kolam berwarna hiau
1) Air Kolam Hijau/Keruh
Kita kerap merasakan suatu kolam yang terbuat dari semen cuma bisa lihat air yang berwarna kecoklatan atau mungkin kehijauan bahkan juga hijau pekat, tanpa ada bisa lihat ikan di dalamnya. Lalu apa gunanya kita mempunyai kolam? Warna air yang hijau dikarenakan oleh lumut yang mengapung di air, bila lumut itu tumbuh di dinding kolam malam bisa jadi makanan untuk ikan. lumut yang mengapung di air ini tumbuh dikarenakan oleh sebagian aspek tersebut :

a. Letak kolam yang kena matahari langsung
Cahaya matahari sesungguhnya sangatlah punya pengaruh pada kecerahan dari warna sisik ikan. Walau demikian apabila kolam tak mempunyai sistem penyaringair yang baik baiknya letak kolam tak terserang matahari segera (didalam rumah), kita bisa ganti penyinaran dengan lampu pijar.

b. Masuknya air hujan
Diatas kolam dapat kita pasangi atap transparan.

c. Tak ada aliran air
Aliran air yang baik bisa didapat dengan menambahkan penyaring air, baik yang buatan ataupun alami atau mungkin keduannya. Dengan itu meskipun kolam kita kena matahari segera air kolam akan tidak berwarna hijau.

d. Type ikan yang kotorannya gampang mengakibatkan air jadi hijau.
Penentuan type ikan seperti ikan mas, patin, lele, gurami adalah sebagian ikan yg tidak gampang mengakibatkan pergantian warna air, hingga kita bisa nikmati mempunyai kolam serta bisa lihat ikan berenang ke sana-kemari tidak cuma lihat air hijau atau mungkin cokelat saja. Sedang ikan yang kotorannya gampang mengakibatkan air berwarna hijau yaitu ikan nila.

e. Populasi ikan
Populasi ikan berbanding lurus dengan kotorannya makin banyak ikan makin banyak juga kotorannya hingga melebihi daya bersih penyaring air baiknya dengan padat tebar 5 - 10 ekor/m2. Juga sebagai misal bila kita mempunyai kolam memiliki ukuran 1, 5 x 3 m, bermakna kita mempunyai 4, 5 m2 bermakna bisa di isi 45 – 50 ekor dengan catatan hingga umur 6 – 7 bln. (umur dewasa/konsumsi) sesudah berumur itu jumlah ikan sebaiknya dikurangi.
 
Seluruhnya aspek pemicu air kolam berwarna hijau/keruh terkecuali populasi ikan bisa diatasi apabila kita mempunyai sistem penyaring air yang baik.

2) Kolam BocorKolam yang gampang bocor umumnya dalam pembuatannya kurang pas dalam perbandingan semen serta pasir untuk pasangan bata tidak cuma pada aciannya saja, perbandingan pasir serta semen sangatlah memastikan ketahanan kolam. Acian dengan perbandingan semen pasir 1 : 1 bisa menghindar terjadinya kebocoran ini. Memanglah kita bakal keluarkan cost lebih namun itu tambah baik dari kita terus-terusan menambal kolam yang bocor lebih detilnya telah diterangkan dibagian PembuatanKolam.

Kebocoran bisa pula berlangsung karena akar pohon yang menembus dinding kolam hingga mengakibatkan keretakan. Terlebih pohon papaya, akar pohon papaya bisa dengan gampang serta relative lebih cepat bikin dinding kolam kita retak serta bahkan juga bila kita biarlah bisa merobohkan dinding kolam. Baiknya pohon di seputar kolam memiliki ukuran tengah juga sebagai perindang di tepi kolam seperti Kamboja Jepang, jauhi pohon yang berbatang keras serta yang gampang rontok daunnya.

Bila berlangsung kebocoran, cermati batas paling rendah ketinggian air kolam, maka pastinya kebocoran berlangsung tak jauh dari batas paling rendah air itu. Kurangi debit air kolam, lantas mencari kebocoran itu, tandai, sesudah seluruhnya kebocoran kita dapatkan barulah kita tambal kebocoran itu dengan semen. Retak rambut pada dinding kolam dapat juga kurangi debit air kolam, ini bisa diatasi dengan lem spesial untuk kolam yg tidak memiliki kandungan amoniak (yang memiliki bahan amoniak), lantaran bisa meracuni penghuni kolam.

3) Kekurangan Oksigen dalam AirIkan senantiasa di permukaan dapat karena kekuarangan oksigen yang dikarenakan oleh gas yang dihasilkan oleh kotoran serta urien ikan (amoniak). Dapatlah lantaran tak menggunakan sistem penyaringan yang benar. Kekurangan oksigen di air bisa diatasi lewat cara :

a. Pengaliran udara ke air untuk menambah kandungan oksigen dengan pancarkan air atau mungkin melupakan gelembung udara ke air dimaksud sistem Aerasi, sedang alatnya bernama Aerator.

b. Yakinkan saringan serta aerator bekerja dengan benar. Aliran air mesti jalan dengan baik. Memberikan air fresh ke kolam atau mungkin menambahkan air dari air hujan dari atap rumah yang disalurkan ke kolam hingga air bertukar. Untuk type ikan mas Koki atau mungkin ikan mas Comets disarankan tidak untuk memberikan air hujan lantaran bisa mengakibatkan penyakit. Tengah untuk type mas Koi atau mungkin ikan mas umum tak dipengaruhi oleh menambahkan air hujan di kolam.

c. Penambahan tanaman air juga efisien menambah kandungan oksigen di air lewat sistem fotosintesis.

4) Penyakit/pH air
Pada awal saya mempunyai kolam, apabila pelihara ikan mas comets selang beberapa saat ikan itu mati, nyatanya ini dikarenakan oleh kandungan pH air hujan yang relative rendah. Air hujan dari atap rumah berniat saya salurkan beberapa ke kolam. Dengan masuknya air hujan ke kolam menyebabkan pH air jadi rendah, pH air yang rendah menyebabkan ikan gampang terkena penyakit. pH air hujan yang rendah dapat juga mengganggu perkembangan serta turunkan nafsu makan ikan.

Arang umumnya dipakai dalam industri rumah tangga berbentuk bahan bakar, diluar itu juga dipakai juga sebagai kombinasi media tanam untuk tanaman Anggrek. Arang memiliki pori yang efisien untuk mengikat serta menaruh hara dalam tanah. Pemberian arang pada tempat marjinal bisa bangun serta menambah kesuburan tanah. Arang bisa menambah manfaat aliran udara serta air, menetralisir pH tanah, menyerap keunggulan CO2 dalam tanah, hara dalam arang kompos bakal dilepaskan dengan cara perlahan-lahan sesuai sama keperluan tanaman, hara tak gampang tercuci hingga bakal senantiasa ada pada keadaan siap gunakan untuk tanaman. Arang bisa pula dipakai untuk menetralisir pH serta menyerap CO2 di air.
Menambah pH bisa dikerjakan dengan memberi aerasi yang intensif, melupakan air melalui pecahan kerikil serta arang, pecahan kulit kerang atau mungkin potongan batu kapur. Atau mungkin dengan memberikan dekorasi memiliki bahan basic kapur seperti tufa, atau mungkin pasir kerikil. Atau mungkin dengan lakukan pergantian air. Menambahkan alat penetral pH simpel bisa menangani persoalan ini.

Bila kita lihat ikan yang paling disayangi kita mengapung tak aktif mencari makan itu dan sisik yg tidak cerah itu tandanya ikan terkena penyakit yang umumnya terserang virus. Ikan yang sehat senantiasa aktif mencari makan hingga tidak sering di permukaan. Manfaat menangani serangan virus, larutkan obat Enro 0, 15 ml, 200 gr garam ikan pada 3 liter air masukkan ikan yang terkena penyakit ke larutan itu sepanjang 30 menit.
 
5) Nyamuk
Kita seluruhnya pasti telah mengetahui seranga kecil satu ini ia sukai menggigit serta mendengung di telinga waktu kita ingin tidur. Ya nyamuk, sebagian type nyamuk adalah pembawa penyakit seperti demam berdarah maupun malaria. Nyamuk sangatlah suka bertelur pada air yang menggenang serta kolam adalah tempat yang prima hingga mereka bakal dengan suka hati bertelur disana. Sesudah telur-telur itu menetas jadilah mereka jentik-jentik kecil yang bergerak. Jentik-jentik nyamuk adalah makan untuk ikan spesifik, namun tak untuk seluruhnya ikan. Ikan nila, cupang (ikan aduan), adalah sebagian ikan-ikan yang mengonsumsi jentik nyamuk. Bila kita pelihara ikan mas, koi, atau mungkin lele baiknya kita masukkan juga ikan nila seekor atau mungkin sebagian ikan cupang untuk mengonsumsi jentik-jentik itu. Air yang bersih mempermudah ikan untuk temukan jenitik-jentik nyamuk, hingga sangat utama dalam melindungi kebersihan kolam. Bersihkan kolam dengan cara berkala agar tak bau atau mungkin dengan menambahkan air fresh dapat juga, sekali dalam satu bulan, cukup untuk menjaga kolam.

6) Kodok
Kodok adalah hewan ampibi, ketika bereproduksi kodok bakal mencari air untuk bertelur (umumnya saat malam hari), gemericik air di kolam menuntun kodok jantan kesana. Kodok jantan bakal bernyanyi untuk memanggil betinanya. Serta waktu keduanya bersua kodok jantan bakal memeluk erat punggung betina serta merangsang betinanya untuk keluarkan telur ketika berbarengan keluarkan seperma untuk membuahi telur itu. Sesudah telur ada di air dalam sekian hari telur bakal menetas jadi berudu atau mungkin kecebong yang serupa dengan ikan bernapas memakai insang, dari tiap-tiap pasangan bisa membuahkan beberapa ratus ekor kecebong. Pikirkan bila ada lima atau mungkin enam gunakan maka jumlah sangatlah banyak, serta kecebong dapat penuhi kolam.

Kecebong memerlukan oksigen juga hingga bisa mengganggu penghuni lain yang ada di kolam, apa lagi bila musim hujan jumlahnya bakal semakin banyak lagi. Dalam menangani persoalan kodok, kita mesti menutupi jalan masuk kodok dewasa ke kolam. Saluran air umumnya jadi jalan masuk, tutup dengan memakai kawat kasa yang umum dipakai untuk bikin kandang ayam.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment