Khasiat Bawang Putih untuk Ikan Koi

Khasiat Bawang Putih untuk Ikan Koi

Khasiat Bawang Putih untuk Ikan Koi | Aquarium Hias -Siapa sangka jika bawang putih akan jadi tonik untk meningkatkan daya tahan tubuh ikan koi terhadap penyakit. bawang putih telah populer sbg antibiotik mengalami untk penyakit manusia. tetapi pun akan difungsikan untk preventif penyakit pd ikan hias khusus kolam tsb. konon penggunaan bawang putih sudah di lakukan oleh beberapa pembudidaya tambak udang yg adanya di Lampung.

Bawang putih sudah di ketahui sbg tanaman obat yg dapat menangkal/menyembuhkan banyaknya penyakit. layaknya halnya tbc, influenza, antidiabetes, menurun-kan tekanan darah tinggi, mengobati terluka bakar, rematik, mencegah keracunan hati, antikolesterol, serta lainnya. bahkan juga pun berkasiat mencegah penyakit kanker.

Sehingga hal ini masuk akal jika bawang putih pun akan dijadikan sbg antibiotik mengalami untuk hewan dan ikan. bahan dan kandungan dlm bawang putih yg disebut allicin sanggup dengan cara efisien membunuh kuman dan bakteri. disamping itu bawang putih pun mengandung sativine yg bermanfaat mem-percepat pertumbuhan sel serta jaringan.

Bawang putih vs KHV

Salah satu penyakit koi yg mencukupi mematikan yaitu koi herpes virus (khv). penyakit ini memiliki sifat akut serta ganas dan akan menyebabkan kematian ikan dengan cara massal dlm saat yg relatif singkat.

Ternyata ikan-ikan koinya mati karena penyakit khv yg dikarenakan virus. ironisnya penyakit ini belum adanya obatnya serta penanggulangannya hanyalah dgn mencegah.

Untunglah, uji mencoba yg di lakukan di IPB lalu menunjukan bahwasanya memanfaatkan bawang putih untk meningkatkan daya tahan ikan kesayangannya terhadap penyakit khv. caranya yaitu dgn bikin formula pakan tonik untk koi, dgn mencampurkan sari bawang putih pd makanan koi 

Ternyata pakan tonik tsb terbukti ampuh. kematian ikan berkurang, malahan kelihatan lebih sehat sejak sebelumnya. Air kolam yg sebelum itu dipenuhi busa karena lendir ikan yg sakit telah kembali jernih.

Cara Pembuatan Pakan Anti KHV

Untuk bikin pembuatan pakan anti khv pd dasarnya mencukupi gampang. bawang putih yg sudah dikupas, dicampur air lalu diblender. cairan yg dihasilkan disaring untk mendapatkan sari serta memisahkannya sejak ampas. 

Untuk takaran dan perbandingan bawang dgn air, berdasarkan hasil penelitian di ipb, idealnya yaitu 50 gram/100 ml air hingga dgn 70 gram/100 ml. Jika melebihi ukuran tsb dikhawatirkan formula ini tak berkerja dgn efektif. 

Setelah itu sari bawang tsb disemprotkan ke pakan ikan lalu dianginkan supaya menyatu dgn pakan. sesudah kering sehingga pakan siap diberikan kepada ikan.

Pemberian pakan akan di lakukan 2 x sehari jika telah adanya ikan yg kena sebelumnya. tetapi untk preventif mencukupi 1 x seminggu. Penggunaan pakan ini pun sanggup meningkatkan daya tahan ikan terhadap penyakit yang lain. mencukupi dgn anggaran murah, antibiotik serta tonik mengalami akan diracik dgn gampang dgn menggunakan bawah putih. serta ikan koi peliharaan jadi sehat terhindar sejak penyakit.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment