Pemijahan Ikan Oscar

Pemijahan Ikan Oscar | Aquarium Hias -bisa dikerjakan pada indukan yang sudah berusia 1. 5 th., atau panjang badan seputar 15 cm. Dalam memijah, Oscar berperilaku serupa dengan Discus, yakni ikan ini bakal membuat pasangan sendiri-sendiri. Oleh karenanya seleksi, pasangan Oscar disarankan untuk dikerjakan dari Oscar berusia 5-6 bln., lewat cara mencampurkan 10 ekor atau lebih Oscar dengan type kelamin tidak sama.

Pembedaan jantan pada Oscar relatif susah dikerjakan, walau sekian ada sinyal umum yakni jantan mempunyai badan lebih panjang, sedang betina lebih membulat. Pada saat kimpoi betina bakal memberikan perut yang gendut. Langkah lain yaitu dengan berikan pakan pada ikan yang berkaitan dengan jumlah banyak. Pada keadaan sekian makanan yang ada dalam perut ikan bakal menghimpit organ kelamin ikan hingga gampang dilihat. Jika tabung kelamin sempit serta mengarah kebelakang maka ikan itu yaitu jantan, sedang apabila lebar serta mengarah kedepan betina.

Pemijahan bisa dikerjakan pada bak semen memiliki ukuran 150 x 100 x 50 cm dengan ketinggian air 30 cm. Kedalamnya input lempengan batu bersih untuk area untuk menempelkan telur. Setelah itu ikan yang sudah membuat pasangan serta masak telur dimasukkan kedalamnya. Bak ini sebaiknya ditutup sedemikian rupa hingga membuat situasi teduh. Pemijahan umumnya bakal berlangsung pada siang serta sore hari. Jika telur sudah terlihat melekat pada media, maka pindahkan media itu ke akuarium penetasan. Akuarium penetasan dapat berbentuk akuarium dengan ukuran 70 x 40 x 40 cm yang di isi air setinggi 10 cm. Beri aerasi dengan kemampuan lemah. Kurun waktu 3 hari telur biasanya telah bakal menetas.

Sampai usia 4 hari burayak Oscar tak perlu di beri pakan. Pada periode ini mereka bakal mengonsumsi cadangan pakan yang ada pada kantung telurnya. Pada hari ke-5 burayak mulai di beri rotifera atau cyclops untuk pakan. Hari ke-10 telah bisa di beri kutu air saring, serta hari ke 14 telah bisa diberikan kutu air normal. Setelah itu bisa di beri cacing rambut. Dalam sekali memijah Oscar bisa melepas 1000 - 4000 butir telur.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment