Pengaruh suhu pada budidaya ikan

budidaya ikan

Pengaruh suhu pada budidaya ikan (aquariumhias) -Air sebagai lingkungan hidup organisme air relatif tidak demikian banyak alami fluktuasi suhu dibanding dengan hawa, perihal ini dikarenakan panas type air lebih tinggi dari pada hawa. berarti untuk naik c, tiap-tiap satuan volume air membutuhkan sebanyak panas yang semakin banyak daripada hawa. pada perairan dangkal dapat tunjukkan fluktuasi suhu air yang semakin besar daripada perairan yang didalam. namun organisme membutuhkan suhu yang stabil atau fluktuasi suhu yang rendah. Supaya suhu air satu perairan berfluktuasi rendah maka butuh ada penyebaran suhu. perihal tersebut terwujud dengan karakter alam diantaranya ;
  1. Penyerapan ( absorbsi ) panas matahari di bagian permukaan air.
  2. Angin, sebagai penggerak permindahan massa air.
  3. Aliran vertikal dari air itu sendiri, berlangsung apabila disuatu perairan ( danau ) ada susunan suhu air yakni susunan air yang bersuhu rendah dapat turun mendesak susunan air yang bersuhu tinggi naik kepermukaan perairan.
Disamping itu suhu air amat punya pengaruh pada jumlah oksigen terlarut di dalam air. bila suhu tinggi, air dapat lebih lekas jemu dengan oksigen di banding dengan suhunya rendah. suhu air pada satu perairan bisa di pengaruhi oleh musim, lintang ( latitude ), ketinggian dari permukaan laut ( altitude ), waktu didalam 1 hari, penutupan awan, aliran serta kedalaman air. peningkatan suhu air menyebabkan peningkatan viskositas, reaksi kimia, evaporasi serta volatisasi dan penurunan kelarutan gas didalam air layaknya o2, co2, n2, ch4 dan seterusnya.

Kisaran suhu air yang amat dibutuhkan supaya perkembangan ikan ikan pada perairan tropis bisa berjalan berkisar pada 25 c - 32 c. Kisaran suhu tersebut umumnya berlaku di Indonesia sebagai di antara negara tropis hingga amat beruntung untuk lakukan aktivitas budidaya ikan. 

Suhu air amat punya pengaruh pada sistem kimia, fisika serta biologi didalam perairan, hingga dengan pergantian suhu pada satu perairan dapat menyebabkan berubahnya seluruh sistem di dalam perairan. perihal ini dilihat dari peningkatan suhu air maka kelarutan oksigen dapat menyusut. dari hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan 10 c suhu perairan menyebabkan meningkatnya mengonsumsi oksigen oleh organisme akuatik lebih kurang 2 – 3 kali lipat, hingga keperluan oksigen oleh organisme akuatik itu menyusut.

Suhu air yang ideal untuk organisme air yang dibudidayakan baiknya yaitu tidak berlangsung perbedaan suhu yang mencolok pada siang serta malam ( tidak kian lebih 5 c ). pada perairan yang tergenang yang memiliki kedalaman air minimal , 5 mtr. umumnya dapat berlangsung pelapisan ( stratifikasi ) suhu. pelapisan ini berlangsung dikarenakan suhu permukaan air lebih tinggi di banding dengan suhu air di bagian bawahnya. stratifikasi suhu pada kolom air dikelompokkan jadi tiga yakni pertama susunan epilimnion yakni susunan sebelah atas perairan yang hangat dengan penurunan suhu relatif kecil ( dari 32 c jadi 28 c ).

Susunan ke-2 dimaksud dengan susunan termoklin yakni susunan sedang yang memiliki penurunan suhu amat tajam ( dari 28 c jadi 21 c ). Susunan ketiga dimaksud susunan hipolimnion yakni susunan sangat bawah di mana pada susunan ini perbedaan suhu amat kecil relatif konstan. stratifikasi suhu ini berlangsung dikarenakan masuknya panas dari sinar matahari kedalam kolom air yang menyebabkan berlangsungnya gradien suhu yang vertikal. pada kolam yang kedalaman airnya kurang dari 2 mtr. umumnya berlangsung stratifikasi suhu yang tidak stabil. oleh dikarenakan itu untuk beberapa pembudidaya ikan yang lakukan aktivitas budidaya ikan kedalaman air tidak bisa kian lebih 2 mtr.. Disamping itu untuk memecah stratifikasi suhu pada wadah budidaya ikan dibutuhkan satu alat bantu gunakan aerator/blower/ kincir air.

Menurut hasil penelitian suhu air amat punya pengaruh pada tanggapan ikan saat mengkonsumsi pakan yang didapatkan sepanjang berjalan aktivitas budidaya. tanggapan tersebut bisa dilihat pada tabel berikut.

tabel suhu



Previous
Next Post »
Thanks for your comment