Peranan Oksigen dalam Kolam Koi

Peranan Oksigen dalam Kolam Koi


Peranan Oksigen dalam Kolam Koi | Aquarium Hias -Oksigen memegang fungsi yang benar-benar utama untuk keberlangsungan organisme hidup dimanapun, terhitung ikan koi pada kolam. Kematian ikan koi banyak dikarenakan oleh kandungan oksigen di kolam yang rendah. Supaya ikan koi yang paling disayangi di kolam senantiasa dalam keadaan yang sehat serta indah maka utama untuk dipahami apakah kandungan oksigen terlarut (disolved oxigen) didalam air terlampau rendah atau tidak? Bila ya bagaimana menambah konsentrasi oksigen pada air kolam? Bagaimana kita dapat menguji kandungan oksigen dalam air kolam? Bagaimana kita dapat memperoleh oksigen ke sisi bawah kolam. Pertanyaan itu utama untuk hidup ikan koi yang paling disayangi kita supaya terus tumbuh sehat, indah serta maksimal.

Oksigen dengan konsentrasi rendah bisa mengakibatkan ikan jadi makin rawan pada penyakit serta juga mati tiba-tiba. Yang menyedihkan yaitu ikan koi memiliki ukuran besar mati pertama saat tingkat oksigen terlampau rendah.

Konsentrasi Oksigen pada kolam koi bakal menyusut saat : penambahan suhu terlebih diatas 80 ° F, keunggulan jumlah ikan koi di kolam, meningkatnya jumlah materi membusuk pada kolam, aliran yang jelek atau tak ada aliran air kolam.

Memindahkan air dengan bikin aliran menolong udara tercampur ke dalam air serta menambah oksigen terlarut didalam air.
Peranan Oksigen dalam Kolam Koi
Bikin air terjun serta semburan air dengan jet pump bisa bikin aliran air dengan menjadi lebih baik. Langkah lain yaitu dengan memberikan pompa udara (aerator) serta batu-batu yang mempunyai lubang kecil untuk menambah konsentrasi oksigen. Pencampuran berjalan di permukaan untuk gelembung udara serta dengan gerakan air permukaan membuat konsentrasi udara dalam kolam menjadi baik.

Dengan menambah disolved oxygen dalam air kolam, maka bakal jadikan air kolam lebih sehat. Meningkatnya jumlah oksigen dalam kolam akan menambah jumlah bakteri aerobik pada kolam koi. Bakteri aerobik yaitu bakteri baik didalam kolam koi, mereka tumbuh serta makan tumbuhan yang sudah membusuk mati, alga serta kotoran kolam sampai 30 kali lebih cepat dibanding dengan bakteri anaerob (an-aerobik).

Peranan Oksigen dalam Kolam Koi
Bakteri anaerobik yaitu bakteri yang hidup serta tumbuh pada keadaan tak ada oksigen. Karenanya menjaga suplai oksigen yang konstan benar-benar menambah kekuatan untuk bakteri aerobik untuk berkembang serta melindungi basic kolam koi Anda bersih, air jernih serta ikan sehat.

Mengingat utamanya oksigen terlarut didalam kolam koi, alangkah sebaiknya bila selalu dikerjakan pengukuran kandungan oksigen dengan water test kit atau DO Mtr.. Setelah itu anda dapat memberikan waterfall, bakki shower, jet pump atau aerator untuk memberikan kandungan oksigen pada kolam koi. Ikan koi jadi sehat serta mengasyikkan.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment